why biplane?

Diskusi pesawat rc secara umum

Moderators: toto, Susilo

User avatar
yrakluz
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 258
Joined: 11 Aug 2010, 07:48
Location: Cinere, Jakarta
Contact:

why biplane?

Post by yrakluz »

Saya lagi tertarik sama biplane nih, terutama dari sisi look nya. Dari sisi karakteristik terbang, apa sih bedanya (kelebihan dan kekurangan) dg yg monowing?

sekalian aja, dari keluaran TWM mana yg paling enak di antara 3 ini untuk terbang jungkir balik tapi non 3D, dan mana yg punya stall speed terendah: Ultimate EP, Super Chipmunk, sama Cap 232 (semuanya electric, wingspan +- 1000 mm).

Thanks masukannya. :thx
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2618
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: why biplane?

Post by Budi »

yang enak ini nih.......

eh nggak enak sih.......tapi..... ueeeenaaaakk



Image

Image

Image

Image

Image

Image
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2618
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: why biplane?

Post by Budi »

anu, maksudnya dari semua biplane yg pernah saya terbangkan (elektrik sampai 50cc)
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: why biplane?

Post by toto »

Budi wrote:anu, maksudnya dari semua biplane yg pernah saya terbangkan (elektrik sampai 50cc)


maksudnya enggak enak kan suhu buktinya ganti2 mulu dr yang electric kelas imut sampai yang kelas 30e abis itu ganti2 lagi mulai yg kelas .55 glow ke kelas gasoline 50cc

salam
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: why biplane?

Post by christoffel »

dengan luasan sayap yg sama, didapat wing span yg lebih kecil ...
alhasil, pesawatnya jadi lebih lincah untuk manuver aileron ....
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2618
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: why biplane?

Post by Budi »

toto wrote:
Budi wrote:anu, maksudnya dari semua biplane yg pernah saya terbangkan (elektrik sampai 50cc)


maksudnya enggak enak kan suhu buktinya ganti2 mulu dr yang electric kelas imut sampai yang kelas 30e abis itu ganti2 lagi mulai yg kelas .55 glow ke kelas gasoline 50cc

salam



Nganu suhu..........

Wing loading PA Ultimate paling kecil, TWR nnya paling besar, jadi walaupun biplane terkenal stall speed besar, bail out dan recoverynya paling sederhana........

Dibanding dgn yg seperti ini (Walaupun 55cc)

Image
User avatar
yrakluz
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 258
Joined: 11 Aug 2010, 07:48
Location: Cinere, Jakarta
Contact:

Re: why biplane?

Post by yrakluz »

sorry suhu Budi, TWR paling besar maksudnya apa ya :shy
makasih
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2618
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: why biplane?

Post by Budi »

Menurut ilmu yang saya dapat dari suhu Iwan Al Roji...... TWR itu Thrust Weight ratio......

Atau perbandingan antara daya dorong dengan berat pesawat.... Semakin besar maka semakin gesit dan mudah manuver aerobatik dan manuver exkstrim lainnya. Juga semakin mudah mengkoreksi arah pesawat, dengan menggunakan prop wash nya.

(para suhu mohon dikoreksi, pemula 1 sok tau nih)

Nanti kalo sempat saya bandingkan TWR antara pesawat2 yg pernah sy terbangin, PA Ultimate dengan TWM Ultimate(120), Pitts Phyton Sebart 30cc, phyton 50cc, secara kalkulasi.....
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: why biplane?

Post by toto »

...... :ngl
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2618
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: why biplane?

Post by Budi »

Satu lagi........ Kenapa biplane "stall speednya" lebih besar dari pesawat sayap tunggal sekelas?

Karena memiliki 2 sayap ditambah tiang2 penyangga, maka DRAG force nya(hambatan krn angin) lebih besar untuk kecepatan yg sama. Sedangkan komponen stall itu sangat dipengaruhi oleh drag ........

Bener ngg sih?..........aku pusying..... :pyg :pyg :wk3
Post Reply