
Ada apa dengan CAP 232 saya?
- toto
- Brigadier General
- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: Ada apa dengan CAP 232 saya?
wah uwak suhu iwan21 jangan begitu dunk ............ saya kan cuman coba menterjemahkan dari buku dan ame ngeliat doang ngelakukkan sendiri belon pernah karena udah ngeri duluan ame teori dan juga ngeliat ame ape nyang udah keliatan .............. abis itu juga ame udah ngaku dah aye kalau Latency aye emang parah dah ............. jadi dari pade dari pade nerbangin aje yang pasti2 ane bisa terbangin dah padahal ini aje masih aje cilaka ............. 

- Kiki_54
- First Lieutenant
- Posts: 1448
- Joined: 26 Oct 2007, 20:08
- Location: Cirebon
- Contact:
Re: Ada apa dengan CAP 232 saya?
Oom Dindin, Oom Toto Oom Roji.......... terimakasih pencerahannya...........memang sebelumnya saya gak tau gimana itu karakter pesawat..............semua masukan ini akan dijadikan bekel untuk maiden ke 2 nanti setelah Cowl selesai reapir.
Oom Ipin............saya akan coba berlatih lagi di simulator sebelum maiden ke 2
Waktu beli seh saya nyari pesawat yang gak liar dan mudah diterbangkan,...........dapatnya itu saya bawa aja lalu saya rakit...........
Insya Allah saya akan berusaha untuk menaklukan itu pesawat.
Sementara CAP 232 selesai repair, saya ada rencana beli T34 Mentor/Mentor 40, mohon penjelasan dari para suhu apa bedanya TWM T34 Mentor(Di Surabaya Hobby) dengan TWM Mentor 40 (di Justplane Aeromodeling)? saya melihat spec dan gambarnya di Web kedua HS tersebut sama.
Selain itu apakah cocok untuk saya? dan bagaimana karakternya? dulu saya pernak punya Super Sport 40 dan pernah punya Escape engine 46-55 uenak banget, tapi lama2 terbangnya membosankan cuman bisa ngerol, ngeloop, imperted....gak bisa berdili gak bisa knife enge (gaya yah maunya saya..hahahaha)..........
Oom Ipin............saya akan coba berlatih lagi di simulator sebelum maiden ke 2
Waktu beli seh saya nyari pesawat yang gak liar dan mudah diterbangkan,...........dapatnya itu saya bawa aja lalu saya rakit...........
Insya Allah saya akan berusaha untuk menaklukan itu pesawat.
Sementara CAP 232 selesai repair, saya ada rencana beli T34 Mentor/Mentor 40, mohon penjelasan dari para suhu apa bedanya TWM T34 Mentor(Di Surabaya Hobby) dengan TWM Mentor 40 (di Justplane Aeromodeling)? saya melihat spec dan gambarnya di Web kedua HS tersebut sama.
Selain itu apakah cocok untuk saya? dan bagaimana karakternya? dulu saya pernak punya Super Sport 40 dan pernah punya Escape engine 46-55 uenak banget, tapi lama2 terbangnya membosankan cuman bisa ngerol, ngeloop, imperted....gak bisa berdili gak bisa knife enge (gaya yah maunya saya..hahahaha)..........
- AgoesAurelz
- First Lieutenant
- Posts: 1315
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Re: Ada apa dengan CAP 232 saya?
Share dikit ya om...
Saya sudah cukup lama pake Cap 232 dari yg electric, kelas 46, hingga yg Giant... semuanya enak... dan semuanya pernah jatuh!
Karakter Cap232 sebenarnya cukup forgiving kok om... CAP 232 saya juga pernah stall dan jatuh... memang harus di maintance powernya om... kalo untuk terbang pelan asal power cukup dan arah/kec anginnya bagus ya ngga masalah...
Dan mohon diingat... Crash/Jatuh itu sangat banyak faktornya om... kadang kejadiannya bak "reaksi kimia" dan juga berlangsung cuman sekejab mata.... kadang pilot kalo crash jadi sok teu, teori keluar, salahin ini-itulah..... (biasa cari kambing hitam)... padahal penyebabnya ya cuman "jempol" aja sebenarnya... hehe....
saya jujur aja seringkali pswt saya jatuhpun, dan itu rata-rata "jempol" penyebabnya (kurang gesit, telat respon, orientasi)... dan utk beberapa kasus kadang-kadang sy cuman bisa menduga-duga penyebab pastinya....unknown...
Sekarang ini saya hampir tiap hari (kalo cerah) terbang... jangan tanya soal jatuh (crash,hardlanding dll)... utk latihan hover dan torque roll aja udah ngga kehitung crashnya, walaupun kadang jg ngga keras... dah bosen kalo aku mau cerita detaillnya (soale wes kekerepen)... hehe....
Perbaiki lagi dan terbangin om... yg penting Don't give up....

Saya sudah cukup lama pake Cap 232 dari yg electric, kelas 46, hingga yg Giant... semuanya enak... dan semuanya pernah jatuh!
Karakter Cap232 sebenarnya cukup forgiving kok om... CAP 232 saya juga pernah stall dan jatuh... memang harus di maintance powernya om... kalo untuk terbang pelan asal power cukup dan arah/kec anginnya bagus ya ngga masalah...
Dan mohon diingat... Crash/Jatuh itu sangat banyak faktornya om... kadang kejadiannya bak "reaksi kimia" dan juga berlangsung cuman sekejab mata.... kadang pilot kalo crash jadi sok teu, teori keluar, salahin ini-itulah..... (biasa cari kambing hitam)... padahal penyebabnya ya cuman "jempol" aja sebenarnya... hehe....

saya jujur aja seringkali pswt saya jatuhpun, dan itu rata-rata "jempol" penyebabnya (kurang gesit, telat respon, orientasi)... dan utk beberapa kasus kadang-kadang sy cuman bisa menduga-duga penyebab pastinya....unknown...

Sekarang ini saya hampir tiap hari (kalo cerah) terbang... jangan tanya soal jatuh (crash,hardlanding dll)... utk latihan hover dan torque roll aja udah ngga kehitung crashnya, walaupun kadang jg ngga keras... dah bosen kalo aku mau cerita detaillnya (soale wes kekerepen)... hehe....


Perbaiki lagi dan terbangin om... yg penting Don't give up....



Last edited by AgoesAurelz on 21 Dec 2010, 14:33, edited 1 time in total.
- kula
- Senior Master Sergeant
- Posts: 695
- Joined: 17 Jan 2007, 19:06
- Location: Cirebon kota udang yg dah gak ada udang nya
Re: Ada apa dengan CAP 232 saya?
kalo liat bentuk sayap nya yg tapered depan belakang n AUW nya kmrn pas sempat coba2 elus sblm terbang sich kyk nya emang kudu ngebut nich pesawat,,,..
- Kiki_54
- First Lieutenant
- Posts: 1448
- Joined: 26 Oct 2007, 20:08
- Location: Cirebon
- Contact:
Re: Ada apa dengan CAP 232 saya?
AgoesAurelz wrote:Share dikit ya om...
Saya sudah cukup lama pake Cap 232 dari yg electric, kelas 46, hingga yg Giant... semuanya enak... dan semuanya pernah jatuh!
Karakter Cap232 sebenarnya cukup forgiving kok om... CAP 232 saya juga pernah stall dan jatuh... memang harus di maintance powernya om... kalo untuk terbang pelan asal power cukup dan arah/kec anginnya bagus ya ngga masalah...
Dan mohon diingat... Crash/Jatuh itu sangat banyak faktornya om... kadang kejadiannya bak reaksi kimia dan juga berlangsung cuman sekejab mata.... kadang pilot kalo crash jadi sok teu salahin ini itulah..... biasa cari kambing hitam... hehe....
saya jujur aja seringkali pswt saya jatuhpun sy cuman bisa menduga-duga penyebab pastinya....
Sekarang ini saya hampir tiap hari (kalo cerah) terbang... jangan tanya soal jatuh (crash,hardlanding dll)... utk latihan hover dan torque roll aja udah ngga kehitung crashnya (walaupun kadang jg ngga keras)... dah bosen kalo aku mau cerita hehe....![]()
![]()
Perbaiki lagi dan terbangin om... yg penting Don't give up....![]()
![]()
Terima kasih Om AA masukannya.......betul juga kali yah saya cari kambing hitam, nyatanya orang lain fine2 aja..............mungkin sebenarnya saya belum kelasnya menerbangkan jenis ini karena dari pengalaman selama ini ada 2 pesawat yang saya betul2 nyerah :
Pertama TB 20 engine 55 AX buatan Pak Jaka saya hand up (masuk gudang)
Kedua Extra 330 L engine 55 AX saya hand up lagi (masuk gudang lagi)
Dan yang ke 3 Cap 232 saya akan berusaha dulu deh sesuai masukan2 teman2 dan suhu2.
- allchrt
- Senior Airman
- Posts: 151
- Joined: 20 Dec 2009, 22:54
- Location: PAK Surabaya
- Contact:
Re: Ada apa dengan CAP 232 saya?
Kiki_54 wrote:Oom Dindin, Oom Toto Oom Roji.......... terimakasih pencerahannya...........memang sebelumnya saya gak tau gimana itu karakter pesawat..............semua masukan ini akan dijadikan bekel untuk maiden ke 2 nanti setelah Cowl selesai reapir.
Oom Ipin............saya akan coba berlatih lagi di simulator sebelum maiden ke 2
Waktu beli seh saya nyari pesawat yang gak liar dan mudah diterbangkan,...........dapatnya itu saya bawa aja lalu saya rakit...........
Insya Allah saya akan berusaha untuk menaklukan itu pesawat.
Sementara CAP 232 selesai repair, saya ada rencana beli T34 Mentor/Mentor 40, mohon penjelasan dari para suhu apa bedanya TWM T34 Mentor(Di Surabaya Hobby) dengan TWM Mentor 40 (di Justplane Aeromodeling)? saya melihat spec dan gambarnya di Web kedua HS tersebut sama.
Selain itu apakah cocok untuk saya? dan bagaimana karakternya? dulu saya pernak punya Super Sport 40 dan pernah punya Escape engine 46-55 uenak banget, tapi lama2 terbangnya membosankan cuman bisa ngerol, ngeloop, imperted....gak bisa berdili gak bisa knife enge (gaya yah maunya saya..hahahaha)..........
dr sedikit pengalaman yg sy tahu TWM T34 mentor dg 55ax karakternya mungkin g jauh beda sm SS40 bs ngebut jg bs diajak terbang pelan banget jd mungkin akan jg membosankan bg Om Kiki nantinya krn gak bisa berdili & gak bisa knife enge...

sy dua kali punya mentor kesemsem sm karakternya yg nyaman maklum low wing br ini yg bisa.... (krn memang blm punya yg laen...hehehe)
ini yg pertama :

ini yg kedua with tune pipe :

- eidri
- Senior Master Sergeant
- Posts: 582
- Joined: 16 Apr 2007, 21:32
- Location: Starhill
- Contact:
Re: Ada apa dengan CAP 232 saya?
makin kenceng makin asooyy..... 

- Kiki_54
- First Lieutenant
- Posts: 1448
- Joined: 26 Oct 2007, 20:08
- Location: Cirebon
- Contact:
Re: Ada apa dengan CAP 232 saya?
allchrt wrote:Kiki_54 wrote:Oom Dindin, Oom Toto Oom Roji.......... terimakasih pencerahannya...........memang sebelumnya saya gak tau gimana itu karakter pesawat..............semua masukan ini akan dijadikan bekel untuk maiden ke 2 nanti setelah Cowl selesai reapir.
Oom Ipin............saya akan coba berlatih lagi di simulator sebelum maiden ke 2
Waktu beli seh saya nyari pesawat yang gak liar dan mudah diterbangkan,...........dapatnya itu saya bawa aja lalu saya rakit...........
Insya Allah saya akan berusaha untuk menaklukan itu pesawat.
Sementara CAP 232 selesai repair, saya ada rencana beli T34 Mentor/Mentor 40, mohon penjelasan dari para suhu apa bedanya TWM T34 Mentor(Di Surabaya Hobby) dengan TWM Mentor 40 (di Justplane Aeromodeling)? saya melihat spec dan gambarnya di Web kedua HS tersebut sama.
Selain itu apakah cocok untuk saya? dan bagaimana karakternya? dulu saya pernak punya Super Sport 40 dan pernah punya Escape engine 46-55 uenak banget, tapi lama2 terbangnya membosankan cuman bisa ngerol, ngeloop, imperted....gak bisa berdili gak bisa knife enge (gaya yah maunya saya..hahahaha)..........
dr sedikit pengalaman yg sy tahu TWM T34 mentor dg 55ax karakternya mungkin g jauh beda sm SS40 bs ngebut jg bs diajak terbang pelan banget jd mungkin akan jg membosankan bg Om Kiki nantinya krn gak bisa berdili & gak bisa knife enge...![]()
sy dua kali punya mentor kesemsem sm karakternya yg nyaman maklum low wing br ini yg bisa.... (krn memang blm punya yg laen...hehehe)
ini yg pertama :
ini yg kedua with tune pipe :
Melihat di gambar itu fuselage lebih ramping dibandingkan S.Sport 40, tul gak?
- Ari21
- Senior Airman
- Posts: 148
- Joined: 06 Jul 2008, 07:39
- Location: Palembang SRAC
- Contact:
Re: Ada apa dengan CAP 232 saya?
Bentuk Mentor TWM memang dari bentuk dan karekternya hampir sama dengan SS40 TWM,
berikut gambar SS40 dan Mentor TWM yg lagi berdampingan.


berikut gambar SS40 dan Mentor TWM yg lagi berdampingan.


- flytosky
- Senior Master Sergeant
- Posts: 578
- Joined: 14 Apr 2007, 17:02
- Location: Nanga Pinoh
- Contact:
Re: Ada apa dengan CAP 232 saya?
abah kiki,
TWM T34 Mentor/Mentor 40 itu adalah pesawat yang sama. T34 itu adalah nama resmi dari pesawat asli tsb. sedangkan mentor 40 itu mengacu pada ukuran engine yang dapat dipake pada pesawat tsb. jadi hanya sekedar penamaan aja yang berbeda, isi nya sama aja koq.
trus TWM Mentor dan Super Sport, ini pesawat yang bener bener sama dari segi ukuran dan karakter terbang. yang berbeda cuman di punggung fuselage, canopy, ujung sayap dan elevator. selebihnya tidak ada yang berbeda.
pesawat ini cocok buat pemula yang baru berpindah tangan dari high wing ke low wing. karakter terbang juga bagus ga gampang stall. setuju dengan allcrt, pesawat ini agak membosankan, tapi sangat layak untuk dipakai terbang santai. saya sendiri kadang kadang suka pinjam pesawat mentor punya teman untuk sekedar terbang patroli, loop dan roll.
kalau TWM rambler bagaimana abah kiki, pernah tertarik?

eniwei...pesawatnya yang masuk gudang...hibahkan dong ke yang membutuhkan kek sy...

TWM T34 Mentor/Mentor 40 itu adalah pesawat yang sama. T34 itu adalah nama resmi dari pesawat asli tsb. sedangkan mentor 40 itu mengacu pada ukuran engine yang dapat dipake pada pesawat tsb. jadi hanya sekedar penamaan aja yang berbeda, isi nya sama aja koq.
trus TWM Mentor dan Super Sport, ini pesawat yang bener bener sama dari segi ukuran dan karakter terbang. yang berbeda cuman di punggung fuselage, canopy, ujung sayap dan elevator. selebihnya tidak ada yang berbeda.
pesawat ini cocok buat pemula yang baru berpindah tangan dari high wing ke low wing. karakter terbang juga bagus ga gampang stall. setuju dengan allcrt, pesawat ini agak membosankan, tapi sangat layak untuk dipakai terbang santai. saya sendiri kadang kadang suka pinjam pesawat mentor punya teman untuk sekedar terbang patroli, loop dan roll.
kalau TWM rambler bagaimana abah kiki, pernah tertarik?

eniwei...pesawatnya yang masuk gudang...hibahkan dong ke yang membutuhkan kek sy...

