Page 1 of 2

why biplane?

Posted: 13 May 2011, 15:09
by yrakluz
Saya lagi tertarik sama biplane nih, terutama dari sisi look nya. Dari sisi karakteristik terbang, apa sih bedanya (kelebihan dan kekurangan) dg yg monowing?

sekalian aja, dari keluaran TWM mana yg paling enak di antara 3 ini untuk terbang jungkir balik tapi non 3D, dan mana yg punya stall speed terendah: Ultimate EP, Super Chipmunk, sama Cap 232 (semuanya electric, wingspan +- 1000 mm).

Thanks masukannya. :thx

Re: why biplane?

Posted: 13 May 2011, 16:48
by Budi
yang enak ini nih.......

eh nggak enak sih.......tapi..... ueeeenaaaakk



Image

Image

Image

Image

Image

Image

Re: why biplane?

Posted: 13 May 2011, 16:49
by Budi
anu, maksudnya dari semua biplane yg pernah saya terbangkan (elektrik sampai 50cc)

Re: why biplane?

Posted: 13 May 2011, 19:12
by toto
Budi wrote:anu, maksudnya dari semua biplane yg pernah saya terbangkan (elektrik sampai 50cc)


maksudnya enggak enak kan suhu buktinya ganti2 mulu dr yang electric kelas imut sampai yang kelas 30e abis itu ganti2 lagi mulai yg kelas .55 glow ke kelas gasoline 50cc

salam

Re: why biplane?

Posted: 13 May 2011, 19:15
by christoffel
dengan luasan sayap yg sama, didapat wing span yg lebih kecil ...
alhasil, pesawatnya jadi lebih lincah untuk manuver aileron ....

Re: why biplane?

Posted: 14 May 2011, 02:40
by Budi
toto wrote:
Budi wrote:anu, maksudnya dari semua biplane yg pernah saya terbangkan (elektrik sampai 50cc)


maksudnya enggak enak kan suhu buktinya ganti2 mulu dr yang electric kelas imut sampai yang kelas 30e abis itu ganti2 lagi mulai yg kelas .55 glow ke kelas gasoline 50cc

salam



Nganu suhu..........

Wing loading PA Ultimate paling kecil, TWR nnya paling besar, jadi walaupun biplane terkenal stall speed besar, bail out dan recoverynya paling sederhana........

Dibanding dgn yg seperti ini (Walaupun 55cc)

Image

Re: why biplane?

Posted: 15 May 2011, 21:01
by yrakluz
sorry suhu Budi, TWR paling besar maksudnya apa ya :shy
makasih

Re: why biplane?

Posted: 16 May 2011, 16:22
by Budi
Menurut ilmu yang saya dapat dari suhu Iwan Al Roji...... TWR itu Thrust Weight ratio......

Atau perbandingan antara daya dorong dengan berat pesawat.... Semakin besar maka semakin gesit dan mudah manuver aerobatik dan manuver exkstrim lainnya. Juga semakin mudah mengkoreksi arah pesawat, dengan menggunakan prop wash nya.

(para suhu mohon dikoreksi, pemula 1 sok tau nih)

Nanti kalo sempat saya bandingkan TWR antara pesawat2 yg pernah sy terbangin, PA Ultimate dengan TWM Ultimate(120), Pitts Phyton Sebart 30cc, phyton 50cc, secara kalkulasi.....

Re: why biplane?

Posted: 16 May 2011, 18:41
by toto
...... :ngl

Re: why biplane?

Posted: 17 May 2011, 05:30
by Budi
Satu lagi........ Kenapa biplane "stall speednya" lebih besar dari pesawat sayap tunggal sekelas?

Karena memiliki 2 sayap ditambah tiang2 penyangga, maka DRAG force nya(hambatan krn angin) lebih besar untuk kecepatan yg sama. Sedangkan komponen stall itu sangat dipengaruhi oleh drag ........

Bener ngg sih?..........aku pusying..... :pyg :pyg :wk3