Budiman wrote:Roll rate heli, untuk sementara saya hanya bisa menyimpulkan, namun belum tentu benar, jadi jika ada rekan yang hendak menambahkan lagi adalah sesuatu yang berharga bagi kita semua di sini..
Sepanjang yang saya amati, roll rate heli sangat ditentukan oleh : 1. Seberapa besar reaksi dari flybar system, semakin cepat respon flybar, maka akan roll rate yang cepat pula 2. seberapa besar swash degree untuk aeleron, ini dapat diubah melalui setting "D/R" untuk aeleron...semakin ke arah nilai 100% maka semakin cepat pula roll rate. 3. Nilai throttle curve, ada indikasi untuk "cenderung" flat, namun harus hati2 pula menentukan berapa setiap point nya termasuk kaitannya dengan menggunakan Cyclic-Throttle mixing atopun Governor 4. Pitch degree dari main blade untuk proses Rolling...
Silahkan untuk menambahkan,ato berpendapat lain atopun sekedar tertarik mengenai Rolling ...karena menerbangkan heli kan tidak melulu hover sampe ngantuk..hehehe...
Budiman wrote:Roll rate heli, untuk sementara saya hanya bisa menyimpulkan, namun belum tentu benar, jadi jika ada rekan yang hendak menambahkan lagi adalah sesuatu yang berharga bagi kita semua di sini..
Sepanjang yang saya amati, roll rate heli sangat ditentukan oleh : 1. Seberapa besar reaksi dari flybar system, semakin cepat respon flybar, maka akan roll rate yang cepat pula 2. seberapa besar swash degree untuk aeleron, ini dapat diubah melalui setting "D/R" untuk aeleron...semakin ke arah nilai 100% maka semakin cepat pula roll rate. 3. Nilai throttle curve, ada indikasi untuk "cenderung" flat, namun harus hati2 pula menentukan berapa setiap point nya termasuk kaitannya dengan menggunakan Cyclic-Throttle mixing atopun Governor 4. Pitch degree dari main blade untuk proses Rolling...
Silahkan untuk menambahkan,ato berpendapat lain atopun sekedar tertarik mengenai Rolling ...karena menerbangkan heli kan tidak melulu hover sampe ngantuk..hehehe...
Mantap
@budi.santoso, Apanya yang mantap,Om?.... ....mbok ya ditambahin lagi gitu...
Perasaan roll manuver tidaklah terlalu menguras tenaga apalagi sampai engine bogging, kalau ternyata terjadi mungkin dikarenakan setting engine yang salah, atau engine tak dapat pasokan bahan bakar pada waktu invert, apa pernah dicoba saat invert akselerasi engine seperti apa atau jangan jangan waktu invert engine malah mati, karena masuk angin, maaf saya hanya mengira ira sekali lagi maaf om budiman
Faridfadlan wrote:Perasaan roll manuver tidaklah terlalu menguras tenaga apalagi sampai engine bogging, kalau ternyata terjadi mungkin dikarenakan setting engine yang salah, atau engine tak dapat pasokan bahan bakar pada waktu invert, apa pernah dicoba saat invert akselerasi engine seperti apa atau jangan jangan waktu invert engine malah mati, karena masuk angin, maaf saya hanya mengira ira sekali lagi maaf om budiman
Mungkin setting point baik pada throttle serta pitch curve bisa di"bagi"kan rahasianya, Pak.. spesifikasi engine serta heli apa yang dipergunakan??.. Saya yakin ini akan menjadi info yang sangat menarik buat rekan2 yang lain...