Pemula heli 6 ch HK 450 mohon bimbingannya

Khusus untuk membahas dasar2 heli rc

Moderators: Budiman, e12ry, Yudha

Forum rules
Ini room khusus untuk membahas heli rc secara mendasar.
User avatar
bantengnw
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 67
Joined: 13 Oct 2011, 09:37
Location: Jakarta
Contact:

Re: ( tanya )pemula heli mohon bimbingannya

Post by bantengnw »

stefendy wrote:Rangkuman saat ini tentang gyro,
- saya harus mengganti servo dengan yg digital dan memang di peruntukan/design buat rudder ( yg murah masih "BK" .. :( = HK-DS922MG )
- jangan di terbangkan dulu sebelum ganti servo digital karena servo saat ini bisa rusak dan bilamana rusak pada saat terbang bisa crash dan mengakibatkan membutuhkan spare parts yg lebih banyak,
- jika sudah ganti servo digital maka aktifkan AVCS karena mode ini lebih presisi dalam head locking ...


salam kenal om..

sumbang saran, 450 sy pakai gyro HK401B juga, dg rudder servo Analog, so far so good, buat 3D jg baek2 saja. Tx sy JR XG7, setting gyro sense auto AVCS 54% gain.
sebelumnya pakai HKSCM9-6 digital baek2 aja, cuma servo hornnya terlalu lemas/kecil jg kurang powernya buat piro kl terbang saat berangin.

ini referensi servo yg sy pakai, beli di ebay: http://www.ebay.com/itm/2X-S9650-Servo- ... 3606581549

selamat mencoba pak. :pis
User avatar
jis7272
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 95
Joined: 20 Feb 2012, 11:50
Location: jakarta
Contact:

Re: ( tanya )pemula heli mohon bimbingannya

Post by jis7272 »

Om suhu, kalo main blade baut blade holder yg mencegkram main blade baiknya kenceng apa di kendorin ya? Biar terbangnya anteng
Info ya om....
User avatar
panjitohaga
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 265
Joined: 14 Aug 2011, 06:23
Location: Melbourne, AUS

Re: ( tanya )pemula heli mohon bimbingannya

Post by panjitohaga »

jis7272 wrote:Om suhu, kalo main blade baut blade holder yg mencegkram main blade baiknya kenceng apa di kendorin ya? Biar terbangnya anteng
Info ya om....


tergantung besar heli/main blade dan aplikasinya. kalo untuk heli kecil dan terbang biasa2 aja, di kencengin sampe kalo helinya di angkat trus dimiringin ke samping blade nya tidak jatuh.
User avatar
jis7272
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 95
Joined: 20 Feb 2012, 11:50
Location: jakarta
Contact:

Re: ( tanya )pemula heli mohon bimbingannya

Post by jis7272 »

panjitohaga wrote:
jis7272 wrote:Om suhu, kalo main blade baut blade holder yg mencegkram main blade baiknya kenceng apa di kendorin ya? Biar terbangnya anteng
Info ya om....


tergantung besar heli/main blade dan aplikasinya. kalo untuk heli kecil dan terbang biasa2 aja, di kencengin sampe kalo helinya di angkat trus dimiringin ke samping blade nya tidak jatuh.


Berlaku untuk tail blade juga om?
Btw, kalo untuk heli 500 ko aga singit ya, pas baut dikencengin?
User avatar
panjitohaga
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 265
Joined: 14 Aug 2011, 06:23
Location: Melbourne, AUS

Re: ( tanya )pemula heli mohon bimbingannya

Post by panjitohaga »

jis7272 wrote:Berlaku untuk tail blade juga om?
Btw, kalo untuk heli 500 ko aga singit ya, pas baut dikencengin?


kalo saya kurang lebih sama om. tidak terlalu kencang/longgar (masih bisa digerak2in)

"singit" itu apa yah om? :D
User avatar
iboen86
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 87
Joined: 12 Mar 2012, 21:56
Location: Balikpapan-Jogja
Contact:

Re: ( tanya )pemula heli mohon bimbingannya

Post by iboen86 »

panjitohaga wrote:
jis7272 wrote:Berlaku untuk tail blade juga om?
Btw, kalo untuk heli 500 ko aga singit ya, pas baut dikencengin?


kalo saya kurang lebih sama om. tidak terlalu kencang/longgar (masih bisa digerak2in)

"singit" itu apa yah om? :D


Numpang nanya om Panji... kalo buat heli elektrik kelas 90 gimana ya masalah baut main blade?
Seberapa kenceng gitu? :thx
User avatar
andreansyah
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 348
Joined: 12 Oct 2010, 21:13
Location: jak-tim
Contact:

Re: ( tanya )pemula heli mohon bimbingannya

Post by andreansyah »

iboen86 wrote:
panjitohaga wrote:
jis7272 wrote:Berlaku untuk tail blade juga om?
Btw, kalo untuk heli 500 ko aga singit ya, pas baut dikencengin?


kalo saya kurang lebih sama om. tidak terlalu kencang/longgar (masih bisa digerak2in)

"singit" itu apa yah om? :D


Numpang nanya om Panji... kalo buat heli elektrik kelas 90 gimana ya masalah baut main blade?
Seberapa kenceng gitu? :thx


seperti om panji katakan om untuk main blade n tail blade kenceng enggak longgar enggak om ,tail blade pun gitu apalagi t 700 yg pake tourque tube jangan kenceng2 om

om panji yg dimaksud singit = mungkin muter2 ga karuan kalo ga salah om :D
User avatar
iboen86
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 87
Joined: 12 Mar 2012, 21:56
Location: Balikpapan-Jogja
Contact:

Re: ( tanya )pemula heli mohon bimbingannya

Post by iboen86 »

andreansyah wrote:seperti om panji katakan om untuk main blade n tail blade kenceng enggak longgar enggak om ,tail blade pun gitu apalagi t 700 yg pake tourque tube jangan kenceng2 om


:thx
Wokeh, soale denger2 kalo kurang kenceng main blade bisa boom strike palagi kalo pake DFC (lom pernah make :) ).
Kalo agak kendor gitu ada kemungkinan or pernah terjadi baut main or tail blade lepas gak ya? :hah
User avatar
andreansyah
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 348
Joined: 12 Oct 2010, 21:13
Location: jak-tim
Contact:

Re: ( tanya )pemula heli mohon bimbingannya

Post by andreansyah »

iboen86 wrote:
andreansyah wrote:seperti om panji katakan om untuk main blade n tail blade kenceng enggak longgar enggak om ,tail blade pun gitu apalagi t 700 yg pake tourque tube jangan kenceng2 om


:thx
Wokeh, soale denger2 kalo kurang kenceng main blade bisa boom strike palagi kalo pake DFC (lom pernah make :) ).
Kalo agak kendor gitu ada kemungkinan or pernah terjadi baut main or tail blade lepas gak ya? :hah


tidak kendor om tp blade n tail blade masih bisa digerakin pake tangan
User avatar
panjitohaga
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 265
Joined: 14 Aug 2011, 06:23
Location: Melbourne, AUS

Re: ( tanya )pemula heli mohon bimbingannya

Post by panjitohaga »

biasanya kalo heli/blade besar lebih di kencengin baut untuk main blade nya supaya pas auto rotation yang agak kasar atau blade stop manouver tidak boom strike. masuk akal kalo pake DFC head musti lebih kencang bautnya karena lebih pendek jadi jarak main blade dengan boom lebih dekat. kalo terlalu longgar juga pas spool up/down jadi ada vibrasi. terlalu kencang juga sama bisa ada vibrasi dan masalah dengan balance.

banyak orang bilang kalo pake torque tube, tail blade jangan terlalu kencang bautnya. Maksudnya supaya mengurangi tekanan pada torque tube gear ketika tail blade membentur sesuatu (supaya tail blade nya jadi melipat dan menghindari kerontokan pada TT gear).
Post Reply