Karakter dan bentuk sayap yg paling bagus buat 3D!
- AgoesAurelz
- First Lieutenant
- Posts: 1315
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Karakter dan bentuk sayap yg paling bagus buat 3D!
seberapa signifikan bentuk sayap pesawat untuk 3D?
Benarkah bentuk sayap dengan leading edge lurus dan airfoil yg tebal, paling mantap untuk 3D?
contohnya: Sayap Edge 540....
Saya rasa model sayap seperti inilah yg paling pas dan paling mantap untuk 3D... (ini pendapat pribadi saya)
Rata-rata pesawat 3D profile/planker juga mengadopsi bentuk sayap seperti Edge ....
Bentuk sayap ini terasa sangat mantap dan licah bermanuver di speed rendah,
karakternya yg sangat forgiving, high drag, low stall effect...
apakah ada yg berpendapat lain?
mohon masukan para suhu...
Benarkah bentuk sayap dengan leading edge lurus dan airfoil yg tebal, paling mantap untuk 3D?
contohnya: Sayap Edge 540....
Saya rasa model sayap seperti inilah yg paling pas dan paling mantap untuk 3D... (ini pendapat pribadi saya)
Rata-rata pesawat 3D profile/planker juga mengadopsi bentuk sayap seperti Edge ....
Bentuk sayap ini terasa sangat mantap dan licah bermanuver di speed rendah,
karakternya yg sangat forgiving, high drag, low stall effect...
apakah ada yg berpendapat lain?
mohon masukan para suhu...
- su-31
- Chief Master Sergeant
- Posts: 990
- Joined: 22 Jun 2007, 17:15
- Location: Sentul City, Bogor
- Contact:
Re: Karakter dan bentuk sayap yg paling bagus buat 3D!
...ini bicara Wing Planform ya..., Tapper, Swept Back, Staright Leading Edge dll.
Leading Edge Lurus, paling mantap untuk 3D ?...,
Jawaban saya pribadi..., Enggak oom !,
Ya paling tidak itulah yg saya rasakan/alami.
Kalo teorinya sendiri sih, maap saya ndak tau.
Pertama kali thn 2001, membangun WASP (Don Incoll), kemudian beli Short Kit nya Edge-540 (OMP),
...itu semua Straight Leading Edge, ...tip to tip rata.
Sejak itu lah saya dah bikin banyak pesawat2 3D kayak gitu.
Tertanam lah di benak saya.., buat 3D yg jinak dan gampang hover, harus seperti itu.
Bahkan saya dah ngajarin banyak temen2 dulu,
Saya bilang, kalo bikin/beli pesawat yg enak buat 3D, gampang hover, forgiving...
...ya cari yg Leading edge nya straight, ya pokok nya kayak Edge-540 gitulah.
Termasuk sayapnya juga harus tebal2...
OK..., nah sekarang...
Coba liat itu Piazee (Piaget), Pulama, Addiction, Extra MX dll, macem2.
Gak kalah, ato malah ada yg lebih jinak dari pesawat2 straight LE, spt Edge-540 itu.
...untung saya gak ketemu lagi sama temen2 yg dulu saya ajarin.
Kemudian, kalo bicara Airfoil, dalam hal ini Ketebalan/Chord Thickness nya...
Yg paling mantap untuk 3D adalah yg sayapnya tebel2..,
Jawaban saya juga tidak, dan Enggak !.
Ya coba liat itu Foamie2 3D, selain double tapper, juga cuma selembar foam tipis, rata, Flat !.
Nah lo... gimana dong,
Tapi gini deh..,
Khusus untuk Straight LE kayak Edge, kata Captain saya dulu... :
"The straight leading edge of the Edge-540 makes it favorable for 3D, because the mean aerodynamic chord (MAC),
is actually swept forward, and causes a stall to begin at the root of the wing instead of at the tip".
Lah tapi...
Coba itu YAK nya Extreme Flight yg Double Tapper itu.., terkenal banget forgiving/jinak !
Gak harus Straight LE juga toh untuk jadi Jinak...
Bingung ya oom,...
Sama oom.., saya juga.
Saya cuma inget.., banyak faktor.., dan semua ada kompromi nya.
Salam,
Leading Edge Lurus, paling mantap untuk 3D ?...,
Jawaban saya pribadi..., Enggak oom !,
Ya paling tidak itulah yg saya rasakan/alami.
Kalo teorinya sendiri sih, maap saya ndak tau.
Pertama kali thn 2001, membangun WASP (Don Incoll), kemudian beli Short Kit nya Edge-540 (OMP),
...itu semua Straight Leading Edge, ...tip to tip rata.
Sejak itu lah saya dah bikin banyak pesawat2 3D kayak gitu.
Tertanam lah di benak saya.., buat 3D yg jinak dan gampang hover, harus seperti itu.
Bahkan saya dah ngajarin banyak temen2 dulu,
Saya bilang, kalo bikin/beli pesawat yg enak buat 3D, gampang hover, forgiving...
...ya cari yg Leading edge nya straight, ya pokok nya kayak Edge-540 gitulah.
Termasuk sayapnya juga harus tebal2...
OK..., nah sekarang...
Coba liat itu Piazee (Piaget), Pulama, Addiction, Extra MX dll, macem2.
Gak kalah, ato malah ada yg lebih jinak dari pesawat2 straight LE, spt Edge-540 itu.
...untung saya gak ketemu lagi sama temen2 yg dulu saya ajarin.
Kemudian, kalo bicara Airfoil, dalam hal ini Ketebalan/Chord Thickness nya...
Yg paling mantap untuk 3D adalah yg sayapnya tebel2..,
Jawaban saya juga tidak, dan Enggak !.
Ya coba liat itu Foamie2 3D, selain double tapper, juga cuma selembar foam tipis, rata, Flat !.
Nah lo... gimana dong,
Tapi gini deh..,
Khusus untuk Straight LE kayak Edge, kata Captain saya dulu... :
"The straight leading edge of the Edge-540 makes it favorable for 3D, because the mean aerodynamic chord (MAC),
is actually swept forward, and causes a stall to begin at the root of the wing instead of at the tip".
Lah tapi...
Coba itu YAK nya Extreme Flight yg Double Tapper itu.., terkenal banget forgiving/jinak !
Gak harus Straight LE juga toh untuk jadi Jinak...
Bingung ya oom,...
Sama oom.., saya juga.
Saya cuma inget.., banyak faktor.., dan semua ada kompromi nya.
Salam,
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: Karakter dan bentuk sayap yg paling bagus buat 3D!
Ha ha, saya suka banget kalo om suhu Wisnu kasih ulasan dan penjelasan..mantap jali pokoknya... 

- AgoesAurelz
- First Lieutenant
- Posts: 1315
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Re: Karakter dan bentuk sayap yg paling bagus buat 3D!
thanks masukannya eyang suhu wiznu...
Tapi mengapa kok semua pesawat Planker engine (yg saya kenal) rata-rata sayapnya straight LE dan tapper swept forward gitu.. semua mirip banget design sayap Edge540 ya... ?
rasanya hampir tidak ada Planker yg designnya Double Tapper seperti sayap Yak 54...
dan yg jelas Planker 40 airfoilnya tebel-tebel semua... bahkan rata-rata Planker 40 punya ketebalan airfoil yg melebihi pswt-pswt gaban sekelas 50cc gasoline...
Saya hanya berasumsi... kalo seandainya ada pswt gaban kelas 50cc spt: Edge 540 tapi dibuat dgn airfoil yg tebal (lebih tebal sedikit dari yg ada sekarang), saya yakin, pasti sangat mantap utk 3D!... tentunya hal ini dengan pertimbangan: Kompromi (maksudnya ngga asal-asalan tebalnya)
Saya saat ini mencari gaban (kalo ada type Edge 540) dengan airfoil yg paling tebal... ada yg tau, brand apa dan pabrikan mana?
Thanks utk respon dan infonya...

Tapi mengapa kok semua pesawat Planker engine (yg saya kenal) rata-rata sayapnya straight LE dan tapper swept forward gitu.. semua mirip banget design sayap Edge540 ya... ?
rasanya hampir tidak ada Planker yg designnya Double Tapper seperti sayap Yak 54...
dan yg jelas Planker 40 airfoilnya tebel-tebel semua... bahkan rata-rata Planker 40 punya ketebalan airfoil yg melebihi pswt-pswt gaban sekelas 50cc gasoline...
Saya hanya berasumsi... kalo seandainya ada pswt gaban kelas 50cc spt: Edge 540 tapi dibuat dgn airfoil yg tebal (lebih tebal sedikit dari yg ada sekarang), saya yakin, pasti sangat mantap utk 3D!... tentunya hal ini dengan pertimbangan: Kompromi (maksudnya ngga asal-asalan tebalnya)
Saya saat ini mencari gaban (kalo ada type Edge 540) dengan airfoil yg paling tebal... ada yg tau, brand apa dan pabrikan mana?
Thanks utk respon dan infonya...

- su-31
- Chief Master Sergeant
- Posts: 990
- Joined: 22 Jun 2007, 17:15
- Location: Sentul City, Bogor
- Contact:
Re: Karakter dan bentuk sayap yg paling bagus buat 3D!
AgoesAurelz wrote:Tapi mengapa kok semua pesawat Planker engine (yg saya kenal) rata-rata sayapnya straight LE dan tapper swept forward gitu.. semua mirip banget design sayap Edge540 ya..
ouuu, kalo itu saya berani jawab,
Asal muasalnya kan supaya murah meriah, gak seperti full body.
Lah, murah termasuk konstruksi nya.
Sayap Straight LE, mbikinnya lebih gampang oom.
Makanya kalo planker yg double tapper, umum nya lebih mahal (dan ada kok di pasaran yg gak Straight LE).
- eidri
- Senior Master Sergeant
- Posts: 582
- Joined: 16 Apr 2007, 21:32
- Location: Starhill
- Contact:
Re: Karakter dan bentuk sayap yg paling bagus buat 3D!
su-31 wrote:AgoesAurelz wrote:Tapi mengapa kok semua pesawat Planker engine (yg saya kenal) rata-rata sayapnya straight LE dan tapper swept forward gitu.. semua mirip banget design sayap Edge540 ya..
ouuu, kalo itu saya berani jawab,
Asal muasalnya kan supaya murah meriah, gak seperti full body.
Lah, murah termasuk konstruksi nya.
Sayap Straight LE, mbikinnya lebih gampang oom.
Makanya kalo planker yg double tapper, umum nya lebih mahal (dan ada kok di pasaran yg gak Straight LE).
katana v2 double tapper..... trus kalo airfoil tebal bukannya gak enak untuk manufer2 crisp yang suka bikin crack dan crock gitu ya...?

- AgoesAurelz
- First Lieutenant
- Posts: 1315
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Re: Karakter dan bentuk sayap yg paling bagus buat 3D!
eidri wrote:su-31 wrote:AgoesAurelz wrote:Tapi mengapa kok semua pesawat Planker engine (yg saya kenal) rata-rata sayapnya straight LE dan tapper swept forward gitu.. semua mirip banget design sayap Edge540 ya..
ouuu, kalo itu saya berani jawab,
Asal muasalnya kan supaya murah meriah, gak seperti full body.
Lah, murah termasuk konstruksi nya.
Sayap Straight LE, mbikinnya lebih gampang oom.
Makanya kalo planker yg double tapper, umum nya lebih mahal (dan ada kok di pasaran yg gak Straight LE).
katana v2 double tapper..... trus kalo airfoil tebal bukannya gak enak untuk manufer2 crisp yang suka bikin crack dan crock gitu ya...?
Masa sih ndri...?
contohnya aerofoil Badboy itu tebel banget menurutku... bahkan lebih tebel dari giant gaban 50cc... manuver Low speed enak kok... stall rendah sekali...
cuman aerofoil tebel rawan kalo dipake speeding.. bisa ancur/pecah sayapnya... effect flutter kerasa banget!
- eidri
- Senior Master Sergeant
- Posts: 582
- Joined: 16 Apr 2007, 21:32
- Location: Starhill
- Contact:
Re: Karakter dan bentuk sayap yg paling bagus buat 3D!
maksudku....regardless jempolnya ya..... fat wing itu enakny buat hover ato manuver deket2 hover kaya harrier gitu2....tapi itu tok.... klo mo blender,waterfall,snap,rolling ato gerakan2 aerobatik laenny klo pake fat wing malah jadi kurang asik...cmiiw....
aku hanya berbicara dari point of view penonton saja....karena saya f3a bukan dan 3d juga bukan....
tp aku jadi bingung skarang.....
apa seh bedanya aerobatic sama 3d? apa 3d itu bagian dari aerobatic? trus yang dibilang 3d itu seperti apa..?? eh oot....
aku hanya berbicara dari point of view penonton saja....karena saya f3a bukan dan 3d juga bukan....

tp aku jadi bingung skarang.....
apa seh bedanya aerobatic sama 3d? apa 3d itu bagian dari aerobatic? trus yang dibilang 3d itu seperti apa..?? eh oot....

- pakdesurib
- Technical Sergeant
- Posts: 325
- Joined: 08 Feb 2010, 16:24
- Location: Surabaya
Re: Karakter dan bentuk sayap yg paling bagus buat 3D!
AgoesAurelz wrote:seberapa signifikan bentuk sayap pesawat untuk 3D?
Benarkah bentuk sayap dengan leading edge lurus dan airfoil yg tebal, paling mantap untuk 3D?
contohnya: Sayap Edge 540....
Saya rasa model sayap seperti inilah yg paling pas dan paling mantap untuk 3D... (ini pendapat pribadi saya)
Rata-rata pesawat 3D profile/planker juga mengadopsi bentuk sayap seperti Edge ....
Bentuk sayap ini terasa sangat mantap dan licah bermanuver di speed rendah,
karakternya yg sangat forgiving, high drag, low stall effect...
apakah ada yg berpendapat lain?
mohon masukan para suhu...
kalo pendapat saya... (ini pesawat gasoline).
edge540 hanyalah salah satu pilihan.
pada umumnya semua pabrikan sekarang sudah bikin "sistim kompromi" utk semua produknya.
saya sendiri ngalami....
punya berbagai jenis/ model pesawat, pabrikannya beda sy mengira beda karakternya.
ndelalah.... saya terbangkan ya sama aja tuh...
beda dikit hanya waktu maiden.... orientasi jempol, selanjutnya beda gak terasa lagi.
wong semua itu ya tergantung jempolnya kok.
sampe krn saya ingin buktiken apa betul seperti kata orang kalo sayap depan dan belakang gak sama rata terbangnya kurang enak, susah hover, kalo pake rolling harrier gak enak?
nyatanya nggak tuh....
sy pake matt hall mxsr 100cc egaircraft yang sayapnya lancip dan sayap depan dan belakang kayak cap matt chapmann, gak rata, emang aslinya buat ngebut di red bull, terus pake yak54 100cc extremeflight bedanya apa ya?
kalo pendapat saya.....cuman merk dan harga.
siapa yang tau engineernya extremeflight di bon egaircraft tapi ngakunya dari omp, engineernya goldwing di bon pilotrc, engineernya greatplanes di bon hangar9. dll.
siapa yang tau???



- pakdesurib
- Technical Sergeant
- Posts: 325
- Joined: 08 Feb 2010, 16:24
- Location: Surabaya
Re: Karakter dan bentuk sayap yg paling bagus buat 3D!
AgoesAurelz wrote:contohnya aerofoil Badboy itu tebel banget menurutku... bahkan lebih tebel dari giant gaban 50cc... manuver Low speed enak kok... stall rendah sekali...
cuman aerofoil tebel rawan kalo dipake speeding.. bisa ancur/pecah sayapnya... effect flutter kerasa banget!
hahahaha......
kan gak ada terbang 3D ngebut?