Pertanyaan mengenai Sceadu Evo 50
Moderators: ferry, sahid, handoyo6299
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Pertanyaan mengenai Sceadu Evo 50
Berhubung saya lagi jauh dari helikopter,saat ini,ada hal yg sangat mengganggu di benak saya..
Akhir2 ini, Sceadu Evo 50 saya,mengeluarkan suara berdesing,spt suara logam yg saling bergesekkan dan RPM Engine rada meninggi kesannya dan heli terkadang mengalami vibrasi..
Heli terbang spt normalnya,main blade menggunakan kepunyaan T-Rex 600N dan pitch range sekitar -4deg s/d +10deg utk normal flight mode, sedangkan idle flight ,saya menggunakan range -10deg s/d +10deg..utk throttle curves normal adalah linear antara 0 s/d 100%, sdgkan utk idle flights ;100%,inh,60,inh,100%
Loop dan Roll menggunakan idle flight. Untuk Loop,pas sekali, namun tidak utk Roll,krn cenderung pitching up..
Flybarr menggunakan part T-Rex 600 dgn paddle Sceadu Evo 50, pemberat menggunakan yg timah saja.
Untuk curve,baikk throttle dan pitch,sepertinya ada yg salah,
Mohon masukan soal ini?
Untuk suara mendesing dan RPM yg meninggi:
Apakah ini gejala clutch liner yg mulai habis?..
Jika iya, apakah mungkin menggunakan clutch liner dr merk lain utk Sceadu Evo 50?
Penyebab lain?
Untuk vibrasi:
Vibrasi tdk menimbulkan bubble pd fuel, main shaft dan spindle sudah saya ganti sejak crashed terakhir,serta tdk ada out of track utk main blade.Paddle berada pd posisi yg berjarak sama antara keduanya, dan ber-sudut 0 deg.
Saya tdk menggunakan metode dial in ,krn memang tdk punya dial indicator..hehehe..
Kira2 apa kemungkinan sumber penyebab vibrasi ? krn intermittent munculnya,indikasi vibrasi saya temukan pd canopy..
Starter shaft?..fan(plastik) hub?..clutch-bell?..flywheel?..
Mohon pencerahan dari rekan2 sekalian dan terimakasih sebelumnya
salam,
budiman
Akhir2 ini, Sceadu Evo 50 saya,mengeluarkan suara berdesing,spt suara logam yg saling bergesekkan dan RPM Engine rada meninggi kesannya dan heli terkadang mengalami vibrasi..
Heli terbang spt normalnya,main blade menggunakan kepunyaan T-Rex 600N dan pitch range sekitar -4deg s/d +10deg utk normal flight mode, sedangkan idle flight ,saya menggunakan range -10deg s/d +10deg..utk throttle curves normal adalah linear antara 0 s/d 100%, sdgkan utk idle flights ;100%,inh,60,inh,100%
Loop dan Roll menggunakan idle flight. Untuk Loop,pas sekali, namun tidak utk Roll,krn cenderung pitching up..
Flybarr menggunakan part T-Rex 600 dgn paddle Sceadu Evo 50, pemberat menggunakan yg timah saja.
Untuk curve,baikk throttle dan pitch,sepertinya ada yg salah,
Mohon masukan soal ini?
Untuk suara mendesing dan RPM yg meninggi:
Apakah ini gejala clutch liner yg mulai habis?..
Jika iya, apakah mungkin menggunakan clutch liner dr merk lain utk Sceadu Evo 50?
Penyebab lain?
Untuk vibrasi:
Vibrasi tdk menimbulkan bubble pd fuel, main shaft dan spindle sudah saya ganti sejak crashed terakhir,serta tdk ada out of track utk main blade.Paddle berada pd posisi yg berjarak sama antara keduanya, dan ber-sudut 0 deg.
Saya tdk menggunakan metode dial in ,krn memang tdk punya dial indicator..hehehe..
Kira2 apa kemungkinan sumber penyebab vibrasi ? krn intermittent munculnya,indikasi vibrasi saya temukan pd canopy..
Starter shaft?..fan(plastik) hub?..clutch-bell?..flywheel?..
Mohon pencerahan dari rekan2 sekalian dan terimakasih sebelumnya
salam,
budiman
- sahid
- Lieutenant Colonel
- Posts: 2000
- Joined: 06 May 2008, 11:38
- Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
- Contact:
Re: Pertanyaan mengenai Sceadu Evo 50
waduh suhu......vibrasi after crash ini memang menuntut ketelitian dan kesabaran kita....
makanya saya ikut menyimak saja....
sambil nambah ngelmu...
makanya saya ikut menyimak saja....

- akwet77
- Senior Master Sergeant
- Posts: 637
- Joined: 22 Jul 2009, 09:10
- Location: pekanbaru
- Contact:
Re: Pertanyaan mengenai Sceadu Evo 50
Budiman wrote:Berhubung saya lagi jauh dari helikopter,saat ini,ada hal yg sangat mengganggu di benak saya..
Akhir2 ini, Sceadu Evo 50 saya,mengeluarkan suara berdesing,spt suara logam yg saling bergesekkan dan RPM Engine rada meninggi kesannya dan heli terkadang mengalami vibrasi..
Heli terbang spt normalnya,main blade menggunakan kepunyaan T-Rex 600N dan pitch range sekitar -4deg s/d +10deg utk normal flight mode, sedangkan idle flight ,saya menggunakan range -10deg s/d +10deg..utk throttle curves normal adalah linear antara 0 s/d 100%, sdgkan utk idle flights ;100%,inh,60,inh,100%
Loop dan Roll menggunakan idle flight. Untuk Loop,pas sekali, namun tidak utk Roll,krn cenderung pitching up..
Flybarr menggunakan part T-Rex 600 dgn paddle Sceadu Evo 50, pemberat menggunakan yg timah saja.
Untuk curve,baikk throttle dan pitch,sepertinya ada yg salah,
Mohon masukan soal ini?
Untuk suara mendesing dan RPM yg meninggi:
Apakah ini gejala clutch liner yg mulai habis?..
Jika iya, apakah mungkin menggunakan clutch liner dr merk lain utk Sceadu Evo 50?
Penyebab lain?
Untuk vibrasi:
Vibrasi tdk menimbulkan bubble pd fuel, main shaft dan spindle sudah saya ganti sejak crashed terakhir,serta tdk ada out of track utk main blade.Paddle berada pd posisi yg berjarak sama antara keduanya, dan ber-sudut 0 deg.
Saya tdk menggunakan metode dial in ,krn memang tdk punya dial indicator..hehehe..
Kira2 apa kemungkinan sumber penyebab vibrasi ? krn intermittent munculnya,indikasi vibrasi saya temukan pd canopy..
Starter shaft?..fan(plastik) hub?..clutch-bell?..flywheel?..
Mohon pencerahan dari rekan2 sekalian dan terimakasih sebelumnya
salam,
budiman
salam kenal om budiman,
bunyi desingan di engine pernah saya alami juga om tetapi kalo desingan diluar engine tidak pernah.
bunyi desingan di engine penyebabnya adalah bearing padang engine harus diganti (atas & bawah) selain itu lebih bagus ganting ring piston juga karena sudah sekalian bongkar engine, dijamin bunyi pada engine yg menganggu hilang.
kalau vibrasi coba cek bagian tail shaft dan housing apakah ada keretakan dan bengkok halus, dan lebih baik disarankan jika sudah 2x crash harus ganti 1set tail set .
minggu kemarin sy punya baru crash pada posisi idelup dan invert hover, tiba2 saya melihat tail blade patah sebelah dan rudder langsung melintir dengan cepat, dan langsung saya antisipasi dengan trottel hold tetapi karena heli masih melintir padan ketinggian 10mtr akhirnya parah juga crasnya.
hasil kesimpulan saya adalah tail blade patah karena blade holder sudah retak dan pada penerbangan sebelumnya sudah timbul getaran dan tidak sy hiraukan.
getaran ini timbul akibat akumulasi crash yg sebelumnya dan tail set tidak saya ganti seluruhnya.
semoga membantu,
salam,
Akwet
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Pertanyaan mengenai Sceadu Evo 50
@ Pak Dhe Sahid,
..dasar apes saya,Pak..terbang enak2..tiba2 saya meleng...helinya meluncur turun...gawat
@Pak akwet77,
Terimakasih atas response nya,Pak..saya baru inget juga kalo Anda adalah salah satu pilot Sceadu Evo 50 ne..Untuk bunyi mendesing ini ada kemungkinan dari bearing engine gitu ya,Pak...baiklah kalo begitu, akan saya masukkan engine sebagai item dlm fault finding list saya.
Oh ya, saya lupa untuk menyebutkan,bahwa setiap kali saya mengakhiri flight,setelah engine mati dan main blade berhenti berputar, saya menjumpai ada asap keluar dari area clutch-bell dan sekitarnya , tidak tebal si..hanya tipis saja..kira2 apa ya penyebabnya?..
Mengenai vibrasi pada tail system memang juga saya jumpai...sementara ini yg saya jumpai adalah tail boom brace yg kurang kenceng masangnya , hanya setelah saya perbaiki, saya tidak sempat uji coba lagi..karena..biasa...hujan,Pak
Kemudian, apakah Pak Akwet punya pendapat mengenai throttle dan pitch curve terbaik untuk Sceadu Evo 50, baik untuk hover dan aerobatik?...
Kemudian ,sebagai tambahan pertanyaan ...apakah akan sangat sangat berguna, bila rotor head assy. plastik dari Sceadu Evo diganti dengan part metal?...
Terima kasih sebelumnya
salam,
budiman





@Pak akwet77,
Terimakasih atas response nya,Pak..saya baru inget juga kalo Anda adalah salah satu pilot Sceadu Evo 50 ne..Untuk bunyi mendesing ini ada kemungkinan dari bearing engine gitu ya,Pak...baiklah kalo begitu, akan saya masukkan engine sebagai item dlm fault finding list saya.
Oh ya, saya lupa untuk menyebutkan,bahwa setiap kali saya mengakhiri flight,setelah engine mati dan main blade berhenti berputar, saya menjumpai ada asap keluar dari area clutch-bell dan sekitarnya , tidak tebal si..hanya tipis saja..kira2 apa ya penyebabnya?..
Mengenai vibrasi pada tail system memang juga saya jumpai...sementara ini yg saya jumpai adalah tail boom brace yg kurang kenceng masangnya , hanya setelah saya perbaiki, saya tidak sempat uji coba lagi..karena..biasa...hujan,Pak

Kemudian, apakah Pak Akwet punya pendapat mengenai throttle dan pitch curve terbaik untuk Sceadu Evo 50, baik untuk hover dan aerobatik?...
Kemudian ,sebagai tambahan pertanyaan ...apakah akan sangat sangat berguna, bila rotor head assy. plastik dari Sceadu Evo diganti dengan part metal?...
Terima kasih sebelumnya
salam,
budiman
- akwet77
- Senior Master Sergeant
- Posts: 637
- Joined: 22 Jul 2009, 09:10
- Location: pekanbaru
- Contact:
Re: Pertanyaan mengenai Sceadu Evo 50
Budiman wrote:@ Pak Dhe Sahid,
![]()
![]()
![]()
..dasar apes saya,Pak..terbang enak2..tiba2 saya meleng...helinya meluncur turun...gawat
![]()
@Pak akwet77,
Terimakasih atas response nya,Pak..saya baru inget juga kalo Anda adalah salah satu pilot Sceadu Evo 50 ne..Untuk bunyi mendesing ini ada kemungkinan dari bearing engine gitu ya,Pak...baiklah kalo begitu, akan saya masukkan engine sebagai item dlm fault finding list saya.
Oh ya, saya lupa untuk menyebutkan,bahwa setiap kali saya mengakhiri flight,setelah engine mati dan main blade berhenti berputar, saya menjumpai ada asap keluar dari area clutch-bell dan sekitarnya , tidak tebal si..hanya tipis saja..kira2 apa ya penyebabnya?..
Mengenai vibrasi pada tail system memang juga saya jumpai...sementara ini yg saya jumpai adalah tail boom brace yg kurang kenceng masangnya , hanya setelah saya perbaiki, saya tidak sempat uji coba lagi..karena..biasa...hujan,Pak![]()
Kemudian, apakah Pak Akwet punya pendapat mengenai throttle dan pitch curve terbaik untuk Sceadu Evo 50, baik untuk hover dan aerobatik?...
Kemudian ,sebagai tambahan pertanyaan ...apakah akan sangat sangat berguna, bila rotor head assy. plastik dari Sceadu Evo diganti dengan part metal?...
Terima kasih sebelumnya
salam,
budiman
Pak Budi,
Sudah brapa th cluch bellnya dipakai kemungkinan sudah aus sepertinya hehe,
saya pernak kejadian juga clutch bell masih baru ehh sedang FF kencang tiba2 rpm meninggi dan tidak ada power dan blong akibatnya heli terjun bebas karena putaran blade tidak ada power lagi.saaran saya di bongkar dan di cek lagi om clutch bellnya dan one way bearing pada main gearnya.
untuk trottel dan picth kalau sempat saya cek dulu diremote pak.
Sepertinya untuk part yg kinerjannya tinggi dan krusial sebaiknya di upgrade ke Metal pak , sepertinya om budi sudah tau listnya kwkwkw.
thanks
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Pertanyaan mengenai Sceadu Evo 50
Pak akwet77,
Iya neh,Pak ...list part nya bisa dipake buat beli helikopter baru lagi
...trus kira2, clutch liner nya pake merk hirobo juga, ato bisa menggunakan part vendor yg lain, spt ALIGN?...
salam,
budiman
Iya neh,Pak ...list part nya bisa dipake buat beli helikopter baru lagi

salam,
budiman
- handoyo6299
- Senior Master Sergeant
- Posts: 611
- Joined: 02 Aug 2008, 10:08
- Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
- Contact:
Re: Pertanyaan mengenai Sceadu Evo 50
Sedikit mencoba sumbang saran walaupun suara saya sumbang, he..he...he.
Untu vibrasi yang munculnya intermiten, biasanya hal ini terjadi karena interferensi baik oleh suara atau dalam hal per-helicopter-an, saya yakin kalau ini akibat dari sinkrinosasi putaran, kalau membaca dan menyimak, tadi disebutkan kalau clutch liner sudah mulai aus, karena mungkin tingkat keausan yang berbeda dari permukaan satu ke satunya lagi, dan karena ada perbedaan berat pada beberapa titik, maka tidak mengherankan kalau muncul unbalance situation, ini seperti ban mobil kita yang pada kecepatan tertentu bergetar( kalau balancenya kurang pas) tapi kalau kita bejek lebih dalem dikecepatan yang lebih tinggi ada kemungkinan vibrasinya berkurang atau malah hilang. Nah mungkin memang harus ganti antara lain Liner dan atau Bell housingnya dech.....

Untu vibrasi yang munculnya intermiten, biasanya hal ini terjadi karena interferensi baik oleh suara atau dalam hal per-helicopter-an, saya yakin kalau ini akibat dari sinkrinosasi putaran, kalau membaca dan menyimak, tadi disebutkan kalau clutch liner sudah mulai aus, karena mungkin tingkat keausan yang berbeda dari permukaan satu ke satunya lagi, dan karena ada perbedaan berat pada beberapa titik, maka tidak mengherankan kalau muncul unbalance situation, ini seperti ban mobil kita yang pada kecepatan tertentu bergetar( kalau balancenya kurang pas) tapi kalau kita bejek lebih dalem dikecepatan yang lebih tinggi ada kemungkinan vibrasinya berkurang atau malah hilang. Nah mungkin memang harus ganti antara lain Liner dan atau Bell housingnya dech.....







- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Pertanyaan mengenai Sceadu Evo 50
handoyo6299 wrote:Sedikit mencoba sumbang saran walaupun suara saya sumbang, he..he...he.
Untu vibrasi yang munculnya intermiten, biasanya hal ini terjadi karena interferensi baik oleh suara atau dalam hal per-helicopter-an, saya yakin kalau ini akibat dari sinkrinosasi putaran, kalau membaca dan menyimak, tadi disebutkan kalau clutch liner sudah mulai aus, karena mungkin tingkat keausan yang berbeda dari permukaan satu ke satunya lagi, dan karena ada perbedaan berat pada beberapa titik, maka tidak mengherankan kalau muncul unbalance situation, ini seperti ban mobil kita yang pada kecepatan tertentu bergetar( kalau balancenya kurang pas) tapi kalau kita bejek lebih dalem dikecepatan yang lebih tinggi ada kemungkinan vibrasinya berkurang atau malah hilang. Nah mungkin memang harus ganti antara lain Liner dan atau Bell housingnya dech.....![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
Betul ,Suhu..masuk akal juga neh...

salam,
budiman
- zq
- trainee
- Posts: 10
- Joined: 10 May 2008, 08:26
- Location: Bekasi Utara
- Contact:
Re: Pertanyaan mengenai Sceadu Evo 50
Halo Oom Budiman..,
saya pernah punya pengalaman serupa, setelah di check ternyata one way bearing retak,
mungkin saja penyebabnya sama.
Salam,
Hari
saya pernah punya pengalaman serupa, setelah di check ternyata one way bearing retak,
mungkin saja penyebabnya sama.
Salam,
Hari
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Pertanyaan mengenai Sceadu Evo 50
zq wrote:Halo Oom Budiman..,
saya pernah punya pengalaman serupa, setelah di check ternyata one way bearing retak,
mungkin saja penyebabnya sama.
Salam,
Hari
Makasih Mas Hari, saran Anda saya masukkan pada fault finding list saya...
Jika ada tambahan ide lagi, dengan senang hati ,saya akan menampungnya..apapun mengenai fine tuning heli yg satu ini...
salam,
budiman