cessna 182 xl mania

Diskusi pesawat rc elektrik
Post Reply
User avatar
JEFFRY
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 102
Joined: 07 Jul 2011, 14:53
Location: Medan - Sumatera Utara
Contact:

Re: fms cessna 182 xl

Post by JEFFRY »

opikandy wrote:klo dsini ane pasang di ch 5 untuk flap, trus tinggal setting di E.POINT ( ch 5 ) untuk berapa besaran sudut flap yang kita inginkan
untuk aiir brake kita pilih di menu advance futaba 7c,untuk servi aileron kiri kita pasang di ch1, servo aileron sebelah kanan kita pasang di ch6, kita atur lg di reverse apakah gerakan servo tsb sdh sesuai ato blm, kemudian kita aktifkan menu air brake, kemudian kita set berapa persen untuk sudut aileron dan elevator

airbrake juga bisa pake sebagai flap, yaitu dengan menset nilai yang di aileron menjadi negatif, dan elevator menjadi 0%


Om Opikandy...
bisa minta settingan TX untuk cessna nya gak?
terimakasih.
User avatar
opikandy
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 177
Joined: 23 Dec 2011, 21:56
Location: Banda Aceh - Surabaya

Re: cessna 182 xl mania

Post by opikandy »

Motor gk panas om, cm hangat saja spt biasa
ane pake esc tower pro yg 40A pake pendingin
Klo batre 3000mAh emang size ny benar2 pas dgn housingny, jd prlu sedikit modifikasi (tnp merusak housing batre) biar kabel batre bs masuk dan nyambung ke esc
User avatar
antokrose
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 695
Joined: 15 Jun 2011, 14:18
Location: candi - sidoarjo

Re: cessna 182 xl mania

Post by antokrose »

opikandy wrote:Motor gk panas om, cm hangat saja spt biasa
ane pake esc tower pro yg 40A pake pendingin
Klo batre 3000mAh emang size ny benar2 pas dgn housingny, jd prlu sedikit modifikasi (tnp merusak housing batre) biar kabel batre bs masuk dan nyambung ke esc


ok bisa di coba nih hihihi thank om
User avatar
opikandy
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 177
Joined: 23 Dec 2011, 21:56
Location: Banda Aceh - Surabaya

Re: fms cessna 182 xl

Post by opikandy »

JEFFRY wrote:
opikandy wrote:klo dsini ane pasang di ch 5 untuk flap, trus tinggal setting di E.POINT ( ch 5 ) untuk berapa besaran sudut flap yang kita inginkan
untuk aiir brake kita pilih di menu advance futaba 7c,untuk servi aileron kiri kita pasang di ch1, servo aileron sebelah kanan kita pasang di ch6, kita atur lg di reverse apakah gerakan servo tsb sdh sesuai ato blm, kemudian kita aktifkan menu air brake, kemudian kita set berapa persen untuk sudut aileron dan elevator

airbrake juga bisa pake sebagai flap, yaitu dengan menset nilai yang di aileron menjadi negatif, dan elevator menjadi 0%


Om Opikandy...
bisa minta settingan TX untuk cessna nya gak?
terimakasih.


Bisa om,
Om Jeffry pake tx apa?
Trus yg diminta setingan unt apa? (biar jawaban saya bs lbh jelas)
User avatar
opikandy
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 177
Joined: 23 Dec 2011, 21:56
Location: Banda Aceh - Surabaya

Re: cessna 182 xl mania

Post by opikandy »

antokrose wrote:
opikandy wrote:Motor gk panas om, cm hangat saja spt biasa
ane pake esc tower pro yg 40A pake pendingin
Klo batre 3000mAh emang size ny benar2 pas dgn housingny, jd prlu sedikit modifikasi (tnp merusak housing batre) biar kabel batre bs masuk dan nyambung ke esc


ok bisa di coba nih hihihi thank om


Ok om
Ditunggu laporannya
User avatar
wedhee
trainee
trainee
Posts: 10
Joined: 29 Nov 2007, 09:47
Location: Jakarta
Contact:

Re: cessna 182 xl mania

Post by wedhee »

Permisi Nubie mau numpang nanya..
Klo cessna ini yg keluaran nya art tech 500 class (pake flaps) sama FMS karakter terbangnya sama aja atau engga??
User avatar
opikandy
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 177
Joined: 23 Dec 2011, 21:56
Location: Banda Aceh - Surabaya

Re: cessna 182 xl mania

Post by opikandy »

wedhee wrote:Permisi Nubie mau numpang nanya..
Klo cessna ini yg keluaran nya art tech 500 class (pake flaps) sama FMS karakter terbangnya sama aja atau engga??



Klo dari pengalaman ngojek armada milik teman
Entah kenapa hampir semua produk FMS karakter lebih stabil diterbangkan

Klo untuk flap kadang dari pabrikan ada yg sudah ada dan ada yg blm terpasang flapnya
Klo blm ada kita bisa menambahkan sendiri dengan menambahkan 2 servo 9gr (untuk cesna dgn ws 1,3m Art tech/1,4m Fms)
Kelebihan flap waktu landing pesawat bisa lebih smooth
Dan untuk takeoff bisa memperpendek jarak
User avatar
JEFFRY
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 102
Joined: 07 Jul 2011, 14:53
Location: Medan - Sumatera Utara
Contact:

Re: cessna 182 xl mania

Post by JEFFRY »

opikandy wrote:
[size=150]Flap Aktif

Image

Air Brake dan flap aktif
Image
klo kt menggunakan TX digital Kita bisa mengaktifkan menu air brake ini pada TX kita, lumayan bs mengurangi kecepatan pesawat saat kita mau landing :thx :thx :thx


mau nanya neh om...
kalo mo landing untuk ngurangin kecepatan pesawat apa cukup flap aja yang di aktifin ato Air Brake juga sekalian diaktifin seperti photo om opi diatas.
Mohon petunjuknya...
terimakasih...
User avatar
opikandy
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 177
Joined: 23 Dec 2011, 21:56
Location: Banda Aceh - Surabaya

Re: cessna 182 xl mania

Post by opikandy »

Klo pesawat memang dirasa masih terlalu kencang untuk landing
Saya biasanya jg aktifkan airbrake selain flap tp jgn kelewat pelan laju pesawat kita om, karena bisa mengakibatkan stall

Airbrake sering saya gunakan ketika pesawat sudah menyentuh runway
Sehingga bisa membatu mengurangi kecepatan pesawat didarat ( ini jika runwayny pendek)

Klo om jeffry menggunakan flap untuk landing
Lebih bagus lagi klo di mix antara flap dan elevator

Sehingg nose pesawat tidak terlalu mengarah keatas om
Usahakan nose pesawat agak turun atau rata dengan elevator
Karena ini bisa juga untuk mengurangi gejala stall

Semoga dapat membantu
User avatar
JEFFRY
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 102
Joined: 07 Jul 2011, 14:53
Location: Medan - Sumatera Utara
Contact:

Re: cessna 182 xl mania

Post by JEFFRY »

opikandy wrote:Klo pesawat memang dirasa masih terlalu kencang untuk landing
Saya biasanya jg aktifkan airbrake selain flap tp jgn kelewat pelan laju pesawat kita om, karena bisa mengakibatkan stall

Airbrake sering saya gunakan ketika pesawat sudah menyentuh runway
Sehingga bisa membatu mengurangi kecepatan pesawat didarat ( ini jika runwayny pendek)

Klo om jeffry menggunakan flap untuk landing
Lebih bagus lagi klo di mix antara flap dan elevator

Sehingg nose pesawat tidak terlalu mengarah keatas om
Usahakan nose pesawat agak turun atau rata dengan elevator
Karena ini bisa juga untuk mengurangi gejala stall

Semoga dapat membantu


Makasih om Opikandy siap dilaksanakan...
mo nanya lagi neh... om.
biasanya om opi untuk mix antara flap dan elevator perbandingannya berapa antara flap dan elevator?
terimakasih
Post Reply