baiklah.... sesi terakhir dari cerita saya sebelum masuk ke perbandingan adalah ini.

sebagaimana kita ketahui bersama hampir semua produk pesawat giant 50cc keatas tidak lagi memakai horn yang menggunakan clevis, horn yang disertakan oleh pabrikan pada umumnya berbahan fiber (seperti foto kiri atas), sedangkan produk yang saya maksud ini sepertinya masih memakai tipe "konvesional" (foto kanan atas).
namun jika saya ditanya lebih suka memilih yang tipe mana, jawab saya yang foto kanan atas, dikarenakan ini lebih kuat.
jika yang sebelah kiri, pemasangannya pake lem epoxy dan ditancepin, sedang yang sebelah kanan sistim mur baut dan sebelum dipasang di bor tembus dulu.
memang, semua pabrikan tentu punya "kebijakan" sendiri2 didalam menyertakan kelengkapan produk2 nya, untuk pesawat yang harganya lebih murah, kelengkapan seperti ini menjadikan ongkos produksinya lebih mahal, tapi pabrikan ini tetap menyertakannya, jadi?
tips untuk perakit pemula :
jika tipe horn yang disertakan menggunakan bahan fiber, maka sebelum memasang, permukaan yang akan di lem di amplas halus lebih dulu, ini dimaksudkan agar permukaan fiber yang halus jadi agak kasar. cara ini hasilnya lebih kuat ketimbang langsung maen lem aja.
untuk yang tipe seperti produk ini, tidak ada salahnya coba 1 atau 2 kali ngebor lurus di permukaan yang miring, bisa pake kayu atau tripleks dan lihat hasilnya, apakah bor2 an kita sudah lurus atau belum. kalo sdh lurus baru bor di sayap pesawat. kuatirnya jika bor-boran hasilnya miring, hasilnya pasti mengecewakan.