Pertanyaan mengenai Sceadu Evo 50

You got problems ? Let's discuss here

Moderators: ferry, sahid, handoyo6299

User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Pertanyaan mengenai Sceadu Evo 50

Post by Budiman »

zq wrote:Halo Oom Budiman..,
saya pernah punya pengalaman serupa, setelah di check ternyata one way bearing retak,
mungkin saja penyebabnya sama.

Salam,
Hari

Terimakasih,Mas Hari
Saran Anda saya masukkan ke dalam fault finding list saya..keretakkan ini bisa jadi,karena head speed terlalu tinggi ato memang udah worn out...maklum,Mas..saya masi terpengaruh dengan karakteristik T-Rex 600..
Jika ada tambahan ide baik maintenance serta fine tuning Sceadu Evo 50 ini, saya akan dengan senang hati menampungnya..
Beberapa hari yg lalu saya baru menyadari bahwa semua fine tuning point,baik pada throttle dan pitch curve, ternyata tidak benar :tlt ...lah gimana..saya samakan persis dengan T-Rex 600... :flu
Baru saya tau kenapa design main gear Sceadu Evo 50 mempunyai jumlah teeth yg lebih sedikit dari T-Rex 600..ternyata ada alasan khusus..doh

:flu

salam,
budiman
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Re: Pertanyaan mengenai Sceadu Evo 50

Post by Syafik »

:ok :ok
User avatar
handoyo6299
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 611
Joined: 02 Aug 2008, 10:08
Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
Contact:

Re: Pertanyaan mengenai Sceadu Evo 50

Post by handoyo6299 »

Budiman wrote:
zq wrote:Halo Oom Budiman..,
saya pernah punya pengalaman serupa, setelah di check ternyata one way bearing retak,
mungkin saja penyebabnya sama.

Salam,
Hari

Terimakasih,Mas Hari
Saran Anda saya masukkan ke dalam fault finding list saya..keretakkan ini bisa jadi,karena head speed terlalu tinggi ato memang udah worn out...maklum,Mas..saya masi terpengaruh dengan karakteristik T-Rex 600..
Jika ada tambahan ide baik maintenance serta fine tuning Sceadu Evo 50 ini, saya akan dengan senang hati menampungnya..
Beberapa hari yg lalu saya baru menyadari bahwa semua fine tuning point,baik pada throttle dan pitch curve, ternyata tidak benar :tlt ...lah gimana..saya samakan persis dengan T-Rex 600... :flu
Baru saya tau kenapa design main gear Sceadu Evo 50 mempunyai jumlah teeth yg lebih sedikit dari T-Rex 600..ternyata ada alasan khusus..doh

:flu

salam,
budiman



ooo..kayaknya lupa mbaca manualnya ya Suhu.he..he.h.e.he.
Oh iya itu kalau pemberat sama padlenya hirobo sceadu ini dipasang di Trex bisa suhu.. terus bisa didapetin dimana ya perangkat ini.he.h.e.h.e mau doong dibisikin tempat belinya dimana? maturn nuwun....
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Pertanyaan mengenai Sceadu Evo 50

Post by Budiman »

@Mas Handoyo,
Anu..manualnya si saya baca..cuma baru sadar, kalo bukunya terbalik waktu saya baca..jadi ya salah kaprah semuanya.... :ha3 :ha3 :ha3

Nah, ini lagi..njenengan ini ya gimana .?..topiknya kan "Pertanyaan mengenai Sceadu Evo 50"..bukannya " Konversi T-Rex 600 N ke F3C"....hayoooo..ketahuan sekarang... :wk3 :wk3 :wk3 ....diem2 lagi punya proyek ne... :ha3 :ha3 ..jangan lupa bisikin rumusannya lho ya... :ide ..soalnya saya juga lagi intip2 sana sini alias kulak warto... :wk3 :wk3 :wk3 ..

salam,
budiman
User avatar
handoyo6299
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 611
Joined: 02 Aug 2008, 10:08
Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
Contact:

Re: Pertanyaan mengenai Sceadu Evo 50

Post by handoyo6299 »

He..he..h.e..e belum jelas ini Om. tapi khan armada yang ada ya Trex 600 itu, dan memang saya kok senengnya berlatih F3C, jadi ya berusaha dech, coba nanti kalau berhasil tak infokan dech. sebenarnya ada Xcell, tapi udah lama, jadi nggak berani kutak-kutik, takut...h.e..he..he..
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Pertanyaan mengenai Sceadu Evo 50

Post by Budiman »

Perkembangan dlm proses pemeriksaan yg telah saya lakukan..
perbaikan pd bagian yg kendor spt tail boom brace,paddle dan lock ring lock pd main shaft,serta penggantian main blade yg lebih berat.
Dengan needle valve 1.5 terbuka OS50, dan perubahan throttle point ke 3 pd throttle curve dari 35 s/d 50%, tidak ada indikasi vibrasi dan suara mendesing. Namun suara mendesing mulai muncul sesaat, hanya sesaat, ketika engine mulai leaning,krn fuel mulai menipis..dr sini,kesimpulan sementara saya adalah desingan berasal dr internal engine.Bagian yg semula saya curigai yaitu clutch liner, ternyata tdk terbukti,krn masih dlm kondisi nnormal dan clutch jg masi tebal.
Saya masi mencari sumber suara bising ini

salam,
budiman
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Pertanyaan mengenai Sceadu Evo 50

Post by Budiman »

Up date proses pemeriksaan saya,
Setelah 2 hari 2 malam berkutat dg Sceadu Evo 50,ada kejanggalan lanjutan yg saya temukan:
1. clutch menunjukkan indikasi penempelan yg kurang mesra pd clutch liner
2.clutch bell mengalami oblak,pd starter shaft,naik turun
3.adanya serbuk carbon pd area clutch bell

Apakah ini penyebab suara mendesing? krn wkt saya ketuk clutch bell,bunyinya hampir mirip...penggantian part seperlunya sudah saya lakukan...uji cobanya belum saya lakukan krn si sulung tiba2 bangun...hehehehe..so buat pemerhati HIROBO, stay tune

salam,
budiman
User avatar
handoyo6299
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 611
Joined: 02 Aug 2008, 10:08
Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
Contact:

Re: Pertanyaan mengenai Sceadu Evo 50

Post by handoyo6299 »

Ikut menyimak.... saya yakin kalau hal semacam ini tidak hanya bisa terjadi di Heli Hirobo saja..... he.h.e..he menyimak dech.... :pis :pis :pis :pis
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Pertanyaan mengenai Sceadu Evo 50

Post by Budiman »

Masalah teratasi..ini diakibatkan awalnya oleh hilangnya O-ring dan Flat washer antara clutch bell dan clutch shoe...

salam
budiman
User avatar
handoyo6299
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 611
Joined: 02 Aug 2008, 10:08
Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
Contact:

Re: Pertanyaan mengenai Sceadu Evo 50

Post by handoyo6299 »

Oh jadi karena antara clutch bell dan clutch shoe gapnya jadi tidak sama antar permukaannya ya Suhu... ini mengakibatkan engagenya cluth shoe ke bellnya jadi tidak rata, maka timbullah getaran....
Post Reply