Ada apa dengan CAP 232 saya?

Diskusi pesawat rc secara umum

Moderators: toto, Susilo

User avatar
Kiki_54
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1448
Joined: 26 Oct 2007, 20:08
Location: Cirebon
Contact:

Ada apa dengan CAP 232 saya?

Post by Kiki_54 »

Minggu 19 Desember 2010 jam 06.30 saya udah meluncur ke Penggung, SMSpun saya sebar kesegenap anggota KAC.namun sampai sana baru ada Pak Hirto aja (Juru Kunci LANUD hehehehe)
Image

Image

Dengan dibantu Pak Hirto saya mulai lakukan persiapan maiden CAP 232 setelah isi BBM, Check and recek servo, CG dan jangkauan Radio maka mulauilan starter engine, pemanasan dan mulailah taxi.

Oom Kula yang diharapkan bakal jadi Tester pasti datangnya siang saya gak sabar...maka mulailah take off..........mulus berjalan dengan baik. Pesawat mulai saya naikan sambil trim2 elevator yang menurut Pak hirto berat kedepan.

Setelah beberapa putaran saya mulai berniat untuk coba landing namun pesawat gak bisa dipelanin, kalau trotle direduce pesawat oleng, dan sampai pada suatu keadaan, pesawat hampir bisa landing namum sampai landasan pesawat mantul2 maka trotle saya naikan lagi.

Pas diujung utara Runway pesawat saya puter dengan tujuan landing, namun apa yang terjadi...........pesawat melintir dan menjauh kearah luar Bandara,....saya coba menaikan trotle dengan tujuan agar pesawat bisa dikendalikan, namun tidak membantu.............dan saya mulai panik, ketimbang pesawat jatuh diluar sana saya jatuhkan saja di semak2..............alhamdulilah yang rusak hanya canopy, dan dudukan engine sedikit bergerak kedalam.

Canopy besok saya kirim ke Pak Jaka untuk repair, sedangkan dudukan engine udah saya betulkan sendiri.(bisa betulkan sendiri hehehe)

Dari cerita diatas mohon pencerahan teman2, suhu2, dimana aja, kenapa itu pesawat melintir dan gak bisa dikendalikan lagi ? Pesawat itu kok maunya lari kencang saja sehingga saya gak punya keberanian untuk landing. mohon kupasan dari para suhu...........apakah memang karakter itu Cap 232 terbangnya gak bisa pelan? sebelum saya mencoba menerbangkannya untuk yang kedua kali.
terima kasih sebelumnya, atas masukan2 dari Teman2 dan para suhu..........
User avatar
didin
Major
Major
Posts: 1792
Joined: 27 Aug 2008, 11:01
Location: Pekanbaru

Re: Ada apa dengan CAP 232 saya?

Post by didin »

Pak De Kiki...
Saya nggak punya Cap 232,
namun dari penjelasan Pak De bahwa pesawat nggak mau pelan utk landing,...itu berhubungan erat dgn Wing Loading Pesawat alias perbandingan berat total dgn lebar sayap. Semakin besar wing loading maka semakin cepatlah pesawat itu termasuk kecepatan landing.

Praktek yg sering saya lakukan utk pesawat yg pertama kali saya terbangkan,...pesawat saya bawa tinggi dulu lalu saya coba turunkan throtel utk mencari kecepatan stall nya....bila sudah diketahui...maka posisi stick throtel ini akan saya ingat utk landing.

Utk landing sendiri selalu saya ambil jalur panjang terbang rendah dan level, kemudian throtel saya turunkan sampai di atas sedikit kecepatan stall....nah biasanya saya bisa landingkan pesawat cara begini dgn mulus.

Begini aja pengalaman saya pak De...maklum baru kenal aeromodelling kemaren sore. Jadi nggak punya pengalaman banyak.

Salam,
Didin
User avatar
muchtar
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 252
Joined: 25 Feb 2008, 12:48
Location: indramayu
Contact:

Re: Ada apa dengan CAP 232 saya?

Post by muchtar »

Pengalaman yamg menarik ,....dan pelajaran bagi kita,... :plk :plk :plk
Dari cerita pak kiki,.. kita bisa memetik pengalaman .....
Dari cerita Pak Didin ,... kita dapat memetik pelajaran,...
Jadi pada intinya kita harus :
Menguasai karakter pesawat,....
Sarbar dalam mengendalikan pesawat,...
Tenang tidak grori Pada saat pesawat diterbangkan,...
dan mungkin ada yg mau nambain,.... :thx :thx :thx
User avatar
ipin17
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 629
Joined: 20 Dec 2008, 14:32
Location: Tarakan - Kaltim
Contact:

Re: Ada apa dengan CAP 232 saya?

Post by ipin17 »

Om kiki, senasib lho dengan cap 232 saya, cuman punya saya keluaran twm yang elektrik. Ini photo kerusakan habis crash maiden kedua, maiden pertama gagal karena esc failure :

Image

Awalnya saya juga bingung kenapa kok waktu terbang ini pesawat gak bisa pelan, pelan sedikit langsung stall dan untuk recovery harus full throttle plus koreksi gerakan pesawat yang terus2 an oleng dan elevator up, setelah beberapa detik baru dia akan tenang kembali saat didapat kecepatan yang cukup. Begitupun saat landing, karena kebiasaan landing pelan pakai cessna high wing dan katana md, landing pakai cap 232 ini terbawa begitu juga, bisa ditebak, sesaat sebelum touch down, pesawat kembali stall dan sudah tidak sempat lagi recovery karena sudah terlalu rendah, akhirnya hard landing, dudukan main gear copot dan monokot dibagian bawah sayap ada yg robek sekitar 2 cm. Tapi karena kerusakannya minimal, jadi hanya saya lem ca, dan tambal monokot yang robel dengan selotip bening, akhirnya pesawat kembali sehat dan siap terbang lagi :

Image

Cuman belum berani terbang lagi, sy masih latihan landing agak kenceng di realflight, kebetulan kan disana ada juga cap 232 :pis
Jadi memang begitulah karakternya, mudah stall kalo kecepatan rendah, maunya ngebut terus, landing juga harus agak ngebut, jadi runway paling nggak harus agak panjang dan lumayan rata, klo pendek dan bergelombang lebih susah untuk landing. Tapi om kiki kan gak perlu kuatir sama runway nya, runway KAC mantap hehe, paling butuh latihan lagi aja om.
User avatar
ipin17
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 629
Joined: 20 Dec 2008, 14:32
Location: Tarakan - Kaltim
Contact:

Re: Ada apa dengan CAP 232 saya?

Post by ipin17 »

Mau nambahin lagi, dibalik kekurangan pesawat ini yang mudah stall saat terbang pelan, kalo kita ajak ngebut, pesawat ini kenceng banget, bisa roll loop, stall turn dengan mudah, saya expo elevator dan aileron sebanyak 40% dan rudder sebanyak 30%, dual rate 100%, maksimum sudut atas bawah setiap control surface (aileron, elevator dan rudder) saya ikuti manual nya twm sebanyak 30mm untuk rudder, 20mm untuk elevator dan 10mm untuk aileron, jadi klo om kiki merasa terlalu responsif, tinggal mengurangi maks sudut control surface nya sedikit demi sedikit sampai dirasakan cukup pas dengan kemampuan kita menghandel kecepatan manuver si cap 232 ini
Last edited by ipin17 on 21 Dec 2010, 08:03, edited 1 time in total.
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Re: Ada apa dengan CAP 232 saya?

Post by NF »

kliatanya CAP 232 ga mau terbang pelan (sesuai scalenya) , so kalo landing harus power kontrol aktip juga cg nya peka banget , coba di re ajust lagi cgnya , juga control trow seperti om ipin bilang :D
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Ada apa dengan CAP 232 saya?

Post by iwan21 »

sebenernya mungkin bukan gampang stall, tapi memang stall speednya tinggi, karena faktor yg disebut pak Didin diatas, yaitu wingloadingnya gede dan juga bentuk airfoil yg tipis dan simetris.
nah cara pak Didin dg terbang tinggi dan kurangin throtle bisa sangat membantu mengetahui diposisi throttle mana stallnya terjadi, buat jaga2.
jadi kalo stall speed tinggi ya emang kagak bakalan bisa terbang pelan
User avatar
ipin17
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 629
Joined: 20 Dec 2008, 14:32
Location: Tarakan - Kaltim
Contact:

Re: Ada apa dengan CAP 232 saya?

Post by ipin17 »

Roger om, stall speed tinggi :thx :thx
Memang gak kepikiran buat memperhitungkan dikisaran mana cap 232 ini akan stall karena asli gak tau klo dia punya stall speed tinggi, krn dipikiran cuman ingat saat menerbangkan panther edf, bisa ngebut banget tapi landing juga bs pelan, maklum jam terbang kurang jadi ya seperti itu :ha3 :ha3

Btw saya yakin om kiki bs jinakin deh cap 232 nya cepat ato lambat, tinggal latihan landing aja...
Klo saya sementara main high wing dan mid wing dulu sambil nyelesaikan corocub homed, cap 232 nya diparkir dulu
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Ada apa dengan CAP 232 saya?

Post by toto »

pertama saya harus ucapkan salut untuk suhu Kiki_54 yang telah membulatkan keteguhan hatinya untuk maiden sendiri walaupun belum memahami sepenuhnya atas karakter pesawat CAP-232 dengan resiko apapun yang terjadi, tapi sangat disayangkan hasilnya ternyata pesawat tidak bisa terbang untuk ke dua kalinya alias grounded, jadi saya sarankan untuk suhu Kiki_54 untuk bersabar untuk maiden selanjutnya apapun pesawatnya sayangkan kan pak selesai maiden harus masuh workshop untuk repair ................... :whoaa

ini pendapat saya terkait dengan CAP-232 memang sudah terkenal dengan kegesitannya dan untuk bisa gesit tentunya perlu kecepatan dan kecepatan itu diwakili dengan bentuk sayap kemudian dari bentuk sayapnya sudah dapat dilihat pasti memiliki stall speed tinggi seperti yang sudah di ulas oleh para suhu2 sebelumnya ............. untuk ini saya menambahkan sedikit aja moga2 tidak salah pemahaman saya, perhatikan saja bahwa antara posisi sayap utama dan stab di belakang tidak dalam satu garis dan dari pengamatan saya pesawat dengan struktur sayap dan stab tidak dalam satu garis umumnya memiliki stall speed tinggi (diluar pesawat yg punya wing berbentuk kotak misalnya pada pesawat2 kelas trainer) jadi akhirnya selama penerbangan, manuver di udara maupun landing tidak ada ceritanya dilakukan dengan kecepetan rendah .............. abis itu karena stall speed nya tinggi soal CG sudah tidak ada ampun lagi alias sangat sensitif bergeser sedikit saja akan membuat karakteristik pesawat dari gesit berubah menjadi liar ................. :pyg ........ nah kalau udah gini berarti untuk dapat mendaratkan pesawat dengan selamat membutuhkan pilot (bukan remotenya loh) yang memiliki Latency nya sangat kecil ................. :wek

kira2 gitu deh kalau saya enggak salah ngerti maklum baru belajar di buku doang dan mohon maaf apabila tidak tepat apalagi salah ................ :flu

salam
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Ada apa dengan CAP 232 saya?

Post by iwan21 »

toto wrote:, perhatikan saja bahwa antara posisi sayap utama dan stab di belakang tidak dalam satu garis dan dari pengamatan saya pesawat dengan struktur sayap dan stab tidak dalam satu garis umumnya memiliki stall speed tinggi (diluar pesawat yg punya wing berbentuk kotak misalnya pada pesawat2 kelas trainer) jadi akhirnya selama penerbangan, manuver di udara maupun landing tidak ada ceritanya dilakukan dengan kecepetan rendah


ini dia faktor saya kagak berhasil nerbangin low wing...ternyata ini biang keroknya ( yg saya tebelin)

toto wrote:.............. nah kalau udah gini berarti untuk dapat mendaratkan pesawat dengan selamat membutuhkan pilot (bukan remotenya loh) yang memiliki Latency nya sangat kecil .................



bener banget Wak, bukan cuman ngedaratin yg puyeng, terbang juga ampe jidat mengkerut, ditambah mata udah 4 jadi rabunnya parah , kalo pas pesawatnya rada jauh dikit, item semua, mana depan mana belakang mana atas mana bawah udah kagak tau lagi..hiks.
Post Reply