Page 1 of 2
SPAD Trainer 40 (Goes to Nitro...)
Posted: 02 Jul 2007, 12:40
by Mukti
Gara2 dikasih temen kantor Engine Super Tigre GS45 terpaksa Coro dilirik. Setelah bahan2 semua komplit, build guide dari spadtothebone juga komplit diprint plus ketetapan hati untuk membangun pesawat engine dimulailah proyek ini.
Sengaja dipilih type trainer highwing biar nerbanginnya ntar gak terlalu grogi... Maklum pemula di Psw. Engine.
Fuselage dibuat dari Coro 4mm. Kendala pertama adalah mencari former nya, setelah hunting2 akhirnya dipilih pake alumunium square tube.
Setelah dilem:
Berikut sisi dalam didobel pake balsa sheet 5mm.
Setelah dipasang Fin, Landing Gear da Engine Mounting. Sementara enginenya numpang dulu...
Berhubung orderan landing gear belakang gak dateng2 akhirnya pake siku buat ambalan ukuran kecil.
Firewall dibuat dari talenan putih punya istri.... buat dianya dibeliin baru dong yang masih kinclong...
Setelah komplit + servo2.
Sayapnya

ntar kalau sempet lagi....
Posted: 02 Jul 2007, 12:43
by NF

,.....siiiip om mukti..
di tunggu dah kelanjutannya....
Posted: 02 Jul 2007, 12:44
by Yudha
Wahhhhh......cakep bener om
Ditunggu lanjutannya ya

Posted: 02 Jul 2007, 20:54
by Wind Raider
Sip sip !!!! Coroplast sangat cuocok dengan psw engine .
Lemnya pakai lem apa pak . Motor mount kok gak sekalian pake talenan ?
Pemakaian siku utk landing gear cukup inovatif .
Data lainnya pak Mukti spt : Length , ws , auw kira2 , dll ????
Ditunggu maidennya ..
Btw , psw ditaruh dikasur gak kuatir ada yg cembokur hehehe ?
Posted: 09 Jul 2007, 08:25
by Mukti
Setelah mangkrak seminggu lebih proyek baru bisa dilanjut.
O ya data specnya:
WS : 150cm
Fuse : 112cm
Wing Area : 38.1dm2
AUW target : 2.6kg
Engine : ST GS45ABC
Prop : APC 10x7
Engine sudah selesai Breakin statis. Kelihatannya so far OK...
Berikut Wingnya :
Spar pakai Alumunium square tube 1"x0.5"
Berhubung ngejar aerfoil 15% terpaksa diganjal lagi pake Coro 5mm 3 slice.
Sayap yang udah jadi.
Foto bareng...
Setelah dipasang ke Fuselage... Udah mirip pesawat belum..????
Seteleh ditimbang, minus RX, batery dan Servo Aileron. 2,2kg... kayaknya target AUW bisa tercapai.

Posted: 16 Jul 2007, 13:17
by Mukti
Hasil MF kemaren:
1. masih muntir ke kanan, kayaknya right thrust nya kebanyakan
2. Down thrust juga kurang maunya nanjak terus kalau di gas.
3. Travel Aileron kurang... mesti setting lagi
4. Roda depan copot... lock harus ganti...
5. Baut engine kendor... harus ganti yang panjang dan pake locknut
Lainnya kelihatannya OK, thrust udah lebih dari cukup, lifting juga bagus padahal AUW terakhir 2,6kg. Manuver masih jelek, travel servo belum disetting dan CG juga masih agak nose heavy.
BTW: Yang penting bisa terbang...

Posted: 08 Aug 2007, 10:54
by Charles
Mau tanya pak, former yang pake aluminium sqare tube (di plan aslinya pake PVC squre tube) itu fungsinya apa? Biasanya disitu kan tempat tanki fuel. Trus dengan adanya former itu, tanki di taruh dimana?
Trus dengan posisi servo aileron yang seperti itu, kalau mau mengikat wing ke pesawat, apa karet pengikat tidak mengganggu pushroadnya aileron?
Demikian pak, terimakasih.
Posted: 08 Aug 2007, 11:50
by coyo
sekalian ikut kontes aza Om....
Posted: 09 Aug 2007, 12:01
by Mukti
Charles wrote:Mau tanya pak, former yang pake aluminium sqare tube (di plan aslinya pake PVC squre tube) itu fungsinya apa? Biasanya disitu kan tempat tanki fuel. Trus dengan adanya former itu, tanki di taruh dimana?
Trus dengan posisi servo aileron yang seperti itu, kalau mau mengikat wing ke pesawat, apa karet pengikat tidak mengganggu pushroadnya aileron?
Demikian pak, terimakasih.
* Former fungsinya untuk penguat fuselage, terutama yang berhubungan dengan Firewall Engine dan Landing Gear. Ini mempermudah saja agar tidak perlu konstruksi penguat yang rumit lagi.
* Tanki Fuel ditaruh diatasnya pak, kalau pakai alumunium seperti saya posisinya pas banget center dengan carburator.
* Servo Aileron memang agak bermasalah, jadi waktu mau pasang karet harus diselipin dibawah Pushrod.
2 Minggu yang lalu pesawat ini pernah crash jatuh ke sawah dengan nose menghunjam ke bawah

, tapi gak ada kerusakan yang parah. Cuma cuci engine, benerin hinge2 yang lepas dan setting servo lagi sudah flight kembali ....Hidup Coro...
Berikut foto Flightnya....

Posted: 09 Aug 2007, 19:06
by Charles
Terimakasih atas jawabannya pak. Sudah lama mau bikin, tapi bingung di formernya itu. Kebetulan trainer saya habis "kamikaze", rencananya mau bikin dari coro untuk penggantinya.
Berarti untuk tanki pake yang kecil ya pak? Atau ada tanki yang ceper tapi panjang, sehingga muat di atas formernya? Kalau tanki yang 240 cc keliatanya gak muat pak. Padahal saya rencana mau pasang tanki yang lebih gede, biar terbangnya lebih lama.