mumpung lagi ada diskusi engine gas vs glow mohon penjelasan dari para suhu tentang rumus empiris yg katanya kondisi power :
1. engine glow 2S ~ 3/4 x 4S, maka disini kalau di implementasikan misalnya engine .70/4S tenaganya ~ engine .46/2S
2. engine glow ~ 2/3 gasoline atau, kalau diaplikasikan berarti engine gas 15cc secara volume equiv dengan engine glow .91cu akan tetapi secara tenaga sebetulnya si engine 15cc ~ dengan engine glow .60cu
nah dengan rumus empiris no.2 berarti kalau pakai engine gas 15cc secara volume metriknya ~ dengan engine glow .60cu, akan tetapi mengingat bobot engine gas lebih berat banding engine glow maka ada kemungkinan tenaga sang engine gas 15cc pas2an dan tidak tertutup kemungkinan untuk take off agar throttle tidak dibuka terlalu besar membutuhkan runway yg relatif lebih panjang. disini sekali lagi yang saya maksudkan bukan tidak bisa digunakan loh ya, kalau mau lebih jreng pasang gas 20cc maka untuk takeoff dan loop tidak membutuhkan bukaan throttle yg terlalu besar
kira2 gitu deh pandangan saya sebagai pemula yang beru belajar membandingkan antara performance antara engine gas vs glow terkait dengan volume metriknya dengan tenaga yang bisa disemburkannya
saran lainnya mengingat cantiknya pesawat kayanya lebih manis entar untuk kerapihan cowl dan suaranya biar mendekati scale si pesawat dipasangkan dengan engine glow .90/4S ...... wuih pasti manis deh
mohon maaf apabila perkiraan dan saran saya ini salah karena beginilah saya sebagai pemula sangat mungkin salah ......
salam