Posibilitas Break In engine dengan motor DC
Moderators: toto, justinus, christoffel, rachmatjeny
- Wind Raider
- FOUNDER
- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
Posibilitas Break In engine dengan motor DC
Maaf ( jadi mirip mpok Ati ) , penasaran lagi ....
Sekalian aye manfaatin buat nambah elmu ..
Part I : Posibilitas Break In engine dengan motor DC
Sekalian aye manfaatin buat nambah elmu ..
Part I : Posibilitas Break In engine dengan motor DC
- dino
- Major
- Posts: 1791
- Joined: 07 Jun 2008, 18:23
- Location: jatim park
- Contact:
Re: Gasoline small bLOck
Part I :
Perasaan ngk cma itu aj deh bOz.... dng pelumas yg over membuat material mesin jd lbih keras.... dah panas trus didingin kan pelumas... jd material daleman jd mkin keras maap klo salh maklum newbe....

Wind Raider wrote:Maaf ( jadi mirip mpok Ati ) , penasaran lagi ....
Sekalian aye manfaatin buat nambah elmu ..
Karena tujuan break in adalah menghaluskan parts jeroan mesin ....
apakah mungkin kita membreak in tanpa menyalakan mesin ???![]()
Misalnya kita putar mesinnya via belt atau gear dengan motor DC yg dikontrol via esc.. ( plus pelumas di mesin tentunya )
Tujuan supaya ndak berisik dan mempercepat proses break in ....
Perasaan ngk cma itu aj deh bOz.... dng pelumas yg over membuat material mesin jd lbih keras.... dah panas trus didingin kan pelumas... jd material daleman jd mkin keras maap klo salh maklum newbe....



- Wind Raider
- FOUNDER
- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
Re: Gasoline small bLOck
dino wrote:Perasaan ngk cma itu aj deh bOz.... dng pelumas yg over membuat material mesin jd lbih keras.... dah panas trus didingin kan pelumas... jd material daleman jd mkin keras maap klo salh maklum newbe....![]()
![]()
ooo itu sekedar ide pak ...
Soalnya saya agak malas membreak in engine ... ( sementara sih masih engine 2 tak hehe )
Mengenai pelumas biar ndak over mungkin perlu dicampur dengan fuel atau pakai pelumas yang khusus mesin bubut yang berwarna putih susu ( aku lupa merk nya )
Kalau ini bisa dilakukan berarti kita bisa membreak in engine dalam ruangan ...
Seandainya diperlukan pemanasan , mungkin kita pakai blower ..
Boleh dikatakan itu adalah pre Break IN ...
Setelah dirasakan cukup baru kita break in lagi pakai fuel dengan mesin dalam keadaan nyala ..
paling tidak bisa mempersingkat waktu break in dengan fuel ..
- dino
- Major
- Posts: 1791
- Joined: 07 Jun 2008, 18:23
- Location: jatim park
- Contact:
Re: Gasoline small bLOck






- Wind Raider
- FOUNDER
- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
Re: Gasoline small bLOck
Saya split saja topik ini biar para suhu mau turun gunung ...
Kali2 ada yang bisa mewujudkan ide2 ngawur aye hehehe ...
Kali2 ada yang bisa mewujudkan ide2 ngawur aye hehehe ...

- MrDoms
- Second Lieutenant
- Posts: 1078
- Joined: 18 Jan 2007, 13:50
- Location: Pekanbaru
Re: It begins with a spark !! ( Sekedar angan angan )



Last edited by MrDoms on 20 Apr 2011, 11:41, edited 1 time in total.
- dulbehek
- Second Lieutenant
- Posts: 1048
- Joined: 17 Nov 2009, 08:49
- Location: banyuwangi - jember
Re: Gasoline small bLOck
dino wrote:Wind Raider wrote:Maaf ( jadi mirip mpok Ati ) , penasaran lagi ....
Sekalian aye manfaatin buat nambah elmu ..
Karena tujuan break in adalah menghaluskan parts jeroan mesin ....
apakah mungkin kita membreak in tanpa menyalakan mesin ???![]()
Misalnya kita putar mesinnya via belt atau gear dengan motor DC yg dikontrol via esc.. ( plus pelumas di mesin tentunya )
Tujuan supaya ndak berisik dan mempercepat proses break in ....
Perasaan ngk cma itu aj deh bOz.... dng pelumas yg over membuat material mesin jd lbih keras.... dah panas trus didingin kan pelumas... jd material daleman jd mkin keras maap klo salh maklum newbe....![]()
![]()
istilahnya quencing ya pak tapi itu kan suhu nya diatas suhu ....... (entah saya lupa ha ha ha ha ha) yang jelas suhunya butuh furnace yah sekitar 500 an (pokoe sampek keliatan muerah merona)
jadine materiale ga gampang mulet tur atos cuma yah itu klo kena beban berlebih langsung ancur2 ga pake peringatan mulet2 dulu






oh ya om tambahan om laju pengikisan waktu panas ma dingin itu beda lo om
n intinya brek in di mesin (setauku cuma mesin selep dikampus) adalah pengikisan agar faktor2 pengerjaan seperti kekasaran, faktor koreksi, faktor keamanan, n faktor2 lain entah lupa apa aja jadi ideal untuk mesin bekerja
cmiw










sori om klo rada ngawur maklum daku cuma ngerti dikit
mankanya kagak lulus2 kuliah



- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: It begins with a spark !! ( Sekedar angan angan )
Wind Raider wrote:Maaf ( jadi mirip mpok Ati ) , penasaran lagi ....
Sekalian aye manfaatin buat nambah elmu ..
Karena tujuan break in adalah menghaluskan parts jeroan mesin ....
apakah mungkin kita membreak in tanpa menyalakan mesin ???
Misalnya kita putar mesinnya via belt atau gear dengan motor DC yg dikontrol via esc.. (cdi jangan dinyalain ; plus pelumas di mesin tentunya )
Tujuan supaya ndak berisik dan mempercepat proses break in ....
Pak, setau saya si, kalo proses break-in , harus menggunakan beban ..jadi ya engine musti diidupin..agar internal part dlm engine akan saling line-up pd saat engine telah mencapai suhu operational nya...
Pelumas oil nya..saya perna dibisikin sama Eyang Suhu Wisnu..pake Shell Advance..yg mineralnya banyak..kalo saya ga salah denger...

salam,
budiman
- Wind Raider
- FOUNDER
- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
Re: It begins with a spark !! ( Sekedar angan angan )
Ini berandai andai lagi , sorry rada ngeyel , namanya juga berangan angan ...
Angan2 dibelok in dikit ....
Seandainya saya simulasikan suhu engine waktu break in ..dengan cara dipasangi pemanas elemen atau dikasih hot blower ... ; ( dipasangi probe temperatur ; saya atur suhu melalui interface komputer / mikrokontroller ) .
Tujuannya menghaluskan moving partsnya ...
Anggap saja PRE Break IN ... Nantinya di break in lagi pakai fuel spt cr konvensional
Kira2 gimana yah ??? Bisa jadi lebih baik ndak ?

Angan2 dibelok in dikit ....
Seandainya saya simulasikan suhu engine waktu break in ..dengan cara dipasangi pemanas elemen atau dikasih hot blower ... ; ( dipasangi probe temperatur ; saya atur suhu melalui interface komputer / mikrokontroller ) .
Tujuannya menghaluskan moving partsnya ...
Anggap saja PRE Break IN ... Nantinya di break in lagi pakai fuel spt cr konvensional
Kira2 gimana yah ??? Bisa jadi lebih baik ndak ?

- Wind Raider
- FOUNDER
- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
Re: It begins with a spark !! ( Sekedar angan angan )
Ehhh lupa man teman ... kalau ada ide yg nyeleneh ... silakan dituangkan ... daripada nanti jadi jerawat ....
Sekarang mungkin belum bisa terwujud ... siapa tahu nanti bisa...
Sekarang mungkin belum bisa terwujud ... siapa tahu nanti bisa...
