Kalo pemain F3A akan bilang 3D itu terbang kok "berantakan" ngga bisa smooth dan lurus.. Kalo org 3D bilang F3A terbang kok bete dan banyak aturan.......
Gimana dong???
F3A <> 3D kenapa??
- didin
- Major
- Posts: 1792
- Joined: 27 Aug 2008, 11:01
- Location: Pekanbaru
Re: F3A <> 3D kenapa??
Budi wrote:Kalo pemain F3A akan bilang 3D itu terbang kok "berantakan" ngga bisa smooth dan lurus.. Kalo org 3D bilang F3A terbang kok bete dan banyak aturan.......
Gimana dong???
Ah masa iya Om Budi.......

Saya suka dua-dua nya (F3A dan 3D) tapi dua-duanya nggak bisa....



- mandiridjaya
- Senior Master Sergeant
- Posts: 538
- Joined: 30 Jul 2007, 12:41
- Location: kebumen jateng 0819 0339 5758
- Contact:
Re: F3A <> 3D kenapa??
didin wrote:Budi wrote:Kalo pemain F3A akan bilang 3D itu terbang kok "berantakan" ngga bisa smooth dan lurus.. Kalo org 3D bilang F3A terbang kok bete dan banyak aturan.......
Gimana dong???
Ah masa iya Om Budi.......![]()
Saya suka dua-dua nya (F3A dan 3D) tapi dua-duanya nggak bisa....![]()
![]()


- Ary
- Master Sergeant
- Posts: 499
- Joined: 16 Feb 2007, 21:10
- Location: Bali
Re: F3A <> 3D kenapa??
Sudah sebulan ini saya belajar F3A, hasilnya.... terbang saya luruuss tapi berantakan...
bener om Budi Jadi gimana dong ??



- kula
- Senior Master Sergeant
- Posts: 695
- Joined: 17 Jan 2007, 19:06
- Location: Cirebon kota udang yg dah gak ada udang nya
Re: F3A <> 3D kenapa??
Kalo daku coba 2 belajar 3D hasil nya stall gubrak melulu,
Belajar F3A style hasilnya cuma bisa terbang lurus doang...alias Patroli...
Bingung deh..
Tapi kalo nonton di Yucub sich daku lebih bisa menikmati indahnya manuver2 F3A
Drpd 3D ..... (genderang perang ditabuh...wkwkwk)
Belajar F3A style hasilnya cuma bisa terbang lurus doang...alias Patroli...
Bingung deh..
Tapi kalo nonton di Yucub sich daku lebih bisa menikmati indahnya manuver2 F3A
Drpd 3D ..... (genderang perang ditabuh...wkwkwk)
- phyque
- Master Sergeant
- Posts: 433
- Joined: 05 Mar 2010, 23:51
- Location: jakarta-cilegon-mojokerto
Re: F3A <> 3D kenapa??
klo saya lebih suka F3A...karna ada yang bilang F3A= Fly For Fun Aja, terbang sekedarnya mo lurus or belok2, yang penting Fun Aja
jadi klo pas lagi pengen 3D (Dada Deg-Degan)...ya tinggal ganti armada yang sesuai, paling ujung2nya beli sparepart

jadi klo pas lagi pengen 3D (Dada Deg-Degan)...ya tinggal ganti armada yang sesuai, paling ujung2nya beli sparepart

- AgoesAurelz
- First Lieutenant
- Posts: 1315
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Re: F3A <> 3D kenapa??
Ibaratnya sama-sama motor roda dua tapi alirannya beda...
satu di circuit aspal dengan superbikenya..... dan satunya dengan Motorcross di circuit lumpur penuh dengan superbowl dan jumpingan..
Saya rasa sama-sama perlu teknik dan sama sama sulit...
tapi yang jelas sering terlihat, banyak pemain motocross masih cukup lincah kalo "dipaksa" bermain di circuit aspal, sedangkan banyak pemain superbike yang ngga berani main circuit lumpur penuh superbowl dan jumpingan yg tinggi... sampai saat ini ngga jelas alasannya, karena jokinya takut kena lumpur? atau memang karena takut jatuh (karena ngga bisa "loncat tinggi")...
F3A dan 3D(yg saat ini udah mulai berevolusi ke 4D) nampaknya memang beda jalur....
Beda yg jelas adalah F3A sudah diakui sebagai cabang resmi, sedang 3D/4D masih "gentayangan" ga jelas... masih berkesan aliran sempalan/separatis/sesat/outlaw...
Maka ngga heran kalo ada himbauan "Mari terbang dengan gerakan yg baik dan benar" kadang agak membingungkan dan rancu, seolah-olah mengacu pada aturan F3A (karena mereka yg punya aturan yg resmi...) Tapi apa bener semua standard baik dan benar itu harus kesana sebagai acuannya...? ini jelas membingungkan bagi penganut aliran "sesat" tsb.... Bahkan pernah ada yg bilang: "Jangan ngaku bisa terbang kalo belum bisa "terbang rapi (pattern)"... Ini maksudnya bagaimana...?
heheh...
Pasalnya gembar-gembor terbang "baik dan benar" itu kadang berbeda banget teori dan prakteknya... Artinya "Baik dan Benarnya" 3D tentu berbeda sekali dengan F3A..
Contohnya: Mana ada ajaran terbang (sesuai dengan ajaran yg baik dan benar) kalo mau landing pake acara hover ditempat dengan moncong posisi tegak vertikal dan ruder nyentuh tanah duluan...
Padahal "Baik dan Benar" itu kan Relatif.. tergantung darimana sudut pandangnya... hwakakak...... gimana dong...
s
Susahnya lagi, kalo ada guru (alirannya F3A) tapi punya murid yg hatinya ke aliran 3D... waduh gimana ya jadinya?? bisa-bisa kena omel terus gurunya terus neh... Gini salah, gitu salah... whakakaka... repot dah...
Ayo Suhu Budi diulas perbedaan secara mendasarnya... dan mengapa berbeda...
Bravo 3D to The Bone...
AA
satu di circuit aspal dengan superbikenya..... dan satunya dengan Motorcross di circuit lumpur penuh dengan superbowl dan jumpingan..
Saya rasa sama-sama perlu teknik dan sama sama sulit...
tapi yang jelas sering terlihat, banyak pemain motocross masih cukup lincah kalo "dipaksa" bermain di circuit aspal, sedangkan banyak pemain superbike yang ngga berani main circuit lumpur penuh superbowl dan jumpingan yg tinggi... sampai saat ini ngga jelas alasannya, karena jokinya takut kena lumpur? atau memang karena takut jatuh (karena ngga bisa "loncat tinggi")...


F3A dan 3D(yg saat ini udah mulai berevolusi ke 4D) nampaknya memang beda jalur....
Beda yg jelas adalah F3A sudah diakui sebagai cabang resmi, sedang 3D/4D masih "gentayangan" ga jelas... masih berkesan aliran sempalan/separatis/sesat/outlaw...
Maka ngga heran kalo ada himbauan "Mari terbang dengan gerakan yg baik dan benar" kadang agak membingungkan dan rancu, seolah-olah mengacu pada aturan F3A (karena mereka yg punya aturan yg resmi...) Tapi apa bener semua standard baik dan benar itu harus kesana sebagai acuannya...? ini jelas membingungkan bagi penganut aliran "sesat" tsb.... Bahkan pernah ada yg bilang: "Jangan ngaku bisa terbang kalo belum bisa "terbang rapi (pattern)"... Ini maksudnya bagaimana...?

Pasalnya gembar-gembor terbang "baik dan benar" itu kadang berbeda banget teori dan prakteknya... Artinya "Baik dan Benarnya" 3D tentu berbeda sekali dengan F3A..
Contohnya: Mana ada ajaran terbang (sesuai dengan ajaran yg baik dan benar) kalo mau landing pake acara hover ditempat dengan moncong posisi tegak vertikal dan ruder nyentuh tanah duluan...

Padahal "Baik dan Benar" itu kan Relatif.. tergantung darimana sudut pandangnya... hwakakak...... gimana dong...

Susahnya lagi, kalo ada guru (alirannya F3A) tapi punya murid yg hatinya ke aliran 3D... waduh gimana ya jadinya?? bisa-bisa kena omel terus gurunya terus neh... Gini salah, gitu salah... whakakaka... repot dah...


Ayo Suhu Budi diulas perbedaan secara mendasarnya... dan mengapa berbeda...

Bravo 3D to The Bone...

AA
- Budi
- Colonel
- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
Re: F3A <> 3D kenapa??



anu...... itu..... gini loh Nak Agoes.... (menirukan gaya Su-31)......

memang 3D Freestyle dan F3A itu dua dunia yang berseberangan.......
tapi pelaku2 nya di dunia luar umumnya berawal dari salah satunya.......
contohya CPL Christ Paysant Le Roux, Jason Noll, Somenzini dkk.................... mereka bahkan berawal dari F3A ... bahkan ETOC.....
sebagai pemula di dunia 3D free style, saya berawal dari F3A yang gagal ........ karena terbang ngga bisa lurus...... ya udah ...' berantakan' aja........ pisan gitu loh.....

- Budi
- Colonel
- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
Re: F3A <> 3D kenapa??
phyque wrote:klo saya lebih suka F3A...karna ada yang bilang F3A= Fly For Fun Aja, terbang sekedarnya mo lurus or belok2, yang penting Fun Aja![]()
jadi klo pas lagi pengen 3D (Dada Deg-Degan)...ya tinggal ganti armada yang sesuai, paling ujung2nya beli sparepart
I LIKE THIS COMMENT









- atari7up
- First Lieutenant
- Posts: 1386
- Joined: 06 May 2008, 10:10
- Location: Medan - (D.A.C)
- Contact:
Re: F3A <> 3D kenapa??
kula wrote:
Tapi kalo nonton di Yucub sich daku lebih bisa menikmati indahnya manuver2 F3A
Drpd 3D ..... (genderang perang ditabuh...wkwkwk)

