Sharing Flybarless head 3D Plus

Diskusi tentang heli engine

Moderators: ferry, sahid, handoyo6299

User avatar
jstnt
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 78
Joined: 29 Oct 2007, 22:50
Location: Jakarta (ASAC)
Contact:

Sharing Flybarless head 3D Plus

Post by jstnt »

Sekedar sharing dengan teman teman, baru nyobain flybarless heli hehhehe, berikut spek helinya :

Heli Compas 3D Plus
Cyclic servo Turnigy Bls 950
Throtle servo Inolab 750 MG
Rudder servo MKS BLS 980
Governor Multigov Pro
Regulator Ely-Q voltage regulator
FBL device turnigy V Bar 600
Blade SWE 600
Tail Blade SWE 92
Engine OS 55
Muffler GP-exhaust
Remote Airtronic SD 10 G

Total Weight Ready to fly 3,3 kg

Berikut penampakan fbl heli

Image

Image

Untuk FBL device dicoba pake yang murah meriah yaitu Turnigy V Bar 600

Image

Kelebihan :
1. Bisa diset sampe 4 flight mode
2. Fully programmable tanpa perlu pc
3. Memiliki Auto trim sehingga hover bisa diam (belum dicoba)
4. Mendukung swashplate ccpm 120 dan 140, jadi tidak bisa untuk heli hpm

Kekurangan :
1. Bentuk kurang menarik
2. Manualnya payah

Setelah dicoba setting sana sini akhirnya diketahui pada fbl turnigy vbar ini channel gain diperuntukkan untuk merubah flight mode, sedangkan gain untuk aileron, elevator, dan rudder diubah langsung dari modul program yang diberikan.

Sedikit ulasan program pada turnigy vbar, sewaktu pertama kali dipasang jangan pasang seluruh servo, dan tentukan jenis servo sewaktu menyala, perlu diingat untuk subtrim pada remote harus 0 dahulu, setelah menyala dan menentukan jenis servo baru diset subtrim pada remote.

Langkah berikutnya lakukan tx kalibrasi untuk pitch tengah, pitch atas, dan pitch bawah

Pada turnigy Vbar ini saya coba set sebagai berikut :
Flight Mode - 0 (normal flying)
Aileron dan Elevator gain 27
Aileron dan Elevator feed 10
Aileron dan Elevator stop 100
Rudder gain 30
Rudder stop 100
Rudder limit kiri kanan 160 (disamakan walaupun bisa diset individual)
Cyclic limit 240

Flight Mode - 1 (idle 1 dan 2)
Aileron dan Elevator gain 24
Aileron dan Elevator feed 6
Aileron dan Elevator stop 100
Rudder gain 26
Rudder stop 100
Rudder limit kiri kanan 160 (disamakan walaupun bisa diset individual)
Cyclic limit 240

Flight Mode - 3 (throtle hold)
Aileron dan Elevator gain 26
Aileron dan Elevator feed 6
Aileron dan Elevator stop 100
Rudder gain 30
Rudder stop 100
Rudder limit kiri kanan 160 (disamakan walaupun bisa diset individual)
Cyclic limit 240

Selain gain yang kita setting pada device perlu juga dibantu dengan mengatur mekanikal gain, yaitu pada servo cyclic jarak linkage ke tengah servo dipakai 10 mm sehingga gain pada device bisa lebih tinggi dah heli terasa lebih ngelock.

Image

Gunanya Aileron dan Elevator stop digunakan sewaktu tictoc jika heli terasa goyan maka nilainya dikurangin sedikit sedikit sampai helinya diam, jika terjadi pitching up pada fast forward tambahkan ail dan elev gain
User avatar
jstnt
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 78
Joined: 29 Oct 2007, 22:50
Location: Jakarta (ASAC)
Contact:

Re: Sharing Flybarless head 3D Plus

Post by jstnt »

Untuk Rotor Head digunakan fbl unit dr compass

Image

Untuk desain baru ini tergolong unik karena tidak diperlukan lagi swash driver, hub pada rotor head ini bisa diatur tinggi rendahnya karena ada 2 lubang baut jadi bisa digunakan pada heli 50 jenis lain, selain itu ada baut penguat pada kiri kanannya sehingga hub menjadi lebih kaku, berikut gambarnya

Image

Untuk pitch arm tidak lagi menggunakan ball link tapi dibuat mekanisme khusus dengan sistem dual bearing sehingga tidak ada slop sama sekali

Image

Untuk pitch link selain ada linkage diperkuat delrin 4 mm sehingga nggak bakal bengkok, tapi bisa patah kalo crash

Image

Untuk elektrikal dipasang elyq regulator, dimana untuk cyclic digunakan tegangan 6 volt dan untuk rudder dan throtle digunakan tegangan 5 volt , regulator ini memberikan daya yang konstan untuk cyclic, dan harga cukup murah

Image

Pemasangan regulator untuk fbl unit yaitu :

Batere ke regulator dan ke servo cyclic, lalu regulator ke fbl unit baru ke receiver

Image

servo rudder menggunakan mks bls 980 degan spec setara bls 251, cuma kelebihannya bisa digunakan pada 6 volt, hasilnya memuaskan tail ngelock tanpa bounching
User avatar
jstnt
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 78
Joined: 29 Oct 2007, 22:50
Location: Jakarta (ASAC)
Contact:

Re: Sharing Flybarless head 3D Plus

Post by jstnt »

Untuk engine digunakan OS 55 HZ dipadu dengan muffler GP-exhaust, dengan menggunakan fuel nitro coolmix 17,5 persen powernya sangat enak dengan settingan needle high 1,5 putaran 2 klik dan low 1 putaran 2 klik

GP exhaust berbeda dengan muffler lain, settingan diminta sedikit rich baru tenaganya keluar full selain itu karena sedikit rich maka engine akan lebih awet

Image

Untuk remote saya mencoba remote Sanwa Airtronic 10 Ch 2,4 G dengan sistem FHSS 3
remote ini cukup canggih, semua knob bisa 3 klik, dan tiap knob bisa diprogram sesuka hati, selain itu memiliki option stick calibration yang sudah ada dalam programnya, kekurangan remote ini bentuknya yang kurang menarik (finishing) tp harga sungguh bersahabat

Image

Demikian sedikit ulasan semoga bisa berbagi dengan teman teman penggemar aeromodelling, Salam
User avatar
akwet77
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 637
Joined: 22 Jul 2009, 09:10
Location: pekanbaru
Contact:

Re: Sharing Flybarless head 3D Plus

Post by akwet77 »

salam kenal om jstnt,....tambah review maidennya om \:D/ \:D/ \:D/
User avatar
aamwood
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 108
Joined: 04 May 2007, 22:23

Re: Sharing Flybarless head 3D Plus

Post by aamwood »

Mantap reviwewnya pak. Aku sudah order FBL turnigy juga. Biar bisa setting bareng hehehehe :)
User avatar
jstnt
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 78
Joined: 29 Oct 2007, 22:50
Location: Jakarta (ASAC)
Contact:

Re: Sharing Flybarless head 3D Plus

Post by jstnt »

Salam kenal om akwet, salam juga om alex, hari ini tadi berkesempatan terbang lagi di dekat rumah untuk mencari settingan yang enak pake flybarless, setelah utak atik akhirnya diperoleh

Flight Mode - 0 (normal flying)
Aileron dan Elevator gain 33
Aileron dan Elevator feed 6
Aileron dan Elevator stop 75
Rudder gain 30
Rudder stop 100
Rudder limit kiri kanan 160 (disamakan walaupun bisa diset individual)
Cyclic limit 210

Flight Mode - 1 (idle 1 dan 2)
Aileron dan Elevator gain 32
Aileron dan Elevator feed 4
Aileron dan Elevator stop 80
Rudder gain 28
Rudder stop 100
Rudder limit kiri kanan 160 (disamakan walaupun bisa diset individual)
Cyclic limit 210

Flight Mode - 3 (throtle hold)
Aileron dan Elevator gain 32
Aileron dan Elevator feed 4
Aileron dan Elevator stop 80
Rudder gain 30
Rudder stop 100
Rudder limit kiri kanan 160 (disamakan walaupun bisa diset individual)
Cyclic limit 210

emang pake flybarless head sedikit beda rasanya dengan pake flybar terutama sewaktu piro flip, dimana respon pitch lebih cepat jadi heli agak mental mental, flybarless saya coba ngurangin headspeed cuma menjadi 1900 rpm, heli terasa lebih terkontrol dan terprediksi, dengan settingan ini rasanya bagi saya sudah cukup, hasilnya tail pirouete konstan tanpa wagging sama sekali, stopping tanpa bouncing, silahkan mencoba untuk yang lain.

perlu diingat untuk setting turnigy vbar walaupun untuk tail limit kiri dan kanan bisa individual diusahakan mempunyai nilai yang sama
User avatar
jstnt
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 78
Joined: 29 Oct 2007, 22:50
Location: Jakarta (ASAC)
Contact:

Re: Sharing Flybarless head 3D Plus

Post by jstnt »

Kelupaan untuk pitch digunakan +/- 12 dan cyclic +/- 7.5
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2000
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Re: Sharing Flybarless head 3D Plus

Post by sahid »

Salam Kenal Oom Jhonson... =P~ =P~ ...mantaff n lenggkap settingnya jadi pingin FBL ... :-k
User avatar
jstnt
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 78
Joined: 29 Oct 2007, 22:50
Location: Jakarta (ASAC)
Contact:

Re: Sharing Flybarless head 3D Plus

Post by jstnt »

salam kenal juga pak sahid, dicoba pak, fbl emang menambah tenaga heli pak, untuk kelincahan heli disesuaikan kebiasaan aja pak, terlalu lincah juga nggak enak
User avatar
irsansaputra
Airman
Airman
Posts: 37
Joined: 13 Feb 2007, 18:19
Location: Jakarta

Re: Sharing Flybarless head 3D Plus

Post by irsansaputra »

Sip... sip.... :D
Post Reply