Page 1 of 7

Wingloading

Posted: 24 Jun 2011, 12:44
by Adilgun
Mau minta ilmu lagi dari para Suhu gaero..,maaf kl repost, tp udah dicari sih kyknya ga ada..walaupun ada cm sekilas, lupa lg di postingan mana..

Saya belum mengerti mengenai Wingloading, yang sy tau wingloading (WL) daya angkat berdasarkan luas sayap (bener ga sih?)...
selama ini bikin pesawat udah ada plannya, tp ga ngerti...

1. yang sy ingin tau WL ini berketerkaitanya dengan apa saja (panj. fuse, berat pswt..etc)..?
2. apakah ada rumus (Ideal)nya (mis : berat pswt 500Gr, WL hrs sekian)...?
3. ...etc


Terimakasih

Re: Wingloading

Posted: 24 Jun 2011, 15:39
by NF
kliatanya berhubungan dgn karakter terbang (pelanngapung atau cepetberat)
#luasaan sayap sekian ...persegi idealnya berat sekian.....grm

Re: Wingloading

Posted: 24 Jun 2011, 15:53
by toto
yang saya pahami dengan nilai wing loading semakin kecil makan pesawat akan semakin ngapung seperti yang disebutkan oleh suhu pa'de NF jadinya si pesawat akan foregiving enak untuk di terbangkan bagi yang jantungnya enggak kuat lagi ..................... :wek

salam

Re: Wingloading

Posted: 24 Jun 2011, 16:04
by Adilgun
minimal nya aja suhu..maksudnya...kalo sy bikin pswt(tanpa plan) dengan fuse A cm, berat B gram...minimalnya WL nya berapa supaya pesawat bs terbang layak, enak...
mungkin ada rumusnya gitu... :htg

terimakasih

Re: Wingloading

Posted: 24 Jun 2011, 16:06
by NF
buat sayapnya dulu , baru TLAR (That Looking All Right) untuk badannya...... alias di "pas"in....

Re: Wingloading

Posted: 24 Jun 2011, 16:07
by toto
coba deh longok2 di .................... viewtopic.php?f=45&t=32 ..................... semoga bisa membantu ............... :shy

salam

Re: Wingloading

Posted: 24 Jun 2011, 16:48
by Adilgun
:shy betul suhu, berarti sudah terjawab 1, yaitu hubunganya dengan Fuse..
tapi cuma ada chord nya, WS nya gmana ya...?kl ga slh liat



Terimakasih

Re: Wingloading

Posted: 24 Jun 2011, 22:45
by christoffel
Adilgun wrote:yang sy tau wingloading (WL) daya angkat berdasarkan luas sayap (bener ga sih?)...

1. yang sy ingin tau WL ini berketerkaitanya dengan apa saja (panj. fuse, berat pswt..etc)..?
2. apakah ada rumus (Ideal)nya (mis : berat pswt 500Gr, WL hrs sekian)...?


om Adilgun ...
Wing loading itu didefinisikan sebagai beban (load) yg harus ditanggung oleh sayap (wing).
besarannya berat/luas, jadi rumusnya berat total pesawat dibagi luas sayap. (bukan daya angkat)
bisa gr/cm_persegi, kg/meter_persegi dll.
kalau saya lebih familier dg oz/feet_persegi, bukan karena mau ke-barat2-an (saya juga paling malas kalau harus konversi besaran) tapi karena data2 pesawat yg saya intip di majalah kebanyakan pake satuan ini jadi udah terlanjur hafal.

jadi, berkaitan dengan pertanyaan no 1 yg berhubungan dengal WL ini hanyalah berat pesawat dan luas sayapnya. nggak ada hubungan dg panjang fuse, posisi sayap, airfoil, dll

untuk pertanyaan no 2, nggak ada ketentuan baku. yg jelas, menentukan target WL bukan dari berat pesawatnya, tetapi lebih ke gaya terbangnya. contohnya untuk glider, karena tujuannya untuk glide, ya WL nya harus kecil. setahu saya sekitar 10 oz/squarefeet (8 sampai 12). untuk pesawat2 sport/aerobatic biasanya di sekitar 22 oz/squarefeet. untuk trainer sekitar 18 oz/squarefeet. untuk foamy 3D sekitar 6 oz/squarefeet. pesawat2 scale malah ada yg sampai 32 oz/squarefeet (makanya landingnya susah). pesawat IFO punya bli Ary malah cuman sekitar 1.5 oz/squarefeet. dst ...

hubungan nya dg karakter pesawat saat terbang, WL berbanding lurus dg stall speed.

semoga membantu ...

Re: Wingloading

Posted: 25 Jun 2011, 06:14
by iwan21
kalo suhu Chris pake oz/sq in, saya kebetulan pake gr/dm2. Selama ini pake <10 gr/dm2 utk mikro , <20 utk trainer slow flyer dan <30 utk sport/pusher

Re: Wingloading

Posted: 25 Jun 2011, 06:40
by Budi
Ada istilah "wing cube loading"....... Kira2 ada hubungannya ngg ya suhu?