Budiman wrote:Selama ini, yg saya lakukan adalah sbb, mohon koreksi dari rekan2 sekalian : - main blade pada posisi 0 deg dan paddle juga pada posisi 0 deg horisontal,serta swash juga pd posisi level - untuk aeleron : 1. main blade sejajar tail boom dgn posisi heli nose in 2. pitch gauge saya tempatkan pd ujung main blade 3. fungsi aeleron digerakkan pd salah satu arah,yg mana main blade akan membentuk pitch sekian derajat saat swash miring. 4. Dengan tetap mengusahakan flybar tetap horisontal,0 deg, maka besarnya pitch main blade saat swash miring tadi,dapat dibaca dr gauge.
-untuk elevator,heli diposisikan side-in,dan langkah selanjutnya tetap sama.
Sekali lagi mohon koreksinya Rekan2..
@Mas johansip, swash degree perlu dicermati,salah satunya adalah untuk me-manage total beban cyclic pd heli saat bermanuver dan memperhalus manuver saat di-excecute.
Udah benar langkah-langkahnya tuh mas Budiman, hanya pitch gauge di pasang di paddle, bukan main blade.
Oom Budiman... menurut saya yang dilakukan juga benar, cuma masalah kebiasaan aja, klo cara Oom Yudha kita gak perlu ukur sudut 0derajat u pitch, besarnya sudut yg d ukur d paddle & main blade jg akan berbeda, walopun nti hasil akhirnya sama, salam...
Budi wrote:bukannya swashdegree itu udah dari pabriknya ya oom?
kalo ccpm yg simetris 120deg...
saya sepertinya sedikit bingung sama kaya om budi..pertanyaan nya sepertinya seputar menentukan collective dan cyclic pitch yah om budiman?
Betul,Pak Panjitohaga..collective pitch dr main blade dan cyclic pitch yg berasal dari swashplate degree... Collective pitch dapat dg mudah ditentukan saat swash pd posisi horisontal 0 deg, sedangkan cyclic pitch disebabkan oleh swash saat melakukan fungsi cyclic
@Om mamat, silahkan untuk di-utak atik ,swash heli nya..hehehe
selain itu saya sekarang sering pake metode lain untuk cross check, yaitu pake penggaris/meteran dengan mengukur jarak antara ujung main blades ketika fungsi elevator di tx di gerakan ke atas/bawah (untuk cyclic pitch kurang lebih sama). saya nemu thread yg menjelaskan technique ini dengan baik disini: http://helifreak.com/showthread.php?t=258445
buat yg pakai v-bar versi pro, calculatornya tersedia di software nya (pas bagian setup collective/cyclic).
Wes bener kuwi cak metode sampeyan. Posisikan pitch di 0deg, flybar pastikan level (biasa saya ganjal flybar case biar posisi selalu level). Utk aileron blade sejajar tailboom, stick aileron posisikan mentok ke salah 1 arah. Pitchgauge pasang di blade dg flybar sebagai acuannya. Carabacanya sama dg kita setting pitch mainblade cuma bedanya kita hrs tahan stick diposisi max aileron. Utk elevator blade posisi 90deg dg tailboom selainnya sama dg aileron tadi.
Itu cara yg saya pakai, mungkin ada temen2 yg mau menambahkan...
sevenslidegrills wrote:Wes bener kuwi cak metode sampeyan. Posisikan pitch di 0deg, flybar pastikan level (biasa saya ganjal flybar case biar posisi selalu level). Utk aileron blade sejajar tailboom, stick aileron posisikan mentok ke salah 1 arah. Pitchgauge pasang di blade dg flybar sebagai acuannya. Carabacanya sama dg kita setting pitch mainblade cuma bedanya kita hrs tahan stick diposisi max aileron. Utk elevator blade posisi 90deg dg tailboom selainnya sama dg aileron tadi.
Itu cara yg saya pakai, mungkin ada temen2 yg mau menambahkan...
Ok, Mas Erik...saiki sing digolek'i..piye miber sing bener..hehehehehe.... Yang masih menjadi misteri buat saya selanjutnya adalah menentukan swash degree yg pas agar tidak membebani engine saat heli ng-Roll...utamanya Roll yg dilakukan lebih dari satu kali dalam sekali execute...
Mungkin bisa mulai dari 5.5-6deg mas. Jangan lupa settingan engine jg harus maxi dan pitch managementnya juga pas. Sekedar sharing saya biasa pake 6.5deg ail ele sofar gak nge-bog helinya.