BZ123456 wrote:Thrust line menurut mata saya yang silinder berat ini sepertinya sudah ke kanan tuh.....tetapi justru fin yang bengkok ke kanan. Mohon di cek ulang
Menurut mata saya yg juga udah silinder, itu yg saya tebelin kudu dicek ulang dulu/dilurusin
toto wrote:apakah sudah di coba pada saat takeoff elevator jangan di up terlalu dini ... biar kan dapat air speed pasti akan airborne ... yg udah2 salah satu kemungkina terjadi mlintir ke kanan seperti terjadi pada umumnya pada piper j3 karena belum dapat lift yg cukup elevator sudah di up terlalu banyak buntut ya malah membuat pesawat spin ke kanan ....
salam
sama suhu pakde toto kyak pswt piper j3 sy selalu melintir kekanan.....kurang down trush ktnya....skr pswtnya grounded dech.....
Saya dulu punya Cessna Corvalis 400, juga melintir terus tapi ke kiri... Setelah posisi motor dibuat miring kekanan sampai miringnya terlihat jelas dari arah depan, baru melintirnya berkurang. Tapi begitu airborne, melintirnya kekanan..... sampai pesawat itu bentuknya sudah gak karuan, tetap tidak pernah terbang normal...sampai2 pernah dipasangi engine OS 40LA.. dan akhirnya hancur beneran.....
ariebudi wrote:om jeffry...coba dicek lagi kondisi sayapnya...sekilas terlihat 'twist'...kemungkinan ini yang menyebabkan pesawat melintir kekanan....
Maksud yang ditebalin diatas apa ya om ariebudi... maklum masih newbie neh om kayaknya sayapnya normal tuh om,... cuman ada penyok sedikit disebelah kanan. akibat crash... maklum masih newbie terimakasih.
BZ123456 wrote:Thrust line menurut mata saya yang silinder berat ini sepertinya sudah ke kanan tuh.....tetapi justru fin yang bengkok ke kanan. Mohon di cek ulang
Menurut mata saya yg juga udah silinder, itu yg saya tebelin kudu dicek ulang dulu/dilurusin
ariebudi wrote:om jeffry...coba dicek lagi kondisi sayapnya...sekilas terlihat 'twist'...kemungkinan ini yang menyebabkan pesawat melintir kekanan....
iya juga, wingtip sayap kiri twist/mulet/melintir, coba dulu ini juga dilurusin dg cara direnedam dalam air panas ( didihin air di panci, setelah mendidih matiin kompornya baru rendem ujung sayap yg twist, moga2 bisa balik lurus lagi)
ariebudi wrote:om jeffry...coba dicek lagi kondisi sayapnya...sekilas terlihat 'twist'...kemungkinan ini yang menyebabkan pesawat melintir kekanan....
iya juga, wingtip sayap kiri twist/mulet/melintir, coba dulu ini juga dilurusin dg cara direnedam dalam air panas ( didihin air di panci, setelah mendidih matiin kompornya baru rendem ujung sayap yg twist, moga2 bisa balik lurus lagi)
Fin sudah coba dilurusin tapi gak bisa juga. akhirnya saya ganti dengan bahan coroplast. kira-kira kalo pake lem styrofoam lengket gak coroplast dengan styrofoam. ato pake lem apa yang cocok untuk gabungin bahan coroplast dengan styrofoam. untuk sayapnya nanti saya praktekin suhu... terimakassih ...