gelembung udara di selang fuel...
Moderator: sudjai sarmo
- barubisaterbang
- Senior Master Sergeant
- Posts: 590
- Joined: 19 Sep 2010, 09:13
- Location: ciledug-tangerang
gelembung udara di selang fuel...
suhu2,...sebelumnya mohon maaf apabila repost topik yang sama...
saya mau tanya,..gimana ya caranya mencegah agar dalam selang fuel tidak ada gelembung udara..
engine yang saya pakai 0s.25
trims buat bantuannya
saya mau tanya,..gimana ya caranya mencegah agar dalam selang fuel tidak ada gelembung udara..
engine yang saya pakai 0s.25
trims buat bantuannya
- handoyo6299
- Senior Master Sergeant
- Posts: 611
- Joined: 02 Aug 2008, 10:08
- Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
- Contact:
Re: gelembung udara di selang fuel...
yang bisa kita lakukan adalah ketika isi harus hati-hati jangan sampai ada udara yang terperangkap di tanki.
Tapi kalau kita nggak bisa melihat ke tangki, karena mungkin tangkinya tersembunyi.... kalau pengalaman saya sich. selang yang ke karbu saya copot dulu terus saya alirkan dulu fuel sampai tidak terjadi gelembung udara, jangan lupa tampung aliran fuelnya jangan dibuang khan sayang tuch, he....he.....he... semoga membantu ya om. selamat terbang.
Tapi kalau kita nggak bisa melihat ke tangki, karena mungkin tangkinya tersembunyi.... kalau pengalaman saya sich. selang yang ke karbu saya copot dulu terus saya alirkan dulu fuel sampai tidak terjadi gelembung udara, jangan lupa tampung aliran fuelnya jangan dibuang khan sayang tuch, he....he.....he... semoga membantu ya om. selamat terbang.
- ferryvanhot
- Senior Airman
- Posts: 114
- Joined: 12 Apr 2010, 10:26
- Location: Semarang
- Contact:
Re: gelembung udara di selang fuel...
di ujung slang yg didalem tanki pemberat-nya dikasi anti bubble aja .... abis perkara
- MrDoms
- Second Lieutenant
- Posts: 1078
- Joined: 18 Jan 2007, 13:50
- Location: Pekanbaru
Re: gelembung udara di selang fuel...
saya juga mengalami masalah ini.....
Tangki dah dibongkar, sistim selang di seal dengan rapi, line remote nedle juga di seal ulang, sampai ke karbunya. Fuel dah dikasi anti foam.... tetap saja bergelembung....
sepertinya ini masalah untuk engine yang pake remote nedle... atau ada solusi lain om??



Tangki dah dibongkar, sistim selang di seal dengan rapi, line remote nedle juga di seal ulang, sampai ke karbunya. Fuel dah dikasi anti foam.... tetap saja bergelembung....



sepertinya ini masalah untuk engine yang pake remote nedle... atau ada solusi lain om??
- toto
- Brigadier General
- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: gelembung udara di selang fuel...
pengalaman saya pakai OS91FX dengan remote needle yg nempel di backplate engine juga sama sampe mumet cek fuel line ampe cara ngisi akhirnya diputuskan mengubah si needle dipotong dari backplate terus saya tempel aja di firewall hasil bubble ilang deh
salam
salam
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: gelembung udara di selang fuel...
kalau pengalaman saya, begini ...
- seal di fuel tank harus baik. sambungan selang2 tidak bocor. (seringkali selang pecah di sambungan ke pipa logam pada mulut fuel-tank). test tiup bisa digunakan untuk cek sambungan selang2 diluar tangki dan seal tutup tangki. (tidak bisa untk cek sambungan selang di dalam tangki).
- selang sambungan didalam tangki yg dari carbu, (yg diberi pemberat) harus pake yg tidak kaku (supaya bisa mudah bergerak). saya biasa pake selang rc mobil untuk ini, karena sangat flexibel ...
- tangki harus dibungkus sepon dulu baru dipasang pada fuse, gunanya untuk meredam getaran engine.
needle di backplate selama ini tidak pernah bikin masalah pada engine saya. menurut saya, kalau di selang memang tidak ada udaranya, di getarin bagaimanapun tidak akan bikin buble.
cara mengisi juga tidak banyak berpengaruh. kalau pun ada udara terperangkap di selang, akan segera habis saat di full throtle. system tanki memang sudah dirancang untuk ini, jadi nggak usah kuatir tentang cara mengisi ...
untuk troubleshooting, coba di cari dari mana udara mulai timbul.
kesalahan yg sering terjadi pada rekan2 yg saya amati :
- test tiup dilakukan saat tangki belum terpasang lengkap.
sebaiknya dilakukan setelah terpasang semua, tiup dari ujung yg di karbu, yg di muffler ditutup.
- test tiup tidak untuk selang2 di dalam tanki. jadi untuk yg didalam harus di cek tersendiri.
- sambungan antara selang dg pipa aluminium / kuningan/tembaga rentan sobek, terutama karena sering tertekan pada kondisi bengkok.
- seal di fuel tank harus baik. sambungan selang2 tidak bocor. (seringkali selang pecah di sambungan ke pipa logam pada mulut fuel-tank). test tiup bisa digunakan untuk cek sambungan selang2 diluar tangki dan seal tutup tangki. (tidak bisa untk cek sambungan selang di dalam tangki).
- selang sambungan didalam tangki yg dari carbu, (yg diberi pemberat) harus pake yg tidak kaku (supaya bisa mudah bergerak). saya biasa pake selang rc mobil untuk ini, karena sangat flexibel ...
- tangki harus dibungkus sepon dulu baru dipasang pada fuse, gunanya untuk meredam getaran engine.
needle di backplate selama ini tidak pernah bikin masalah pada engine saya. menurut saya, kalau di selang memang tidak ada udaranya, di getarin bagaimanapun tidak akan bikin buble.
cara mengisi juga tidak banyak berpengaruh. kalau pun ada udara terperangkap di selang, akan segera habis saat di full throtle. system tanki memang sudah dirancang untuk ini, jadi nggak usah kuatir tentang cara mengisi ...
untuk troubleshooting, coba di cari dari mana udara mulai timbul.
kesalahan yg sering terjadi pada rekan2 yg saya amati :
- test tiup dilakukan saat tangki belum terpasang lengkap.
sebaiknya dilakukan setelah terpasang semua, tiup dari ujung yg di karbu, yg di muffler ditutup.
- test tiup tidak untuk selang2 di dalam tanki. jadi untuk yg didalam harus di cek tersendiri.
- sambungan antara selang dg pipa aluminium / kuningan/tembaga rentan sobek, terutama karena sering tertekan pada kondisi bengkok.
- barubisaterbang
- Senior Master Sergeant
- Posts: 590
- Joined: 19 Sep 2010, 09:13
- Location: ciledug-tangerang
Re: gelembung udara di selang fuel...
terima kasih suhu2 untuk jawaban dan pecerahannya...
setelah saya perhatikan,..masalah bubble yang saya alami terjadi karena ada bubble yang masuk dari muffler?..
pesawat yang saya gunakan engine 25 adalah pesawat coro spa3d,..contekan dari spadtothebone, tapi saya kecilkan sedikit ukurannya.
untuk terbang normal tidak ada masalah,...tapi saat masuk posisi hover atau saat pesawat saya tegakan, terlihat ada gelembung yang masuk dari muffler ke fuel tank,..kemudian menyusul ada bubble keluar dari fuel tank dan engine mulai brebet...
masalah ini menyebabkan saya tidak bisa berlatih hover dengan pesawat ini...
mungkin keterangan ini bisa membantu mencari solusi...
trims suhu2
setelah saya perhatikan,..masalah bubble yang saya alami terjadi karena ada bubble yang masuk dari muffler?..
pesawat yang saya gunakan engine 25 adalah pesawat coro spa3d,..contekan dari spadtothebone, tapi saya kecilkan sedikit ukurannya.
untuk terbang normal tidak ada masalah,...tapi saat masuk posisi hover atau saat pesawat saya tegakan, terlihat ada gelembung yang masuk dari muffler ke fuel tank,..kemudian menyusul ada bubble keluar dari fuel tank dan engine mulai brebet...
masalah ini menyebabkan saya tidak bisa berlatih hover dengan pesawat ini...
mungkin keterangan ini bisa membantu mencari solusi...
trims suhu2
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: gelembung udara di selang fuel...
lho ... harusnya udara dari mufler (asap) nggak bisa masuk ke fuel line ...
berarti ada yg salah pada penempatan selang2 nya di dalam fuel tank tuh ...
ujung fuel line (yg didalam tanki) kan ada pemberat (clunk) jadi harusnya selalu berada di bawah permukaan fuel, apapun posisi pesawat nya. lagipula posisinya di ujung terjauh dari mulut tanki. artinya saat hover ujung ini berada di dasar fuel.
ujung selang dari muffler begitu masuk kedalam tanki kan langsung belok ke atas, jadi pada possi hover seharusnya beliau berada di atas permukaan fuel.
kalau melihat kondisinya dimana buble terjadi saat pesawat ditegakkan, (dg asumsi ujung selang2 berada pada posisi normalnya) kelihatannya ada kebocoran (atau bahkan terlepas) pada sambungan selang hisap di area dekat mulut tanki. jadi saat tegak, area ini malah berada diatas permukaan fuel dan karena ada yg bocor, jadinya asap dari mufler ikut urun rembuk kedalam fuel line nya ...
mudah2an bisa membantu deh ...
berarti ada yg salah pada penempatan selang2 nya di dalam fuel tank tuh ...
ujung fuel line (yg didalam tanki) kan ada pemberat (clunk) jadi harusnya selalu berada di bawah permukaan fuel, apapun posisi pesawat nya. lagipula posisinya di ujung terjauh dari mulut tanki. artinya saat hover ujung ini berada di dasar fuel.
ujung selang dari muffler begitu masuk kedalam tanki kan langsung belok ke atas, jadi pada possi hover seharusnya beliau berada di atas permukaan fuel.
kalau melihat kondisinya dimana buble terjadi saat pesawat ditegakkan, (dg asumsi ujung selang2 berada pada posisi normalnya) kelihatannya ada kebocoran (atau bahkan terlepas) pada sambungan selang hisap di area dekat mulut tanki. jadi saat tegak, area ini malah berada diatas permukaan fuel dan karena ada yg bocor, jadinya asap dari mufler ikut urun rembuk kedalam fuel line nya ...
mudah2an bisa membantu deh ...
- barubisaterbang
- Senior Master Sergeant
- Posts: 590
- Joined: 19 Sep 2010, 09:13
- Location: ciledug-tangerang
Re: gelembung udara di selang fuel...
ma kasih atas penjelasan nya om christoffel...
Seperti saya uda tau apa yang harus di cek,..
Sebelumnya masalah ini tidak terjadi, setelah saya ganti fuel tank(yang lama terlalu besar) baru ada masalah ini..
Kalau sudah ketemu penyakitnya, nanti saya umumkan lagi disini...
Seperti saya uda tau apa yang harus di cek,..
Sebelumnya masalah ini tidak terjadi, setelah saya ganti fuel tank(yang lama terlalu besar) baru ada masalah ini..
Kalau sudah ketemu penyakitnya, nanti saya umumkan lagi disini...
- toto
- Brigadier General
- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: gelembung udara di selang fuel...
Oh kalau gini sih kayanya Ada kemungkinan pipa back pressure nya posisinya di tempat yang tidak seharusnya deh ...... Semoga
Salam
Salam