anelah wrote:Sebelumnya memang dicoba dengan dilempar, hasilnya buat lagi wing baru. Wing pertama memiliki tekukan keatas 9.5cm dr ujung kiri/kanan.
kalau melaju dibawah tidak bisa lurus, cenderung belok kekanan meskipun dudukan motor sudah paralel fuselage.
Wah gagal lempar ya.... Maksudnya pararel piye om?, kalo memang putaran prop nya searah jarum jam, harusnya dudukan motor dibuat miring ke kiri sekitar 3 derajat (dilihat dari belakang) untuk mengimbangi gaya akibat putaran motor yang menyebabkan bodi pesawat melintir ke kanan.
anelah wrote:Sebelumnya memang dicoba dengan dilempar, hasilnya buat lagi wing baru. Wing pertama memiliki tekukan keatas 9.5cm dr ujung kiri/kanan.
kalau melaju dibawah tidak bisa lurus, cenderung belok kekanan meskipun dudukan motor sudah paralel fuselage.
Wah gagal lempar ya.... Maksudnya pararel piye om?, kalo memang putaran prop nya searah jarum jam, harusnya dudukan motor dibuat miring ke kiri sekitar 3 derajat (dilihat dari belakang) untuk mengimbangi gaya akibat putaran motor yang menyebabkan bodi pesawat melintir ke kanan.
inggih ngaten meniko mboten ngangge 3deg... lurus saja, habis barangnya kecil2 dan sempit, kok kelihatannya 3deg dan 10deg sama saja...
christoffel wrote:boleh aja pake pusher prop om, dengan arah putar motor dibalik, tapi ingat pasang propnya juga menghadap belakang .... airfoil nya kalo kebalik juga nggak efisien ... jadi pada foto diatas, sisi prop yg ada tulisannya harus menghadap ke motor ...
propeler kecil 4x2.5 perlu ditambah hampir 1.5gr untuk balance... wah ini sepertinya propeler buatan pabrik sol sepatu...
christoffel wrote:boleh aja pake pusher prop om, dengan arah putar motor dibalik, tapi ingat pasang propnya juga menghadap belakang .... airfoil nya kalo kebalik juga nggak efisien ... jadi pada foto diatas, sisi prop yg ada tulisannya harus menghadap ke motor ...
propeler kecil 4x2.5 perlu ditambah hampir 1.5gr untuk balance... wah ini sepertinya propeler buatan pabrik sol sepatu...
...tetesin pake lem CA di bagian yg ringan , tapi usahakan yg deket "as" / poros.
christoffel wrote:boleh aja pake pusher prop om, dengan arah putar motor dibalik, tapi ingat pasang propnya juga menghadap belakang .... airfoil nya kalo kebalik juga nggak efisien ... jadi pada foto diatas, sisi prop yg ada tulisannya harus menghadap ke motor ...
propeler kecil 4x2.5 perlu ditambah hampir 1.5gr untuk balance... wah ini sepertinya propeler buatan pabrik sol sepatu...
...tetesin pake lem CA di bagian yg ringan , tapi usahakan yg deket "as" / poros.
dari enam propeler dipilih yang paling balance ada cuma satu. terus di kikir dikit2, hati2 akhirnya balance juga....
propeler sudah diganti dengan yang 'tanpa R', 2 motor kabel ditukar, propeler dibalance. test lagi... saat meluncur cenderung lari ke kiri sekarang (sebelumnya dengan R kekanan) Apakah artinya motor harus di beri sudut seperti yang telah dibicarakan diatas 3deg kekanan (dilihat dari belakang).... walah bongkar dudukan motor lagi....