Benny wrote:Maaf kayaknya subject lipo ada sendiri tapi berhubung ini ada kisahnya (tadi siang), saya cerita di sini saja boleh kan? Ini cerita temen saya dengan lipo 3 cell. Dari ceritanya sepertinya hari ini liponya overcharging sehingga menggelembung dan panas, seharusnya lipo tersebut dia diamkan di tempat aman dan diobservasi selama paling tidak 15 menit supaya temperatur turun, alih-alih seperti itu, karena cuaca di luar kantor mendung, dia pulang dengan membawa ipo-nya ke dalam tas dan pulang naik motor. Bener juga...tak lama dalam perjalanan lipo meledak di depan pasar (pasar rumput JKT pusat) di depan keramaian orang pulang jam kantor. Bunyi ledakan cukup keras dan membakar hangus tas beserta isinya serta sebagian body motor. Untung teman saya cukup sigap melompat dari ledakan dan menyelamatkan motornya. Pelajaran utama yang bisa dipetik disini adalah, sangat berbahaya memperlakukan / handling lipo cell seperti yang dilakukan teman saya di atas. Semoga cerita ini bermanfaat. (Untung gak ditangkap orang garnisun dikira bawa bom ha ha ha ha ha)
Lipo alert : Time Bomb ???
Moderators: AgoesAurelz, JetFlyer
- Wind Raider
- FOUNDER
- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
Lipo alert : Time Bomb ???
Last edited by Wind Raider on 10 Aug 2007, 18:09, edited 1 time in total.
- Wind Raider
- FOUNDER
- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
Wind Raider wrote:lipo merk apa ya ?
Saya pernah overcharge lipo juga ; menggelembung ..... Dasar nekad , saya tusuk aja pake jarum sampe kempes .... Saya bawa terbang ... untung tak terjadi apa apa ....
Setelah itu Liponya out of order
Kayaknya perlu charger spesial utk lipo . Kira2 merk apa yg affordable , yet reliable .... ( maaf .... pembawaan minimalis )
maaf lagi ... apakah teman Anda ybs itu mas Joko ?
benny wrote:Ya betul pak...temen saya mas Joko, lipo merk Art tech 3s1p 2200 mAh, charger merk dynam 2/3 cell. Saya sudah lihat motor dan sisa tas yang terbakar....ngeri juga melihatnya.....trauma mungkin saya kalo yang ngalamin itu saya sendiri....jadi ragu mau baterai lipo lagi.....
Apakah kalau lipo balance charger menjamin gak akan overcharge lagi? Ada yang punya pengalaman pake Dynam balancer chrger supermate?
Hiii....saya ngeri bayangin bapak lagi nusuk baterai lipo yanglagi ngglembung....bum!!!!bisa hangus itu jarinya Pak!
- Wind Raider
- FOUNDER
- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
Wind Raider wrote:Saya ngecarge pake wall charger ... Liponya Art Tech 2S 1800mAh .
Biasanya saya kalo ngecharge ( cr tradisional) dengan pegang2 baterainya udah hangat apa belum . ... Tapi waktu itu berhubung lagi asyik surfing ; saya kelupaan ... Alhasil baterai menggelembung .... Krn baru dipake 2 x eman2 kalo dibuang ... Jadi saya tusuk aja ( tindakan yg sia2 ) .... Untung tidak terjadi apa2 ...
Kayaknya bat mas Joko short circuit pas lagi di dlm tas .
Utk berpergian bawa bat lipo ; sebaiknya jgn dicharge biarkan kosong aja .
Iwan21 wrote:Yg penting lagi kalo mau dibawa mesti pake kotak dari plastik atau kantong dan dipastiin enggak ada bahan dari logam dekat batere
irsansaputra wrote:Wind Raider wrote:Kayaknya bat mas Joko short circuit pas lagi di dlm tas.
100% tepat!!
Padahal kejadian tsb langka sekali. Tips saya jika satu saat membeli LIPO, mohon belilah yang memiliki Konektor warna putih pada LIPO tsb. Konektor tsb gunanya untuk balance charging. Namun setidaknya tanpa balance charger melalui konektor tsb kita bisa memeriksa tegangan per cell dengan menggunakan multi meter digital. Penting!!! Tegangan per cell toleransinya adalah 0.02Volt antar cell!! Jika udah sampe 0.04s angat ber-tendensi untuk meledak saat charging. Karena perbedaan yang cukup mengganggu.
Salam
Last edited by Wind Raider on 24 Jan 2007, 18:01, edited 2 times in total.
- Wind Raider
- FOUNDER
- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
Wind Raider wrote:Buat teman2 pengguna Lipo : Safety First !!!!!
Jangan sampai kejadian Tom Laureanno terjadi pada anda ( Baca artikelnya di : http://www.laureanno.com/RC/fire-pics.htm )
Before
After
Total Carnage..
p.s :
Si Laureno ini tidak menganjurkan pembaca agar tidak pake Lipo , dia cuman mengingatkan agar berhati2 .
Last edited by Wind Raider on 24 Jan 2007, 18:00, edited 1 time in total.
- Wind Raider
- FOUNDER
- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
tn wrote:Wind Raider wrote:Utk berpergian bawa bat lipo ; sebaiknya jgn dicharge biarkan kosong aja .
ini yg membuat saya gak tenang selama 1,5 jam dalam perjalanan pulang kmrn.saya bawa lipo 7 pcs (smuanya full chager) disimpan kedalam box trex dan di masukkan dlm bagasi. bayangan,in seandainya kejadian seperti yg pak joko alami........![]()
![]()
:night:
joko wrote:Hallo ini saya.... hendak melaporkan kronologis kejadiannya "TRAGEDI LYPO 3S1P"!, seperti yg sudah saya laporkan kpd pak Benny sesuai BAP-nya...![]()
24 mei 2006 13.15 Lypo secara fisik terlhat normal
13.20 ke parkir motor saya lepas accu, voltase menunjukan
13.25 Voltase Lypo 8.4 V
13.30 mulai Charging
14.30 cek voltase accu dan lypo, tidak berubah....mulai tam-
pak kecurigaan...
15.00 menghubungi pak Benny sbg pemilik, kenapa nih?
bilang "memang charging timenya lama..." tapi saya
katakan"kok sudah 1 jam gak nambah voltase barang
sedikit..?!" sabar aja, beliau bilang, 3 jaman... ok deh..
16.25 tampak tanda-tanda penggelembungan di cell yang
kanan dan kiri... bau menusuk..
16.30 cek tegangan, accu 12 V. Lypo 11 V, 10 detik kemu-
dian turu secara drastis kembali ke 8.4 V panas tidak
normal, hingga packing putus dan koneksi antar Cell
hampir lepas..
16.30 saya lakban Lypo, masukan ke tas, beresin accu dan
bersiap-siap pulang ke rumah.
16.55 diseputar kemacetan didaerah jl.sultan agung jktpst, fi-
rasat tidak enak, sedikit saya naik trotoar, (tujuan -
semula sih ngindarin kemacetan...he...he..nakal yah? )
16.58 BLEPP.... LYPO MELEDAK, pancaran apinya lebih dari
kompor gas, kurang dari nyala api las karbit, dalam 4
detik terjadi 5 titik api disekitar tas...kalang kabut
yang awalnya lalulintas macet, jadi tambah macet...
"ada apa pak, ada apa pak? pengguna jalan bertanya
tanya..." Batere kebakar.. saya jawab, untung gak ada
aparat lewat..(pak benny bilang), padahal 400 meter di
belakang saya adalah markas Provost (guntur). disang
ka teroris entar...
Begitulah BAP Tragedi Lypo yang bisa saya laporkan, untung ditaruh didalam tas, "cuman" setengah aset aeromodelling yang kesundut api, 2 bh esc, 2 bh motor, 1 bh NimH, 1 bh AVO meter, handphone, lypo charger, prop, dsb,... gak ditaruh digudang seperti pak Laureno.Tas dan isinya masih tersimpan, sampai sekarang belum saya beresin, karena menyedihkan sekali, ngomong-ngomong ESC kalau kepanggang rusak gak yah?
Last edited by Wind Raider on 24 Jan 2007, 18:03, edited 1 time in total.
- Wind Raider
- FOUNDER
- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
Wind Raider wrote:tn wrote:ini yg membuat saya gak tenang selama 1,5 jam dalam perjalanan pulang kmrn.saya bawa lipo 7 pcs (smuanya full chager) disimpan kedalam box trex dan di masukkan dlm bagasi. bayangan,in seandainya kejadian seperti yg pak joko alami........![]()
![]()
:night:
Sorry pak membuat Anda cemas hik hik hik .....
Iwan21 wrote:Salahnya dibawa pulang lagi Liponya, kan udah ada yg siap nampung ngurang2in resiko..saya , pak Darwin, pak Waone gak nolak tuh kalo diminta tolong nyimpenin Liponya sementara..., jadi enggak usah repot2 bawa ke bagasi.....
franky888 wrote:Wind Raider wrote:Saya ngecarge pake wall charger ... Liponya Art Tech 2S 1800mAh .
Biasanya saya kalo ngecharge ( cr tradisional) dengan pegang2 baterainya udah hangat apa belum . ... Tapi waktu itu berhubung lagi asyik surfing ; saya kelupaan ... Alhasil baterai menggelembung .... Krn baru dipake 2 x eman2 kalo dibuang ... Jadi saya tusuk aja ( tindakan yg sia2 ) .... Untung tidak terjadi apa2 ...
.
Normalnya hitungan nge-charge baterai yaitu kapasitas (mAH) x 1,5 / output charger (mAH), jadi misalnya lipo kita 800 mAH, sementara output chargernya 1000 mAH, jadi lamanya nge-charge yaitu 800 x 1,5 = 1200 / 1000 = 1,2 jam, usahakan jangan lebih... better less than over charge.
Soalnya saya juga pernah lagi nge charge lipo eh ketiduran, pagi-pagi udah jadi gembung, untung ga meledak... pheewww....saya juga punya alat charge baterai AA merk GP, itu bagus... kalau sudah penuh cut-off otomatis, jadi bisa ditinggal tidur semaleman, kalo charger untuk lipo yg punya fungsi kaya gitu apa ya? apakah prolux / triton bisa?
Last edited by Wind Raider on 24 Jan 2007, 18:11, edited 2 times in total.
- Wind Raider
- FOUNDER
- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
benny wrote:Setau saya men-charge batt lipo tidak boleh melebihi kapastas batt itu sendiri. Jadi kalau kapasitas 800, never use 1000 mAh. Dan kalau gak salah juga, Prolux yang warna hijau punya timer untuk tidak melewati 3 jam.
franky888 wrote:benny wrote:Setau saya men-charge batt lipo tidak boleh melebihi kapastas batt itu sendiri. Jadi kalau kapasitas 800, never use 1000 mAh. Dan kalau gak salah juga, Prolux yang warna hijau punya timer untuk tidak melewati 3 jam.
Soal perhitungan baterai itu saya dapat referensi dari teman pakarnya bateraitapi mungkin aja sih perhitungannya beda dgn baterai kita, btw heli-heli RTF yg sekarang yg sudah termasuk baterai dan charger, kapasitas chargernya 1000 mAh lho... padahal kapasitas baterai li-po nya cuma 800 mAh, apa settingan dari pabriknya yg salah? contohnya heli DragonFly #5 V4 atau Dragonfly #4 (e-hely #4)...
Last edited by Wind Raider on 24 Jan 2007, 18:17, edited 2 times in total.
- Wind Raider
- FOUNDER
- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
benny wrote:wah menarik juga informasinya, karena setiap saya membeli batt lipo selalu ada warningnya untuk tidak mencharge melebihi 1C.
coyo wrote:dari beberapa sumber ada yg mengatakan untuk nge-charge lipo maksimal 0.7C bahkan ada juga yg bilang max 0.5C
memang waktunya jadi lebih lama, tapi lebih aman dan bisa bikin batere lebih awet........
irsansaputra wrote:Maksimal 1C teman-teman. Tapi sebaiknya dibawah itu sedikit lah, sebagai Info bahwa LIPO tdk memiliki sifat seperti NiMH atau NiCAD, sehingga walaupun LIPO di charging dengan low Mah tidak akan memberikan gejala tidak penuh. Pokoknya jika semuanya berjalan baik selama proses charging sudah seharusnya LIPO tidak panas. Jika saat charging panas maka kurangi Arus Pengisian nya.
Yang terpenting periksalah senantiasa keseimbangan Voltage masing2 cell dalam toleransi 0.02Volt. Pengalaman saya jika per cell sudah terjadi Perbedaan Voltage senilai 0.04 Volt dari masing2 cell nya maka sudah seharusnya di balance kembali cell2 tsb.
Jadi LIPO jika Full charge seharusnya tegangannya 4.20 Volt (per Cell !!), nah kira2 jika mencapai 4.18 Volt maka seharusnya cell yang lain juga setidaknya Senilai. Jika terjadi selisih maka diperlukan pengisian per cell melalui Balance Connector (warna Putih pada LIPO). Pengisian dilakukan dengan mengubah Charger menjadi Posisi 1 Cell lalu dengan menggunakan JST konektor yang FEMALE (modifikasilah menjadi Male dengan cara memotong konektor tsb sehingga Pin nya keluar, sehingga bisa di colokkan pada Balance Connector yang terdapat pd LIPO).
Lakukan pengisian per Cell hingga penuh. Cara ini lebih aman dan setidaknya membuat Voltage masing2 Cell menjadi maksimal.
Moga2 Tips ini bermanfaat buat rekan-rekan pengguna LIPO.
Salam
Note: 3 Cell LIPO jika Full = 12.60 Volt, maka per Cell nya adalah 4.20Volt. Ingat kondisi ini bisa dicapai jika menggunakan charger LIPO, jika menggunakan charger yang di set LiION maka tidak bisa mencapai 12.60Volt, karena LiION memiliki Voltage Puncak sedikit dibawah LIPO
ayung wrote:Ngeri jua membayangkan kalo lipo sampe meledak seperti itu![]()
semboyan safety first ternyata berlaku juga untuk pemakai lipo nih![]()
Mas irsan, lipo 1700mah 20C punya ku mulai bunting nih, padahal udah dijaga mainnya gak lebih dari 5 menit / volt dibawah 11volt. Kelihatannya gak ada masalah dgn performance lipo, power motor juga ok, cuma sekarang liponya lbh cepat panas aja. sampai kapan lipo tersebut masih aman dipake ya?
Last edited by Wind Raider on 24 Jan 2007, 18:50, edited 1 time in total.
- Wind Raider
- FOUNDER
- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
irsansaputra wrote:Kalo udah mulai cepat panas itu tanda dari Internal Resistansi nya udah meningkat. Jadi tepatnya nilai C nya udah berkurang, yang seharusnya 20C mungkin sekarang tinggal 12C atau 10C kira-kira ceritanya begitu.
Jadi ceritanya selama panasnya masih bisa dipegang tangan sih masih ok, tapi kalo sekitar 2 detik aja tangan nggak bisa pegang berarti udah panas kelewatan tuh. Pada prakteknya biasanya power Heli berkurang pada saat jenuh dari LIPO tsb. Secara kira-kira (supaya sama persepsi) suatu LIPO masih aman kalo Panas nggak berlebihan, dan waspada kalo udah kelewat bunting jangan digunakan, karena takut meledak sehingga Heli pun bisa terbakar di udara. Tapi cerita singkatnya dulu saya punya LIPO yang hanya 10C, ceritanya sampe panas juga tuh LIPO, tapi tenaganya juga nge-drop jauh sekali, jadi barangkali karena lipo Ayung punya 20C sehingga walaupun LIPO tsb mulai berumur (karena pemakaian) tapi masih mampu menghandle Arus Listrik yang dibutuhkan Motor, dengan konsekwensi panas yang cukup tinggi pada LIPO tersebut.
Salam
franky888 wrote:Waduh kalo gitu settingan pabrik walkera error donk ya.... charger 1000mAh sementara kapasitas batt cuma 800mAH, pantesan aja sampe saat ini sudah menghabiskan 4 buah baterai li-po kupadahal masing2 batt umurnya ga lebih dari 1 bulan lho... bahkan yg terakhir bunting pada saat nge-charge baru jalan 15 menit'an dan umurnya baru 1 mingguan sejak beli baru....
(
Om Aris, minta tolong share infonya sedikit bole tdk? yg dimaksud maksimal nge-charge 1C, disarankan 0,7-0,8C itu apa ya? sorry ngga mudeng nih...
Iwan21 wrote:franky888 wrote:Om Aris, minta tolong share infonya sedikit bole tdk? yg dimaksud maksimal nge-charge 1C, disarankan 0,7-0,8C itu apa ya? sorry ngga mudeng nih...
Su-Kun Aris saya bantu jawab ya sedikit......
Gini om Franky, yg dimaksud 1C adalah kalo kapasitas batere 800mAh, maka maksimal arus pengsian adalah 800 mA, jadi nilai C = arus pengisian /kapasitas batere.
Jadi kalo 0.7C- 0.8C adalah 0.7x800 mA, gitu.
Jadi nilai C itu adalah nilai kapasitas batere (mA nya).
Utk charger bawaan Walkera sebenernya enggak erro2 banget sih , itu tipe fast charger yg arus pengisiannya diatas 1C (batere dipaksa penuh secepetnya dg resiko umur batere jadi pendek)
Baiknya sih kalo mau batere Lipo awet cari charger yg ada setting arus pengisian nya supaya aman, paling enggak cari charger yg bukan fast charge (arus pengisian fast charge umumnya diatas 1C, betul enggak om Aris ?) , kalo bisa lagi yg ada balancernya (saya sendiri belum punya dan sampe sekarang masih aman2 aja pake bikinan ST )
franky888 wrote:Iwan21 wrote:Baiknya sih kalo mau batere Lipo awet cari charger yg ada setting arus pengisian nya supaya aman, paling enggak cari charger yg bukan fast charge (arus pengisian fast charge umumnya diatas 1C, betul enggak om Aris ?) , kalo bisa lagi yg ada balancernya (saya sendiri belum punya dan sampe sekarang masih aman2 aja pake bikinan ST )
Oooooo.....(*sambil ngangguk2...)
Terima kasih banyak om Iwan atas penjelasannya, sekarang saya baru agak terang tentang bateraijadi kalau nge-charge dgn kapasitas 1C, apakah ada hitungan timernya? atau selama ini pake feeling aja?
Last edited by Wind Raider on 24 Jan 2007, 18:50, edited 1 time in total.
- Wind Raider
- FOUNDER
- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
irsansaputra wrote:Terima kasih om Iwan udah saling sharing
Jadi kalo menurut saya nggak usah bingung dengan masalah waktu deh, yang paling aman kita harus memiliki Multi Meter Digital (nggak perlu yang mahal2, saya sendiri pake merek Krisbow, atau ada juga bikinan Australia merek Constant cukup murmer).
Memang LIPO kalo di charge lebih dari 1C biasanya agak hangat, sebab standarnya di charging pada 1C saja. Jadi om Franky saya sarankan kalo nge-charge lebih aman sambil ditungguin aja, kemudian ukur Tegangannya kalo LIPO 3cell itu hitungan penuh adalah pada 12.60Volt. Jangan di lebihkan, kurang sedikit it's ok sebab LIPO tdk ada memory effect jadi bisa semau gue jika mau charging atau cabut. Hanya kalo nggak 12.60 Volt maka Flight time berkurang dikit sebab LIPO nggak penuh.
Salam
Snowman wrote:Iwan21 wrote:Gini om Franky, yg dimaksud 1C adalah kalo kapasitas batere 800mAh, maka maksimal arus pengsian adalah 800 mA, jadi nilai C = arus pengisian /kapasitas batere.
Kalo lipo 2200mA 20 C , pengisiannya pake arus berapa yang aman dan berapa lama, misalkan pake charger dengan selectability spt ini
"Output Current: 5 Position Selectable - 250mA, 500mA, 1A, 1.5A, 2A "
Iwan21 wrote:Snowman wrote:
Kalo lipo 2200mA 20 C , pengisiannya pake arus berapa yang aman dan berapa lama, misalkan pake charger dengan selectability spt ini
"Output Current: 5 Position Selectable - 250mA, 500mA, 1A, 1.5A, 2A "
Karena nilai C=2200mA, atau 2,2 Amp, maka masih aman diset di posisi arus charging maksimum (2 Amp) om...( masih 2/2,2 C = 0.9 C ), artinya dalam 1 jam udah penuh ( itu kalo batere betul2 kosong, kalo kondisi realnya mah enggak bener2 kosong)...gitu Om...
franky888 wrote:Saya coba kirim e-mail ke Walkera langsung mengenai nge-charge maksimal 1C, tapi mereka malah bls sbb :The charging principle for the drive battery is a little different. There is no problem to charge the 800mAh Li-Po battery pack by 1000 mAh charger. Actually, our technicians in the Limit Test Room use 3C charger to charge a 270mAh Li-Po pack and nothing happens.
Best wishes,
Service Center
Walkera Technology
website: www.walkera.com
email: info@walkera.com
Tau ah jadi bingung... yg pasti nge-charge maksimal 1C sih lebih masuk akal buat saya, btw batt kmrn yg sempet bunting, semalem saya coba disimpan dibawah ac, pagi-pagi sudah kempes dan kembali semula... coba di charge sambil ditungguin (takut ngembung lagi...) setelah 30 menit cabut dan test pake multitester cell1=4,10v & cell2=4,09v, ditest terbang ternyata normal lho... masih bisa hover 10 menit'an... kl diterusin ini bahaya ga ya?
Last edited by Wind Raider on 24 Jan 2007, 18:51, edited 1 time in total.