Dicari..........!!!!

Berbagi kisah aeromodelling ( pengalaman pertama , crash , aneh tapi nyata )

Moderators: NF, nyonk

Forum rules
Room Cerita Kita dimaksudkan untuk berbagi cerita mengenai kisah menarik dalam menekuni hobby aeromodelling .
Jangan ada topik lain seperti : survey , review , salam perkenalan dll .
Thread yang terlalu singkat , akan dihapus atau dipindah ke room latihan posting .
Persiapkan Thread Anda dengan baik dan menarik . Selamat berbagi cerita .
User avatar
Gito
trainee
trainee
Posts: 12
Joined: 17 Jun 2007, 08:46
Location: Bandung Utara
Contact:

Dicari..........!!!!

Post by Gito »

bagi siapa saja yang menemukan propeler WD Sportster warna hitam di seputar lokasi lapangan softball UPI mohon menghubungi pilot terdekat :)) :))

kronologis kejadian dikarenakan udah kebelet terbang di sore hari dan akhirnya armada nyunksruk di pohon depan asrama PGTK UPI akibat terlalu nafsu dan kehilangan kendali...... yang berakibat lepasnya landing gear dan propeler. untungnya sayap sudah dilakban dan dinyatakan selamat. tapi sayangnya propeler tidak diketemukan karena sudah petang dan lokasi sudah dinyatakan sepi dan gelap sehingga pencarian dihentikan.

demikian pilot yang pengen belajar terbang melaporkan dari lokasi asrama PGTK UPI Bandung.

#-o ](*,) ](*,) ](*,) ](*,) ](*,) ](*,) #-o
User avatar
sudjai sarmo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 517
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Apakah sudah disiarkan di radio terdekat? Atau pasang iklan di TV biar cepat didapat propellernya.
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2278
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Post by Wind Raider »

@gito : kalau sering crash ada baiknya latihan di simulator dulu pak .
User avatar
Gito
trainee
trainee
Posts: 12
Joined: 17 Jun 2007, 08:46
Location: Bandung Utara
Contact:

Post by Gito »

@ Pak Dja'i : sudah pak, cuman sayangnya TV lokalnya lom Siaran

@ Pak WR : Kalo di simulator udah lumayan pede pak, gak crash bahkan bisa muter2 di atas sampe jungkir balik, sampe landing dengan smooth, tapi kenyataan dilapangan emang lain pak

Rgds
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2278
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Post by Wind Raider »

Sedikit sharing pak Gito :
1. Waktu belok jangan terlalu tajam ; angkat elevator sedikit waktu berbelok .
2. Jangan terbang terlalu jauh krn akan disorientasi .
3. Gerakan stick terutama aileron jangan terlalu extrem ; mata konsen ke psw bukan ke remote .
4. Jangan terus2an full throttle ; kurangi speed sedikit sehingga pesawat tidak terlalu laju dan agresif
5. Landing melawan arah angin
6 Lakukan precheck sebelum terbang

p.s:
Sportster bukan untuk beginner pak karena tanpa hedral ( sayapnya datar ) .
User avatar
Gito
trainee
trainee
Posts: 12
Joined: 17 Jun 2007, 08:46
Location: Bandung Utara
Contact:

Post by Gito »

1. Waktu belok jangan terlalu tajam ; angkat elevator sedikit waktu berbelok .
>> kalau ini emang agak susah kalo di lapangan, soalnya seringnya panik duluan, jadi main belok aja

2. Jangan terbang terlalu jauh krn akan disorientasi .
>> hehehehe..... lom pernah terbang ampe jauh om, paling 200 - 300 meteran mau belok tapi malah nyuksruk

3. Gerakan stick terutama aileron jangan terlalu extrem ; mata konsen ke psw bukan ke remote .
>> ekstremnya itu spontan, pengennya seh pelan2 tapi biasanya panik duluan soalnya lapangannya gak terlalu gede jadi harus sering2 belok, kalo mata seh selalu konsen ke pesawat.

4. Jangan terus2an full throttle ; kurangi speed sedikit sehingga pesawat tidak terlalu laju dan agresif
>>nahh kalo full throttle, ini yang baru dapat masukan, terima kasih deh masukannya, nanti sore saya praktekin lagi deh. masih di charge baterainya.

5. Landing melawan arah angin
>> hehehehehe............ lom pernah landing smooth kalo di lapangan , pasti nyuksruk kalo enggak nyangkut di pohon kaya' kmarin :)

6 Lakukan precheck sebelum terbang
>> pastinya om

p.s:
Sportster bukan untuk beginner pak karena tanpa hedral ( sayapnya datar )

>> soalnya nanggung om kalo pake yang 3 channel, malah sekarang lagi punya cita2 ngumpulin perlengkapan heli, lagi cari remotenya dulu aja, biar main di simulator dulu, kalo pake FMS helinya kurang seru ( perasaan seh, soalnya cuman 4 channel ).


Terima kasih atas saran2 nya om WR,
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2278
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Post by Wind Raider »

200 - 300 mtr berarti 2 - 3 kali panjang lapangan bola ; sudah lumayan jauh pak .
Masalahnya pas jauh kita , kalau beloknya nervous malah jadi berputar tambah jauh ,akhirnya loss orientation , akhirnya ... ahhhhhhhhh ... gedubrak .. ( hihihi pengalaman pribadi waktu mula2 nerbangin WD ) .
Jika Anda sudah familiar dengan WD , maennya cukup satu lapangan bola dengan ketinggian 1-2 mtr ; terbang pelan pelan aja

p.s:
Kalau masih gagal dengan sayap merah , bisa beli sayap kuning dulu buat latihan .
User avatar
Redblur
Captain
Captain
Posts: 1654
Joined: 01 Apr 2007, 19:48
Location: Cinere
Contact:

Post by Redblur »

jangan bilang radio art tech.........asli WD

tadi di cinere ADA YG MAIN wd Melintas di atas saya(pesawatnya)

saat itu saya sedang bermain bersama


langsung WD loss control.......padahal Freq jauh beda

aku 72.950 dia 72.810 hhihiihi
User avatar
Gito
trainee
trainee
Posts: 12
Joined: 17 Jun 2007, 08:46
Location: Bandung Utara
Contact:

Post by Gito »

walah, mengerikan juga neh, tapi kok bisa yah ? terbangnya kejauhan kaleee.....

smoga aja sore ini terbang lagi dan pulang membawa berita yang menggembirakan deh, doa'in yah


rgds
User avatar
Gito
trainee
trainee
Posts: 12
Joined: 17 Jun 2007, 08:46
Location: Bandung Utara
Contact:

Post by Gito »

@WR
kalo sampe 3 kalinya seh enggak pak, cuman paling 1 lapangan bola nambah sedikit, soalnya lapangan softball kan lebih kecil pak.

kalo pake sayap kuning artinya kabel servo ke sayap gak dipasang ya pak ? atau beli lagi :D


ps: untungnya ada co pilot yang selalu setia ngambilin pesawat kalo terjadi nyungsruk :)
Post Reply