Rekan2 senior, Untuk R/C car khusus off road...berapakah viscocity yg ideal utk segala kondisi track ?...ada yg menyatakan, semakin kental semakin bagus, apakah itu benar?... ..
mohon pencerahan dan terimakasih sebelumnya atas segala saran dan petunjuknya
ini pembahasan utk 2wd atau 4wd ? jenis rc car apa ?
krn ttg kekentalan olie diff ini tdk ada patokan / acuan yg pasti, beda mobil, beda merk, beda trek, beda driver, beda semua pak utk penggunaan oli nya, itu sebab nya viscositas olie diff ini juga disediakan sangat beragam oleh pabrikan.
yg aku tau dari ukuran 1000, 2000, dst sampe pernah liat yg 100.000
utk buggy misal nya, pernah pake merk xray xb8 dgn mugen mbx5 dgn kyosho mp777 (maap kit jadul semua, soalnya daku stop main buggy di situ, jd gak tau lagi kalo di seri yg baru), antara F/C/R nya beda2 semua
std yg umum di kyosho & mugen misalnya F/C/R = 5k/7K/53k
ternyata tidak berlaku di Xray (dulu aku pake 5k/5k/3k atau bahkan 3k/3k/3k tergantung trek)
jd kalo kita mau membahas ttg olie diff ini rasanya terlalu luas n subyektif deh.. jd akan sulit ketemu kata sepakat.... hehehe
klo dalam buku elemen mesin viskositas oli ditentukan oleh - kecepatan kerja (rpm) - suhu kerja - beban dan geseka
semakin kental pelumas berefek pada beberapa hal 1. semakin kental beban motor semakin berat 2. semakin kental transfer panas semakin buruk 3. semakin kental semakin baik untuk pelindungan pada bagian2 yang terkena beban berat (biasanya mesin2 dengan putaran rendah) begitu sedikit yang saya tau om
Ok, misalkan , kita bicara yg 2WD aja dulu...yg 4WD nya nyusul...soalnya lagi penasaran dengan penggerak 2 roda...
Jadi semakin kental oil nya ,maka perbedaan putaran roda kiri dan kanan akan makin dibatasi ya... Kalo perbedaan antara roda kiri dan kanan dibatasi, berarti power yg ditransferkan dr Engine menuju diff.gear yg kemudian digunakan menggerakkan roda, makin efektif dong ,misalkan pada track yg low traction gitu..bener ga ya?..
saya ga pernah bongkar mobil2 an sih om tapi secara logika perbedaan pergerakan roda kanan dan kiri (sistem diferensial) lebih disebapkan faktor umur gear dan kualitas gear bukan lubricant tapi yang jelas semakin kental semakin bikin gear awet tapi mengurangi umur motor karena beban yang dibawa lebih berat dibanding memakai ubricant yang encer
dulbehek wrote:saya ga pernah bongkar mobil2 an sih om tapi secara logika perbedaan pergerakan roda kanan dan kiri (sistem diferensial) lebih disebapkan faktor umur gear dan kualitas gear bukan lubricant tapi yang jelas semakin kental semakin bikin gear awet tapi mengurangi umur motor karena beban yang dibawa lebih berat dibanding memakai ubricant yang encer
Berarti kalo motor akan merambat ke ESC dan Lipo selanjutnya...tapi bagaimana dengan yg menggunakan Engine?...gasoline 23 cc, 2 langkah,misalnya..kira2 apa dampak yg akan terjadi?... Mohon pencerahan dan terimakasih seblumnya...
setahu saya, pronsip penggunaan beragam viskositas oil differensial seperti yang diutarakan sama om Kula dan sebagai bonus adalah sebagai pelumas. kalau ndak salah, ramuan kekentalan oli yang pas buat differensial yaitu jika pada saat high speed turn tidak mengalami under steer dan pada saat akselerasi, mobil tetap di jalurnya (lurus) CMIIW.
joniharjono wrote:setahu saya, pronsip penggunaan beragam viskositas oil differensial seperti yang diutarakan sama om Kula dan sebagai bonus adalah sebagai pelumas. kalau ndak salah, ramuan kekentalan oli yang pas buat differensial yaitu jika pada saat high speed turn tidak mengalami under steer dan pada saat akselerasi, mobil tetap di jalurnya (lurus) CMIIW.
Wah, masukan yg sangat penting ini...terima kasih,Pak...