Redblur wrote:Knife edge atau pesawat terbang miring
bagus om RJB, udah bisa Cobra...padahal gak thurst vectoring loh
Loh ?., ada thrust vector nya itu Bloer..simple thrust vectoring alias thrust deflection...kan sama aja prinsipnya yaitu membelokkan aliran udara dari prop oleh control surface (elevon)
waduh... kok saya gak mudeng dengan bahasanya ya...
om iwan bersediakah menjelaskan kepada saya tentang istilah: 1.thrust vector 2.thrust deflection
rachmatjeny wrote: waduh... kok saya gak mudeng dengan bahasanya ya...
om iwan bersediakah menjelaskan kepada saya tentang istilah: 1.thrust vector 2.thrust deflection
terimakasih banyak be4
Intinya keduanya adalah cara untuk memebelokan semburan jet/prop . 1. Thrust vector, yg dirubah2 adalah sudut semburan jet dg cara exhaust nozzle nya di dibelokin kiri - kanan - atas - bawah 2. Thrust deflection , dibelakang semburan jet/prop dikasih bilah2 pembelok, contoh yg diaplikasiin di F-22 ini adalah arah semburan prop di belokin oleh control surface elevon
nah karena ini F-22 van Depok udah bisa manuper Kobra, maka utk ngadepinnya, Mig-29 MGT-2 kudu punya manuper tandingan..yaitu :
JURUS ULAR IJO MATOK MANGSA DARI ATAS PU'UN
(karena kobra kalo udah bediri, kagak bisa matok keatas, cuman matok kedepan atawa kebawah...makanya misti dilawan dg cara patok dari atas hehehehehehe
rachmatjeny wrote:hari ini test terbang lagi... ternyata permasalahan suka melintir karena sudut kemiringan aileron terlalu besar... setelah di kecilin setting sudutnya jadi enak tenan... terbang 1/2 jengkal dari tanah juga oke hehehe....
gak jadi dech mengaktifkan aileron di sayap
thx untuk semua suhu yang sudah memberikan support dan masukkan
yah buat cobra susah donk....hehehehehehhe.....
@beta_james: maksudnya kalo belok paling nggak posisi pesawat harus miring 90º.....kalo kira2 cuman 45º pesawatnya ad tendency utk nglawan kearah sbaliknya atau malah nanjak vertikal....apalagi kalo powernya kurang....hampir pasti mlintir....kalo ada rudder sepertinya bakal lebih enak....
rachmatjeny wrote:hari ini test terbang lagi... ternyata permasalahan suka melintir karena sudut kemiringan aileron terlalu besar... setelah di kecilin setting sudutnya jadi enak tenan... terbang 1/2 jengkal dari tanah juga oke hehehe....
gak jadi dech mengaktifkan aileron di sayap
thx untuk semua suhu yang sudah memberikan support dan masukkan
yah buat cobra susah donk....hehehehehehhe.....
ooo.. untuk bisa cobra sudutnya harus besarya??? wah brarti rimot harus buru2 di aktipi D/R nya nich....
iwan21 wrote:nah karena ini F-22 van Depok udah bisa manuper Kobra, maka utk ngadepinnya, Mig-29 MGT-2 kudu punya manuper tandingan..yaitu :
JURUS ULAR IJO MATOK MANGSA DARI ATAS PU'UN
(karena kobra kalo udah bediri, kagak bisa matok keatas, cuman matok kedepan atawa kebawah...makanya misti dilawan dg cara patok dari atas hehehehehehe
om iwan itu ekor pesawatnya lurus.. gak seperti f22 yang agak miring kanan-kiri... kira2 apa perbedaan karakternya? (maklum kalo saya kan cuma copy paste aja... )
rachmatjeny wrote:hari ini test terbang lagi... ternyata permasalahan suka melintir karena sudut kemiringan aileron terlalu besar... setelah di kecilin setting sudutnya jadi enak tenan... terbang 1/2 jengkal dari tanah juga oke hehehe....
gak jadi dech mengaktifkan aileron di sayap
thx untuk semua suhu yang sudah memberikan support dan masukkan
Ini yang saya maksudkan Om...........hahahahahahahahaha.....dah bener deh........
Besarnya sudut/bukaan dari aileron sangat sensitif Om.........................
eidri wrote:@beta_james: maksudnya kalo belok paling nggak posisi pesawat harus miring 90º.....kalo kira2 cuman 45º pesawatnya ad tendency utk nglawan kearah sbaliknya atau malah nanjak vertikal....apalagi kalo powernya kurang....hampir pasti mlintir....kalo ada rudder sepertinya bakal lebih enak....
rachmatjeny wrote:om iwan itu ekor pesawatnya lurus.. gak seperti f22 yang agak miring kanan-kiri... kira2 apa perbedaan karakternya? (maklum kalo saya kan cuma copy paste aja... )
waduuhhh??, kalo yg ini ilmu aye belom sampe om..mohon maaf gak bisa jelasin..
rachmatjeny wrote:hari ini test terbang lagi... ternyata permasalahan suka melintir karena sudut kemiringan aileron terlalu besar... setelah di kecilin setting sudutnya jadi enak tenan... terbang 1/2 jengkal dari tanah juga oke hehehe....
gak jadi dech mengaktifkan aileron di sayap
thx untuk semua suhu yang sudah memberikan support dan masukkan
Ini yang saya maksudkan Om...........hahahahahahahahaha.....dah bener deh........
Besarnya sudut/bukaan dari aileron sangat sensitif Om.........................
hehehe... kemarin saya berfikir sudut segini aja masih susah belok... tapi pas di tanya sudut jadi mikir lagi dan test pake sudut kecil ternyata oke....