Cessna Melintir Kanan

Diskusi pesawat rc secara umum

Moderators: toto, Susilo

User avatar
JEFFRY
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 102
Joined: 07 Jul 2011, 14:53
Location: Medan - Sumatera Utara
Contact:

Cessna Melintir Kanan

Post by JEFFRY »

Sore om dan suhu grage semua...
ijin buka thread baru om...
sebelumnya kepada om admin kalo slah kamar tolong pindahin ya..
kalo dah pernah dibahas kasih link nya.. tq
masalahnya gini om..
cessna saya selalu melintir ke kanan. dan belum pernah terbang dengan baik.
selalu mencium bumi pertiwi... #-o
mohon petunjuk dari suhu semua, apa yang harus di set lagi...
ini photo pesawatnya om..
Image
Image
Image
Image
Image
Image
terimakasih.
User avatar
Ravenchan
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 730
Joined: 31 May 2007, 11:07
Location: M-E-D-A-N
Contact:

Re: Cessna Melintir Kanan

Post by Ravenchan »

coba di check kembali right thrust dan down thrustnya kembali. Sudut kemiringan motor jika dilihat dari depan maka motor harus tunduk ke bawah sedikit sekitar 3 derajat. Right thrust pesawat dilihat dari ekor ke depan motor harus agak ke kanan 3 derajat. Dari foto keliatannya right thrustnya belum ada.

salam

Ravenchan
User avatar
agus17
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 63
Joined: 27 May 2009, 12:17
Location: SulSel

Re: Cessna Melintir Kanan

Post by agus17 »

kasusnya sama om dengan pesawat cessna saya setahun yg lalu, coba cek kelurusan motor jika dilihat dari atas, coba kelurusannya jadi 0 saja. Pesawat ini cenderung tail heavy jadi sebaiknya berikan sedikit down thrust
User avatar
BZ123456
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1177
Joined: 26 Dec 2011, 21:46
Location: Jak-Tim

Re: Cessna Melintir Kanan

Post by BZ123456 »

Koreksi pak Agus17, kalo tail heavy tidak dikoreksi dengan down thrust, tetapi mngatur CG sehingga tepat di tempatnya.
Thrust line menurut mata saya yang silinder berat ini sepertinya sudah ke kanan tuh.....tetapi justru fin yang bengkok ke kanan. Mohon di cek ulang
User avatar
fly123
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 228
Joined: 24 Nov 2010, 10:40
Location: Lampung Timur

Re: Cessna Melintir Kanan

Post by fly123 »

sepertinya stabliser belakang miring yang sebelah kanan agak turun,maaf kalau salah.cmiw.
User avatar
ariebudi
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 725
Joined: 19 Jul 2010, 23:29
Location: kroya, cilacap
Contact:

Re: Cessna Melintir Kanan

Post by ariebudi »

BZ123456 wrote:Koreksi pak Agus17, kalo tail heavy tidak dikoreksi dengan down thrust, tetapi mngatur CG sehingga tepat di tempatnya.
Thrust line menurut mata saya yang silinder berat ini sepertinya sudah ke kanan tuh.....tetapi justru fin yang bengkok ke kanan. Mohon di cek ulang


sedikit sharing pengalaman jg om ben...untuk pesawat dgn kondisi tail heavy dan udah ngga bisa lagi diset cg nya...krn kendala teknis spt komponen yang sidah fix tempatnya...salah satu trik adalah dengan menambah down thrust...ini lebih baik daripada menambah balast didepan...



om jeffry...coba dicek lagi kondisi sayapnya...sekilas terlihat 'twist'...kemungkinan ini yang menyebabkan pesawat melintir kekanan....
JEFFRY wrote:Image
User avatar
yoyonh
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 707
Joined: 01 Aug 2010, 23:16
Location: Bekasi
Contact:

Re: Cessna Melintir Kanan

Post by yoyonh »

Yang saya tahu sih om.
Pesawat akan cenderung belok kanan jika
1. Right thrust kebanyakan (lebih dari 3 derajat)
2. Ruder sudah belok ke kanan.
3. Fin miring kekanan (tapi mungkin effectnya gak terlalu besar, yang penting rudernya tetap lurus).
3. Sirip aileron sayap kanan lebih tinggi ketimbang sirip sayap kiri atau malah sirip kirinya sudah turun.
4. Sayap kiri dan kanan sudah tidak rata, angin yang menabrak dari depan lebih banyak nabrak bagian atas sayap kanan atau lebih banyak menabrak bagian bawah sayap kiri.
5.. Stab/elevator sebagaimana kita lihat untuk Cessna sisi kiri dan kanan tidak solid dan rawan patah di tengah, kalau kemiringannya tidak sama juga bisa mengakibatkan pesawat melintir.
5. Proppeler berputar searah jarum jam kalau dilihat dari depan pesawat (ini paling fatal kalau sudah di beri right thrust).

Itu saja yang saya tahu, dan kelihatannya sayap kiri dan kanan memang sudah tidak sama om.

Kemudian kalau gampang stall itu memang karakter Cessna om, dengan sayap yang rata (dehidral hampir nol), tidak bisa slow banget, dia harus punya speed yang cukup dibanding dengan berat pesawat.

Maaf kalau kepanjangan, cuman share pengalaman pribadi yang cessnanya sudah tanpa bentuk tapi masih bisa terbang :shy
User avatar
yoyonh
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 707
Joined: 01 Aug 2010, 23:16
Location: Bekasi
Contact:

Re: Cessna Melintir Kanan

Post by yoyonh »

ariebudi wrote:
BZ123456 wrote:Koreksi pak Agus17, kalo tail heavy tidak dikoreksi dengan down thrust, tetapi mngatur CG sehingga tepat di tempatnya.
Thrust line menurut mata saya yang silinder berat ini sepertinya sudah ke kanan tuh.....tetapi justru fin yang bengkok ke kanan. Mohon di cek ulang


sedikit sharing pengalaman jg om ben...untuk pesawat dgn kondisi tail heavy dan udah ngga bisa lagi diset cg nya...krn kendala teknis spt komponen yang sidah fix tempatnya...salah satu trik adalah dengan menambah down thrust...ini lebih baik daripada menambah balast didepan...



om jeffry...coba dicek lagi kondisi sayapnya...sekilas terlihat 'twist'...kemungkinan ini yang menyebabkan pesawat melintir kekanan....
JEFFRY wrote:Image


Setuju dengan om Budi, Saya lihat leading edge sayap kiri paling ujung sudah naik, ini yang menurut saya yang menyebabkan sayap kiri ke angkat dan pesawat melintir ke kanan.
User avatar
agus17
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 63
Joined: 27 May 2009, 12:17
Location: SulSel

Re: Cessna Melintir Kanan

Post by agus17 »

Oh iya baru ingat, pesawat saya yg sejenis, coba deh fin nya di diperkuat dengan batang carbon atau bambu biar lebih kaku, karena fin bawaan dari pabrik kurang kaku sehingga gampang berubah posisi, dengan cara ini pesawat cessna saya yg dulu sdh tidak melintir lagi, kl melihat dari fotonya dari depan, fin nya sdh tidak tegak lurus lagi
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Cessna Melintir Kanan

Post by toto »

apakah sudah di coba pada saat takeoff elevator jangan di up terlalu dini ... biar kan dapat air speed pasti akan airborne ... yg udah2 salah satu kemungkina terjadi mlintir ke kanan seperti terjadi pada umumnya pada piper j3 karena belum dapat lift yg cukup elevator sudah di up terlalu banyak buntut ya malah membuat pesawat spin ke kanan ....



salam
Post Reply