Setelah sekian tahun ditinggalkan ...akhirnya ada pemikiran untuk berlatih hely kembali ...Senin kemarin sudah datang Hely Trex 450 ( seken sih ...) dengan segala partnya yang bejibun....
ada beberapa option kalo melihat partnya : 1. Dijadikan FBL dgan TT 2. Flybar dgan TT 3. FBL dengan Belt 4. Flybar denagn Belt
Tx menggunakan futaba 7 C dengan Rx 6106 HFC...
mohon saran sebaiknya mengunakan option yang mana , karena betul2 sudah lupa...( ini baru download manual trex450 biar paham kembali komponen hely dan main simulator dulu)
soalnya saya gak mudeng masing masing karakter pada posisi normalnya...mungkin kalo diset bisa ya....dari segi ketahanan,kemudahan belajar dan yang pasti crash cost paling rendah.....ehehehehe makanya mau menimba ilmu dulu....ya paling buat hover dan patroli saja
Kalau pertimbangan awal lagi, pakai Belt dulu Om Yudho, biar crash costnya gak ketinggian, sementara torque tube parkir dulu. nah mengenai FBL atau pakai Flybar, kalau saya pilih pakai Flybar, alasannya, lebih alami, memang rada bertentangan dengan crash cost, tapi menurut saya kok begitu, karena saya lebih pilih yang alami juga gerakan helinya. Kira-kira begitu Om YUdho, semoga berkenan...
Kalo saya si ,seperti yang diutarakan Mas Handoyo....menggunakan Flybar dan timming belt... Fly bar lebih memberikan "karakter" terhadap helinya sendirinya...untuk heli ukuran 450, penggunaan timming belt masi sangat wajar dari segi cost..
Saya rasa untuk urusan belt ato Torque Tube, Anda boleh mempertimbangkannya kembali begitu Anda memilih untuk menggunakan helikopter kelas engine 50 ke atas...
Kalo sepanjang yang saya pahami sih pada helikopter, kalo untuk terbang dengan F3C style, justru lebih mahal biayanya daripada 3D. Ini dikarenakan spesifikasi helikopter F3C jauh lebih presisi dari pada helikopter 3D.
Tapi untuk heli kelas 450, saya rasa dengan standart part aslinya pun sudah cukup lah..mungkin yg perlu diadakan up grade adalah gyro dan servo rudder nya...