Piper Tomahawk 60 dari V-Mar......

Diskusi pesawat rc tenaga engine
User avatar
hulmannapit
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 714
Joined: 31 Dec 2009, 11:35
Location: Ambon&Bandung

Piper Tomahawk 60 dari V-Mar......

Post by hulmannapit »

Saya punya pesawat yang belum selesai dirakit,
Piper Tomahawk 60, low wing..
Saat ini servo2nya sudah terpasang dan pemasangan kelengkapan lain, sedang dalam progress...menunggu waktu luang.
wingspan - 1955mm ; lumayan lebar..
Secara umum, menurut saya sih kualitas pembuatan pesawat dan kelengkapannya lumaya bagus...
Saya masih bingung memilih mesin yang akan digunakan. :tlt
Saat ini saya masih punya engine RCGF 15cc gasoline; tapi belum tau apakah kira2 cocok dengan pesawat ini....?
Mohon tanggapan dan arahan dari para suhu, senior dan rekan-2.... :thx
Image

Uploaded with ImageShack.us
User avatar
aurasyifa
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 189
Joined: 28 Nov 2009, 06:15
Location: Bandar lampung

Re: Piper Tomahawk 60 dari V-Mar......

Post by aurasyifa »

wuih mantaps banget pak
User avatar
justinus
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1224
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Re: Piper Tomahawk 60 dari V-Mar......

Post by justinus »

Kalo lihat tulisannya Tomahawk 60, berarti pakai engine nitro 60 ~ 10cc. Jadi kalau pakai engine bensin 15cc rasanya masih sesuai.

Engine RCGF 15cc pakai prop berapa?
User avatar
unding
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 885
Joined: 24 Mar 2011, 22:39
Location: Makassar
Contact:

Re: Piper Tomahawk 60 dari V-Mar......

Post by unding »

RCGF 15 cc setara dgn 0.91 glow engine ( 15cc/2.54^3 = 0.915 cu in), jadi sangat memungkinkan.
User avatar
hery_s
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 688
Joined: 01 Apr 2008, 14:43
Location: Ambon-Maluku

Re: Piper Tomahawk 60 dari V-Mar......

Post by hery_s »

berapa berat kosong dan berat setelah ditambah engine , fuel , dll ?, saya pake engine RCGF 15 cc untuk pswt mustang berat 2700 g, ngak kuat ngangkat tuh pswt, prop.10x8, katanya RCGF 15 cc untuk model yg beratnya ngak lebih dari 3000 gr..... :pyg :pyg
User avatar
fidaero94
GUEST

Re: Piper Tomahawk 60 dari V-Mar......

Post by fidaero94 »

muantabssssss pswt nya, pabrikan mana ni??? :tlt :tlt
User avatar
mcat
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 59
Joined: 17 Jan 2008, 07:21
Location: Karawaci

Re: Piper Tomahawk 60 dari V-Mar......

Post by mcat »

Cakep om pesawatnya, karakter aslinya lincah, low wing trainer
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Piper Tomahawk 60 dari V-Mar......

Post by toto »

mumpung lagi ada diskusi engine gas vs glow mohon penjelasan dari para suhu tentang rumus empiris yg katanya kondisi power :

1. engine glow 2S ~ 3/4 x 4S, maka disini kalau di implementasikan misalnya engine .70/4S tenaganya ~ engine .46/2S

2. engine glow ~ 2/3 gasoline atau, kalau diaplikasikan berarti engine gas 15cc secara volume equiv dengan engine glow .91cu akan tetapi secara tenaga sebetulnya si engine 15cc ~ dengan engine glow .60cu


nah dengan rumus empiris no.2 berarti kalau pakai engine gas 15cc secara volume metriknya ~ dengan engine glow .60cu, akan tetapi mengingat bobot engine gas lebih berat banding engine glow maka ada kemungkinan tenaga sang engine gas 15cc pas2an dan tidak tertutup kemungkinan untuk take off agar throttle tidak dibuka terlalu besar membutuhkan runway yg relatif lebih panjang. disini sekali lagi yang saya maksudkan bukan tidak bisa digunakan loh ya, kalau mau lebih jreng pasang gas 20cc maka untuk takeoff dan loop tidak membutuhkan bukaan throttle yg terlalu besar


kira2 gitu deh pandangan saya sebagai pemula yang beru belajar membandingkan antara performance antara engine gas vs glow terkait dengan volume metriknya dengan tenaga yang bisa disemburkannya

saran lainnya mengingat cantiknya pesawat kayanya lebih manis entar untuk kerapihan cowl dan suaranya biar mendekati scale si pesawat dipasangkan dengan engine glow .90/4S ...... wuih pasti manis deh


mohon maaf apabila perkiraan dan saran saya ini salah karena beginilah saya sebagai pemula sangat mungkin salah ...... :shy



salam
User avatar
wa2n
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 338
Joined: 17 Feb 2007, 13:23
Location: Banjarbaru (KalSel)
Contact:

Re: Piper Tomahawk 60 dari V-Mar......

Post by wa2n »

eyang suhu TOTO ngasih wejangan yang muaaantaf tenan..... :plk
User avatar
justinus
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1224
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Re: Piper Tomahawk 60 dari V-Mar......

Post by justinus »

toto wrote:2. engine glow ~ 2/3 gasoline atau, kalau diaplikasikan berarti engine gas 15cc secara volume equiv dengan engine glow .91cu akan tetapi secara tenaga sebetulnya si engine 15cc ~ dengan engine glow .60cu


Seperti yang ditulis suhu Toto diatas, power engine glow tidak sama dengan engine gas pada volume yang sama. Jadi powernya tidak bisa dihitung seperti yang ditulis suhu Unding dibawah ini (dengan hanya menghitung volumenya).

unding wrote:RCGF 15 cc setara dgn 0.91 glow engine ( 15cc/2.54^3 = 0.915 cu in), jadi sangat memungkinkan.


Dengan cc yang sama, engine glow lebih powerfull dibanding engine gas.

Demikian juga engine glow 2st dan 4st tidak bisa hanya dihitung secara volumenya saja. Dengan volume yang sama, powernya berbeda.
Post Reply