Terbanglah dengan lebih bertanggung jawab

Khusus untuk membahas dasar2 heli rc

Moderators: Budiman, e12ry, Yudha

Forum rules
Ini room khusus untuk membahas heli rc secara mendasar.
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Terbanglah dengan lebih bertanggung jawab

Post by Budiman »

Dear All,
Topik ini sengaja saya angkat kembali, setelah sekian lama kita semua berkutat dg segala problem dr helikopter kita masing2.
Terbanglah dgn lebih bertanggungjawab, yg mana di sini lebih saya tujukan kepada pilot nya

Pilot hendaknya :
-Tidak memaksakan diri utk ber-main2 dg heli dlm kondisi fisik capek ato pun kurang istirahat, Kosentrasi dan Fokus sangat diperlukan.Ber-main2 disini meliputi menerbangkan atopun uji coba terbang.
-Wajib melakukan pre-flight check terhadap helikopternya
-Sangat dianjurkan utk melakukan pemeriksaan rutin terhadap helikopternya masing2 sekalipun helikopter tidak perna crashed. Pemeriksaan rutin biasanya dicantumkan oleh pihak pabrik pada buku petunjuk yg menyertai kit, ato jika Anda membeli second hand kit, perlu kiranya Anda untuk memperoleh buku ini.
-Jarak aman antara Anda dengan helikopter perlu dicermati saat menerbangkannya
-Jarak aman antara heli ,penonton dan segala property milik umum/masyarakat juga perlu diperhatikan, karena adalah menjadi tanggung jawab kita juga.Sebisa mungkin untuk terbang di area yg telah ditentukan untuk ber-aeromodelling ria, atopun kawasan kosong yg jauh dari pemukiman penduduk.
-Hindari sebisa mungkin untuk tidak melakukan over head pass flying..berbahaya...sering ini terjadi (termasuk saya)
-Anda boleh berbangga dg Tx, Rx dan segala pernak-pernik mahal yg ada pada helikopter Anda, namun perlu diingat, semuanya masi diproduksi oleh manusia biasa..singkat kata, jangan terlalu over confidence pada itu semua yg akhirnya akan berujung pada kecelakaan.
-Sebelum melakukan eksekusi suatu manuver, recovery manuver juga dianjurkan untuk dicermati bila terjadi kegagalan, setidaknya heli, Anda dan orang2 di sekitar kita , diharapkan akan terhindar dari segala hal yg tidak diinginkan.Hal ini dapat diraih dgn cara melatih diri melalui simulator...jadi simulator bukan hanya melatih skill terbang kita,namun juga untuk meningkatkan kewaspadaan saat heli bermanuver.

Demikian anjuran/himbauan saya kepada rekan2 sekalian..mohon maaf apabila ada kata2 yang salah..silahkan untuk ditanggapi dan dikembangkan lagi terutama yang menyangkut "Terbanglah dengan lebih bertanggung jawab"

salam,
Budiman
User avatar
aamwood
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 110
Joined: 04 May 2007, 22:23

Re: Terbanglah dengan lebih bertanggung jawab

Post by aamwood »

Setuju sekali pak Budiman, terutama juga ada kalanya main ketok magic, heli diterbangkan lagi.
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Terbanglah dengan lebih bertanggung jawab

Post by Budiman »

aamwood wrote:Setuju sekali pak Budiman, terutama juga ada kalanya main ketok magic, heli diterbangkan lagi.

Betul, Pak Aamwood..
Yang ini termasuk kategori "pemeriksaan secara teratur pada helikopter"...hehehehe..
Silahkan dilanjut

salam,
Budiman
User avatar
aamwood
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 110
Joined: 04 May 2007, 22:23

Re: Terbanglah dengan lebih bertanggung jawab

Post by aamwood »

Kayaknya itu masuk kategori : " ketok " dengan teratur pak wakakak. Tapi saya setuju pak, apalagi untuk teman teman yang main electrik, bahayanya sebenarnya lebih besar. Sebelum colok dean conector power, harus pastikan throttle di posisi low. Dan juga fail safe harus diset secara benar, kalau lost contact harus cut off power.
agus68
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 56
Joined: 27 Sep 2009, 12:29
Location: Jakarta
Contact:

Re: Terbanglah dengan lebih bertanggung jawab

Post by agus68 »

@aamwood: sy liat di palembang byk heli yg di lem di lapangan. Itu msk kategori apa yah?
User avatar
aamwood
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 110
Joined: 04 May 2007, 22:23

Re: Terbanglah dengan lebih bertanggung jawab

Post by aamwood »

Banyak yang di lem ... par
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2003
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Re: Terbanglah dengan lebih bertanggung jawab

Post by sahid »

Cari Pedoman INI : ....kalo di mobil/motor sekian kilometer mesti ganti part tertentu....

Kalo di heli kita g' pasti nentuin penggantian part...diganti bila udah celaka...ganti belting karena udah putus waktu terbang :-# :-# ....ganti mainshaft kalo udah bengkok.....ganti saringan fuel kalo udah tersumbat dan eng udah menjerit karena ngelean....dll.....mohon share umur sparepart berdasarkan anjuran pabrik pembuatnya ( kayaknya ini g' ada di manual )
User avatar
Kang Dadan
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 200
Joined: 24 Oct 2008, 16:29
Location: BANDUNG
Contact:

Re: Terbanglah dengan lebih bertanggung jawab

Post by Kang Dadan »

Budiman wrote:Dear All,
Topik ini sengaja saya angkat kembali, setelah sekian lama kita semua berkutat dg segala problem dr helikopter kita masing2.
Terbanglah dgn lebih bertanggungjawab, yg mana di sini lebih saya tujukan kepada pilot nya

Pilot hendaknya :
-Tidak memaksakan diri utk ber-main2 dg heli dlm kondisi fisik capek ato pun kurang istirahat, Kosentrasi dan Fokus sangat diperlukan.Ber-main2 disini meliputi menerbangkan atopun uji coba terbang.
-Wajib melakukan pre-flight check terhadap helikopternya
-Sangat dianjurkan utk melakukan pemeriksaan rutin terhadap helikopternya masing2 sekalipun helikopter tidak perna crashed. Pemeriksaan rutin biasanya dicantumkan oleh pihak pabrik pada buku petunjuk yg menyertai kit, ato jika Anda membeli second hand kit, perlu kiranya Anda untuk memperoleh buku ini.
-Jarak aman antara Anda dengan helikopter perlu dicermati saat menerbangkannya
-Jarak aman antara heli ,penonton dan segala property milik umum/masyarakat juga perlu diperhatikan, karena adalah menjadi tanggung jawab kita juga.Sebisa mungkin untuk terbang di area yg telah ditentukan untuk ber-aeromodelling ria, atopun kawasan kosong yg jauh dari pemukiman penduduk.
-Hindari sebisa mungkin untuk tidak melakukan over head pass flying..berbahaya...sering ini terjadi (termasuk saya)
-Anda boleh berbangga dg Tx, Rx dan segala pernak-pernik mahal yg ada pada helikopter Anda, namun perlu diingat, semuanya masi diproduksi oleh manusia biasa..singkat kata, jangan terlalu over confidence pada itu semua yg akhirnya akan berujung pada kecelakaan.
-Sebelum melakukan eksekusi suatu manuver, recovery manuver juga dianjurkan untuk dicermati bila terjadi kegagalan, setidaknya heli, Anda dan orang2 di sekitar kita , diharapkan akan terhindar dari segala hal yg tidak diinginkan.Hal ini dapat diraih dgn cara melatih diri melalui simulator...jadi simulator bukan hanya melatih skill terbang kita,namun juga untuk meningkatkan kewaspadaan saat heli bermanuver.

Demikian anjuran/himbauan saya kepada rekan2 sekalian..mohon maaf apabila ada kata2 yang salah..silahkan untuk ditanggapi dan dikembangkan lagi terutama yang menyangkut "Terbanglah dengan lebih bertanggung jawab"

salam,
Budiman


sejuju om budiman

masalah seperti ini sering dibahas di klub saya di Bandung baik dengan FASI (aeromodelling, terjun payung, paralayang, dll) ataupun dengan pihak Lanud sebagai pihak yang memberikan arena
kesimpulannya hal2/peraturan seperti ini ingin dibakukan atau dibuat SOP nya
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4026
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Re: Terbanglah dengan lebih bertanggung jawab

Post by Syafik »

sangat bermanfaat infonya... terutama buat yang mau memulai main heli
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Terbanglah dengan lebih bertanggung jawab

Post by Budiman »

@Kang Dadan,
Benar sekali,Om...seharusnya memang ada baiknya jika ada SOP yg legal...namun saya hanya khawatir, akan ada aturan2/pembatasan2 yg yg terdengar akan meng-ada2 yg nantinya akan membuat posisi kita sbg aeromodeller menjadi sulit..
Contohnya saja..di Inggris, yg saya dengar, seorang aeromodeller, harus memiliki jam terbang tertentu shg dia dianggap legal utk ber-aeromodelling..hanya saya tidak tau pasti, bagaimana caranya mendapatkan legalitas ini,tentunya biaya yg dikeluarkan pastinya jg akan lebih mahal lagi...
Maksud dari himbauan saya di sini, sebelum dikeluarkannya aturan2 semacam ini oleh pihak2 terkait,alangkah lebih baik lagi,bila kita,sbg aeromodeller, mulai sekarang ini,utk mempunyai komitmen utk tidak melakukan hal2 yg sengaja/tidak disengaja yg dapat menyebabkan kerugian/kecelakaan terhadap pihak lain(terutama), dengan cara lebih meningkatkan kewaspadaan dan pemeriksaan secara teknis dg rutin, yang diharapkan,paling tidak mengurangi/menekan terjadinya kecelakaan.

@Mas Syafik,
Kayaknya ada nada2 mau come back ke heli ne,Mas..hehehehe...asik..saya tunggu kabar baiknya..hehehe

@Pak De Sahid,
Sepertinya disebutkan dalam buku manual, part2 apa saja yg harus lebih difokuskan utk dicermati dan kapan kita mulai mengganti part2 tersebut..seingat saya, dalam salah satu produk, disebutkan oleh pihak pabrik, bahwa semakin sering melakukan manuver 3D, maka seharusnya frekwensi pemeriksaan juga dilakukan sesering mungkin.
Post Reply