SOLUSInya cuma potong HORN SERVO yg menyentuh CANOPI...kemaren CANOPY saya PASANG DUDUKAN barujadi lebih masuk ke dalam..tanpa saya sadari saat idleup lengan servo sisi lainnya menyentuh canopi
dan sudah saya tes...HELI anteng saat IDLE UP dan saya set ulang pitchnya
maksih semua yg TERLIBAT.. atas saran dan masukannya kayanya si KNIGHT butuh servo cyclic baru yg lebih kuat sementara masih pke dari jaman pak sahid 3001
Mas..jujur..selama saya nerbangin heli...soal servo horn yg menyentuh canopy...tidak begitu memberi pengaruh yg signifikan dg kasus Anda...mungkin saya salah...tapi ya...hehehhe...ntahlah...buat saya ini malah ga ada sangkut pautnya...krn secara logika saja...jika ada salah satu mekanisme servo yg tertahan sesuatu..misalkan neh..contoh kasus yg perna saya alami sendiri...internal mekanis servo gagal, krn terpeleset dan macet...heli malah akan bertendensi untuk mengarah ke satu arah saja saat hover normal, itu adalah kasus paling parah yg saya alami, dan wajar, satu servo terkunci ...kalo cm tertahan canopy..3 servo cyclic dg torque masing2 yah sekitar 9-13 kg, dan nampaknya ketiganya bekerja dg baik, melakukan aksi secara bersamaan..masa ya 3 servo masi kalah dg canopy ya, kalo cm menyentuh sisi canopy gitu..???.. Bahkan pd heli non-CCPM sekalipun...kalo yg saya jumpai malah...heli terasa lamban..krn satu servo cyclic kurang cepet speednya....ini sekali lagi adalah heli non-CCPM...yg perna saya alami...heli bukan liar..malah lemot pd salah satu/dua fungsi saja....malah jauh dr urusan canopy..hehehehe...
Yang masi jadi tanda tanya buat saya sampe dg saat ini, bagaimana karakter heli saat IDLE dan pd saat Anda melakukan kontrol input apa utk meng-counter arah heli (yg Anda anggap saat itu tidak wajar...)
Tapi sekali lagi...mungkin saya salah de...ampun..nyeraaah...
SOLUSInya cuma potong HORN SERVO yg menyentuh CANOPI...kemaren CANOPY saya PASANG DUDUKAN barujadi lebih masuk ke dalam..tanpa saya sadari saat idleup lengan servo sisi lainnya menyentuh canopi
Mas..jujur..selama saya nerbangin heli...soal servo horn yg menyentuh canopy...tidak begitu memberi pengaruh yg signifikan dg kasus Anda...mungkin saya salah...tapi ya...hehehhe...ntahlah...buat saya ini malah ga ada sangkut pautnya...krn secara logika saja...jika ada salah satu mekanisme servo yg tertahan sesuatu..misalkan neh..contoh kasus yg perna saya alami sendiri...internal mekanis servo gagal, krn terpeleset dan macet...heli malah akan bertendensi untuk mengarah ke satu arah saja saat hover normal, itu adalah kasus paling parah yg saya alami, dan wajar, satu servo terkunci ...kalo cm tertahan canopy..3 servo cyclic dg torque masing2 yah sekitar 9-13 kg, dan nampaknya ketiganya bekerja dg baik, melakukan aksi secara bersamaan..masa ya 3 servo masi kalah dg canopy ya, kalo cm menyentuh sisi canopy gitu..???.. Bahkan pd heli non-CCPM sekalipun...kalo yg saya jumpai malah...heli terasa lamban..krn satu servo cyclic kurang cepet speednya....ini sekali lagi adalah heli non-CCPM...yg perna saya alami...heli bukan liar..malah lemot pd salah satu/dua fungsi saja....malah jauh dr urusan canopy..hehehehe...
Yang masi jadi tanda tanya buat saya sampe dg saat ini, bagaimana karakter heli saat IDLE dan pd saat Anda melakukan kontrol input apa utk meng-counter arah heli (yg Anda anggap saat itu tidak wajar...)
Tapi sekali lagi...mungkin saya salah de...ampun..nyeraaah...
salam, Budiman
mas Zaki: berarti wktu ceklek tombol idle swashplate jadi berubah kan???? Udha Budiman: sante dha berarti waktu di idle swashplate jadi miring...ini yg bikin heli g' stabil...baa dapek satabil la miring....jadi bukan karena horn "salam tempel"ma canopy
SOLUSInya cuma potong HORN SERVO yg menyentuh CANOPI...kemaren CANOPY saya PASANG DUDUKAN barujadi lebih masuk ke dalam..tanpa saya sadari saat idleup lengan servo sisi lainnya menyentuh canopi
Mas..jujur..selama saya nerbangin heli...soal servo horn yg menyentuh canopy...tidak begitu memberi pengaruh yg signifikan dg kasus Anda...mungkin saya salah...tapi ya...hehehhe...ntahlah...buat saya ini malah ga ada sangkut pautnya...krn secara logika saja...jika ada salah satu mekanisme servo yg tertahan sesuatu..misalkan neh..contoh kasus yg perna saya alami sendiri...internal mekanis servo gagal, krn terpeleset dan macet...heli malah akan bertendensi untuk mengarah ke satu arah saja saat hover normal, itu adalah kasus paling parah yg saya alami, dan wajar, satu servo terkunci ...kalo cm tertahan canopy..3 servo cyclic dg torque masing2 yah sekitar 9-13 kg, dan nampaknya ketiganya bekerja dg baik, melakukan aksi secara bersamaan..masa ya 3 servo masi kalah dg canopy ya, kalo cm menyentuh sisi canopy gitu..???.. Bahkan pd heli non-CCPM sekalipun...kalo yg saya jumpai malah...heli terasa lamban..krn satu servo cyclic kurang cepet speednya....ini sekali lagi adalah heli non-CCPM...yg perna saya alami...heli bukan liar..malah lemot pd salah satu/dua fungsi saja....malah jauh dr urusan canopy..hehehehe...
Yang masi jadi tanda tanya buat saya sampe dg saat ini, bagaimana karakter heli saat IDLE dan pd saat Anda melakukan kontrol input apa utk meng-counter arah heli (yg Anda anggap saat itu tidak wajar...)
Tapi sekali lagi...mungkin saya salah de...ampun..nyeraaah...
salam, Budiman
mas Zaki: berarti wktu ceklek tombol idle swashplate jadi berubah kan???? Udha Budiman: sante dha berarti waktu di idle swashplate jadi miring...ini yg bikin heli g' stabil...baa dapek satabil la miring....jadi bukan karena horn "salam tempel"ma canopy
onde mande...paniang kapalo rasonyo...ba'a sabananyo masalah jo heli ko????
ampuunn pak budiman...hehehe...malah bikin puyeng ya...hehe
. HELI yg sy pake KNIGHT dan masih pake SERVO 3001 ( klo ga salah torque 3 kg)....hehe.. . setelah masukan yg begitu buanyak dan ditail dari pak budiman ditambah pak sahid n lainnya.... akhirnya memunculkan kemungkinan2 yg harus sy lakukan dan d coba 1 per 1......setelah di coba 1 per 1 akhirnya sampai pd pengecek.an PERUBAHAN POSISI SERVO HORN pd saat di idleUP...ternyata ada bagian aervo horn yg menekan CANOPY ( jadi sy perbaiki bentuk horn yg menCIUM CANOPI tsb) dan saya NAIKAN CURVE TROTLE posisi PITCH 0 menjadi 90%..
. Alhamdulillah setelah di coba idle..heli stabil seperti normal flight.. . .dan akhirnya saya ucapkan bnyak2 terimakasih kepada pak budiman.pak sahid dan lainnya...masukan anda sangat membuka pengetahuan sy seputar problem heli dan set TX....... . .jgn kapok yg pak.... maap klo bikin puyeng...hehe salam. ibnu zaki
Last edited by zaki on 12 Jun 2010, 23:53, edited 3 times in total.