SPAD Trainer 40 (Goes to Nitro...)

Tampilkan karya SPAD / Coroplast Anda

Moderators: aji, atari7up

User avatar
Mukti
Airman
Airman
Posts: 46
Joined: 19 Jan 2007, 13:17
Location: Bekasi

SPAD Trainer 40 (Goes to Nitro...)

Post by Mukti »

Gara2 dikasih temen kantor Engine Super Tigre GS45 terpaksa Coro dilirik. Setelah bahan2 semua komplit, build guide dari spadtothebone juga komplit diprint plus ketetapan hati untuk membangun pesawat engine dimulailah proyek ini.

Sengaja dipilih type trainer highwing biar nerbanginnya ntar gak terlalu grogi... Maklum pemula di Psw. Engine.

Fuselage dibuat dari Coro 4mm. Kendala pertama adalah mencari former nya, setelah hunting2 akhirnya dipilih pake alumunium square tube.
Image

Setelah dilem:
Image

Berikut sisi dalam didobel pake balsa sheet 5mm.
Image

Setelah dipasang Fin, Landing Gear da Engine Mounting. Sementara enginenya numpang dulu...
Image

Berhubung orderan landing gear belakang gak dateng2 akhirnya pake siku buat ambalan ukuran kecil.
Image

Firewall dibuat dari talenan putih punya istri.... buat dianya dibeliin baru dong yang masih kinclong...
Image

Setelah komplit + servo2.
Image

Sayapnya :-k :-k ntar kalau sempet lagi....
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

=D> =D> =D> ,.....siiiip om mukti..
di tunggu dah kelanjutannya....
User avatar
Yudha
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 563
Joined: 01 May 2007, 15:20
Location: Medan
Contact:

Post by Yudha »

Wahhhhh......cakep bener om
Ditunggu lanjutannya ya :D
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2278
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Post by Wind Raider »

Sip sip !!!! Coroplast sangat cuocok dengan psw engine .
Lemnya pakai lem apa pak . Motor mount kok gak sekalian pake talenan ?
Pemakaian siku utk landing gear cukup inovatif .
Data lainnya pak Mukti spt : Length , ws , auw kira2 , dll ????
Ditunggu maidennya ..

Btw , psw ditaruh dikasur gak kuatir ada yg cembokur hehehe ?
User avatar
Mukti
Airman
Airman
Posts: 46
Joined: 19 Jan 2007, 13:17
Location: Bekasi

Post by Mukti »

Setelah mangkrak seminggu lebih proyek baru bisa dilanjut.
O ya data specnya:
WS : 150cm
Fuse : 112cm
Wing Area : 38.1dm2
AUW target : 2.6kg
Engine : ST GS45ABC
Prop : APC 10x7

Engine sudah selesai Breakin statis. Kelihatannya so far OK...
Berikut Wingnya :

Spar pakai Alumunium square tube 1"x0.5"
Berhubung ngejar aerfoil 15% terpaksa diganjal lagi pake Coro 5mm 3 slice.
Image

Sayap yang udah jadi.
Image

Foto bareng...
Image

Setelah dipasang ke Fuselage... Udah mirip pesawat belum..????
Image

Seteleh ditimbang, minus RX, batery dan Servo Aileron. 2,2kg... kayaknya target AUW bisa tercapai.
Image
User avatar
Mukti
Airman
Airman
Posts: 46
Joined: 19 Jan 2007, 13:17
Location: Bekasi

Post by Mukti »

Hasil MF kemaren:
1. masih muntir ke kanan, kayaknya right thrust nya kebanyakan
2. Down thrust juga kurang maunya nanjak terus kalau di gas.
3. Travel Aileron kurang... mesti setting lagi
4. Roda depan copot... lock harus ganti...
5. Baut engine kendor... harus ganti yang panjang dan pake locknut

Lainnya kelihatannya OK, thrust udah lebih dari cukup, lifting juga bagus padahal AUW terakhir 2,6kg. Manuver masih jelek, travel servo belum disetting dan CG juga masih agak nose heavy.

BTW: Yang penting bisa terbang... O:) O:)
User avatar
Charles
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 704
Joined: 30 Jul 2007, 16:56
Location: Surabaya

Post by Charles »

Mau tanya pak, former yang pake aluminium sqare tube (di plan aslinya pake PVC squre tube) itu fungsinya apa? Biasanya disitu kan tempat tanki fuel. Trus dengan adanya former itu, tanki di taruh dimana?
Trus dengan posisi servo aileron yang seperti itu, kalau mau mengikat wing ke pesawat, apa karet pengikat tidak mengganggu pushroadnya aileron?
Demikian pak, terimakasih.
User avatar
coyo
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 808
Joined: 17 Jan 2007, 17:00
Location: Kota Jababeka, Cikarang
Contact:

Post by coyo »

sekalian ikut kontes aza Om....
User avatar
Mukti
Airman
Airman
Posts: 46
Joined: 19 Jan 2007, 13:17
Location: Bekasi

Post by Mukti »

Charles wrote:Mau tanya pak, former yang pake aluminium sqare tube (di plan aslinya pake PVC squre tube) itu fungsinya apa? Biasanya disitu kan tempat tanki fuel. Trus dengan adanya former itu, tanki di taruh dimana?
Trus dengan posisi servo aileron yang seperti itu, kalau mau mengikat wing ke pesawat, apa karet pengikat tidak mengganggu pushroadnya aileron?
Demikian pak, terimakasih.

* Former fungsinya untuk penguat fuselage, terutama yang berhubungan dengan Firewall Engine dan Landing Gear. Ini mempermudah saja agar tidak perlu konstruksi penguat yang rumit lagi.
* Tanki Fuel ditaruh diatasnya pak, kalau pakai alumunium seperti saya posisinya pas banget center dengan carburator.
* Servo Aileron memang agak bermasalah, jadi waktu mau pasang karet harus diselipin dibawah Pushrod.

2 Minggu yang lalu pesawat ini pernah crash jatuh ke sawah dengan nose menghunjam ke bawah #-o , tapi gak ada kerusakan yang parah. Cuma cuci engine, benerin hinge2 yang lepas dan setting servo lagi sudah flight kembali ....Hidup Coro...

Berikut foto Flightnya....
Image

Image

Image
User avatar
Charles
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 704
Joined: 30 Jul 2007, 16:56
Location: Surabaya

Post by Charles »

Terimakasih atas jawabannya pak. Sudah lama mau bikin, tapi bingung di formernya itu. Kebetulan trainer saya habis "kamikaze", rencananya mau bikin dari coro untuk penggantinya.
Berarti untuk tanki pake yang kecil ya pak? Atau ada tanki yang ceper tapi panjang, sehingga muat di atas formernya? Kalau tanki yang 240 cc keliatanya gak muat pak. Padahal saya rencana mau pasang tanki yang lebih gede, biar terbangnya lebih lama.
Post Reply