
GedE - Special Edition 2
- justinus
- Second Lieutenant
- Posts: 1224
- Joined: 03 Apr 2007, 15:53
- Location: Surabaya
Re: GedE - Special Edition 2
Om Doms mesti banyak belajar dari mas Dimas nih, jangan asal main potong aja. 

- MrDoms
- Second Lieutenant
- Posts: 1078
- Joined: 18 Jan 2007, 13:50
- Location: Pekanbaru
Re: GedE - Special Edition 2
DIMAS wrote:Doms wrote:tapi mau nanya lagi nih, itu sayap yang pakai foam core dan lapis balsa untuk katana 50cc beratnya berapa sih mas? termasuk pipa aluminumnya
Standart berat ideal Ready To Fly utk pesawat (utk pesawat bisa hover = aerobatic 3 D) :
-50cc = 8 kg
-100cc = 14 kg
-150cc = 18 kg
dan berat sayap lebih kurang 20% = 1/5 berat total.
Salam...
thanks pencerahannya....
@Om Just: iya nih... main embat saja... hehehe
- MrDoms
- Second Lieutenant
- Posts: 1078
- Joined: 18 Jan 2007, 13:50
- Location: Pekanbaru
Re: GedE - Special Edition 2
mau up date lagi nih.... setelah operasi sedot lemak... hehehe..
Tekniknya sih mudah cuma berhubung peralatan pas-pasan, sedot lemak dilakukan dengan extra hati2...
Triknya sebagai berikut:
Pertama sekali, dibikin lobang untuk memasukkan batang aluminum sepanjang 1 meter untuk sebelah sayap. Lobang dibuat dengan menggunakan hotwire. Untuk memasukkan wire, digunakan kawat baja sepanjang 1 meter lebih ditusukkan pelan2 agar lurus sampai ke bagian ujung dengan lurus. Setelah itu baru arus listrik di onkan...
Setelah lobang terbentuk dengan ukuran yang pas dengan batang aluminum, baru batang penguat sepanjang 1 meter dimasukkan setelah sebelumnya dioleskan lem...

Tekniknya sih mudah cuma berhubung peralatan pas-pasan, sedot lemak dilakukan dengan extra hati2...
Triknya sebagai berikut:
Pertama sekali, dibikin lobang untuk memasukkan batang aluminum sepanjang 1 meter untuk sebelah sayap. Lobang dibuat dengan menggunakan hotwire. Untuk memasukkan wire, digunakan kawat baja sepanjang 1 meter lebih ditusukkan pelan2 agar lurus sampai ke bagian ujung dengan lurus. Setelah itu baru arus listrik di onkan...
Setelah lobang terbentuk dengan ukuran yang pas dengan batang aluminum, baru batang penguat sepanjang 1 meter dimasukkan setelah sebelumnya dioleskan lem...

- MrDoms
- Second Lieutenant
- Posts: 1078
- Joined: 18 Jan 2007, 13:50
- Location: Pekanbaru
Re: GedE - Special Edition 2
Selelah batang aluminum diameter 3/4" masuk, baru kemudian dilakukan operasi sedot lemak.... ini penting agar resiko kemungkinan patah wing akibat sedot lemak tidak terjadi.
Sedot lemak dilakukan dengan metoda yang sama dengan teknik melubangi foam untuk batang aluminum
berikut hasilnya:

Gerowong full sampai ujung....

Sedot lemak dilakukan dengan metoda yang sama dengan teknik melubangi foam untuk batang aluminum
berikut hasilnya:

Gerowong full sampai ujung....

- MrDoms
- Second Lieutenant
- Posts: 1078
- Joined: 18 Jan 2007, 13:50
- Location: Pekanbaru
Re: GedE - Special Edition 2
Walaupun ada beberapa gerowong di tengah sayap, namun kekuatannya masih dapat diandalkan...
Tidakpuas lagi, penurunan berat masih dilakukan dengan membuat lubang2 dari bagian atas sayap seperti berikut...

hasilnya berat total sayap termasuk batang aluminum 2 meter adalah 1.1 kg... masih besar harapan saya untuk menggunakan enjin 91 untuk pesawat ini... moga2 berat total nanti tidak lebih dari 4.5 kg...
Tidakpuas lagi, penurunan berat masih dilakukan dengan membuat lubang2 dari bagian atas sayap seperti berikut...

hasilnya berat total sayap termasuk batang aluminum 2 meter adalah 1.1 kg... masih besar harapan saya untuk menggunakan enjin 91 untuk pesawat ini... moga2 berat total nanti tidak lebih dari 4.5 kg...
- sukmana
- Senior Airman
- Posts: 114
- Joined: 26 Jul 2007, 14:43
- Location: madiun
Re: GedE - Special Edition 2
wuih... spesialis hotwire...
bisa juga bikin lobang kayak itu...

bisa juga bikin lobang kayak itu...



- DIMAS
- Senior Master Sergeant
- Posts: 512
- Joined: 28 Dec 2008, 19:50
- Location: Ciputat
Re: GedE - Special Edition 2
Doms wrote:Walaupun ada beberapa gerowong di tengah sayap, namun kekuatannya masih dapat diandalkan...
Tidakpuas lagi, penurunan berat masih dilakukan dengan membuat lubang2 dari bagian atas sayap
hasilnya berat total sayap termasuk batang aluminum 2 meter adalah 1.1 kg... masih besar harapan saya untuk menggunakan enjin 91 untuk pesawat ini... moga2 berat total nanti tidak lebih dari 4.5 kg...
Jangan lupa posisi lubang jangan menggangu potongan utk aileron.
Klo dari gambar, sepertinya garis potong utk aileron agak terganggu.
Salam...
- MrDoms
- Second Lieutenant
- Posts: 1078
- Joined: 18 Jan 2007, 13:50
- Location: Pekanbaru
Re: GedE - Special Edition 2
DIMAS wrote:Jangan lupa posisi lubang jangan menggangu potongan utk aileron.
Klo dari gambar, sepertinya garis potong utk aileron agak terganggu.
Salam...
whayaoww.... masih juga main embat... maklumlah... hehehehe...
garis potong maksudnya apa suhu? saya rencana aileron pakai hinge engsel itu (hinge atau clevis ya istilahnya??).
Aileron nanti saya bikin dari gabus tebal 2 cm dan dipotong menipis pada bagian ujungnya. Jadi total wing cord-nya nanti bertambah paling tidak 10 cm lagi untuk sebagai aileron. Jadi wingnya bener2 gede suhu...
engselnya nanti saya lemkan pakai lem kingkong itu...
- AgoesAurelz
- First Lieutenant
- Posts: 1315
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Re: GedE - Special Edition 2
memang om satu ini adalah Home mader sejati...
Usaha keras anda patut diacungi... hot wire...
lanjutkan om.... may the force be with you...




Usaha keras anda patut diacungi... hot wire...

lanjutkan om.... may the force be with you...

- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: GedE - Special Edition 2
Doms wrote:
whayaoww.... masih juga main embat... maklumlah... hehehehe...
garis potong maksudnya apa suhu? saya rencana aileron pakai hinge engsel itu (hinge atau clevis ya istilahnya??).
Aileron nanti saya bikin dari gabus tebal 2 cm dan dipotong menipis pada bagian ujungnya. Jadi total wing cord-nya nanti bertambah paling tidak 10 cm lagi untuk sebagai aileron. Jadi wingnya bener2 gede suhu...
engselnya nanti saya lemkan pakai lem kingkong itu...
asumsi om Dimas aileron motong dari bagian sayap, kalo ternyata aileron terpisah dan gak motong dari sayap diatas, ya gak masalah dg garis potongnya