Page 1 of 5
Bagaimana menentukan roll-rate heli?
Posted: 25 Jul 2011, 09:02
by Budiman
Faktor apakah yg mempengaruhi roll-rate heli utk axial roll?..apakah roll rate heli bisa diubah sesuai dgn keinginan kita,tanpa menyebabkan bogging-nya engine?
Mohon pencerahan dan terimakasih sebelumnya?
Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?
Posted: 25 Jul 2011, 11:09
by Budi
Roll rate sangat dipengaruhi oleh pitch, pitch kecil...roll rate lemot....pitch besar roll rate besar...
Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?
Posted: 26 Jul 2011, 07:10
by Budi
tambahan, semakin pendek mainshaft (jarak blade holder dengan center horizontal heli) , seperti di Hirobo turbulence maka semakin sadis roll ratenya.....
Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?
Posted: 26 Jul 2011, 07:31
by setyo antarikso
Budi wrote:tambahan, semakin pendek mainshaft (jarak blade holder dengan center horizontal heli) , seperti di Hirobo turbulence maka semakin sadis roll ratenya.....
semakin besar head speed juga mempercepat roll ratenya...
..sotoy mode...
-setyo-
pilot pesawat yg ga bisa main heli
Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?
Posted: 26 Jul 2011, 08:03
by handoyo6299
Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?
Posted: 27 Jul 2011, 09:26
by ayokbcp
ikut menyimak.........

Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?
Posted: 27 Jul 2011, 09:28
by ayokbcp
klo EXPO, ngebantu roll rate nggak ya?

Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?
Posted: 27 Jul 2011, 12:05
by Budiman
Mungkin main shaft yg pendek dan head speed yg tinggi diperlukan untuk manuver2 radikal...Hirobo Turbulence kan heli 3D kelas 90...
Manuver axial roll( roll yg simultan) biasanya lebih mudah dilakukan dengan menggunakan heli2 3D..tapi ya itu, terkadang sulit utk membuat heli 3D terbang dengan airspeed yg konstan saat axial roll...kalo saya seringnya ..heli malah turun pelan2 saat melakukan roll yg simultan ini..kalo sekedar roll satu kali si , tidak ada masalah..
Yang membuat saya kepikiran saat ini..Sceadu Evo 50 dengan spesifikasi yg standart..saat saya melakukan axial roll, malah membuat engine bogged..di saat roll yg kedua(simultan)...sedangkan ,sebelum melakukan axial roll, saat saya uji dengan melakukan flip (backward), dr kondisi hover normal..tidak ada masalah...Roll satu kali, juga tidak ada masalah..
Hal ini baru saya alami, setelah melakukan pergantian muffler dari Align menggunakan MP 5..karena saat menggunakan Align, heli tidak perna mengalami bogged engine sekalipun..untuk saat ini, soal penggantian muffler akan saya kesampingkan dulu sbg salah satu penyebabnya...
Apakah ada saran2 tambahan dari rekan2 sekalian mengenai roll rate dan bogged engine saat axial roll?...mohon pencerahan
Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?
Posted: 27 Jul 2011, 12:37
by handoyo6299
Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?
Posted: 27 Jul 2011, 12:45
by Budiman
Mas Hand,
Apakah muffler yg berbeda profil akan memberi pengaruh kompresi engine yg sangat significant?..MP 5 berpenampang lebih lebar pada chamber nya..sedangkan ALIGN ber-penampang lebih sempit dan slim(karakter muffler 3D)..panjang kedua muffler sama...
Pada hal saat starting engine di saat cold, engine lebih mudah hidup dengan menggunakan MP5...
Mohon pencerahan