wah sy pake skywalker kok bgitu d flap malah cenderung naik y pswtny krn daya angkatny jd bertambah..
jdny g mau turun2 makany elevny perlu diturunin biar pswt mw turun..
mungkin memang bnr stiap pswt itu beda2 karakterny..
flaperon pada pesawat
Moderator: NGL
- herjuno
- Technical Sergeant
- Posts: 300
- Joined: 24 Aug 2011, 09:39
- Location: depok - tembalang, semarang
- Andri_Adr
- Master Sergeant
- Posts: 403
- Joined: 03 Sep 2012, 13:35
- Location: duri-bandung-garut
- Contact:
Re: flaperon pada pesawat
izin menyimak om..
kalo saya biasanya pas diaktifin flap, pesawat cenderung naik..dan biasa dicover ama elevator turun sekitar 10 persen biar lempeng..
kalau flaperon belum pernah nyoba, takut ah..
takut pas diaktifin flaperon nya ga bisa belok-belok lagi..
in case pas aktifin flaperon pesawat miring dan perlu dicover pake aileron..
btw, mohon maaf bila salah..
apakah ketika diaktifkan flaperon, aileronnya jadi ga berfungsi atau gmn om?
kalo saya biasanya pas diaktifin flap, pesawat cenderung naik..dan biasa dicover ama elevator turun sekitar 10 persen biar lempeng..
kalau flaperon belum pernah nyoba, takut ah..
takut pas diaktifin flaperon nya ga bisa belok-belok lagi..
in case pas aktifin flaperon pesawat miring dan perlu dicover pake aileron..
btw, mohon maaf bila salah..
apakah ketika diaktifkan flaperon, aileronnya jadi ga berfungsi atau gmn om?
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: flaperon pada pesawat
Andri_Adr wrote:izin menyimak om..
1. kalo saya biasanya pas diaktifin flap, pesawat cenderung naik..dan biasa dicover ama elevator turun sekitar 10 persen biar lempeng..
2. kalau flaperon belum pernah nyoba, takut ah..
takut pas diaktifin flaperon nya ga bisa belok-belok lagi..
in case pas aktifin flaperon pesawat miring dan perlu dicover pake aileron..
btw, mohon maaf bila salah..
apakah ketika diaktifkan flaperon, aileronnya jadi ga berfungsi atau gmn om?
1. Biasanya sih dg dikurangin speed aja om, karena tujuan flap kan buat nambah lift pada kecepatan rendah. kalo flap aktif saat sped normal ya emang akan cenderung jadi naik pesawatnya
2. kalo yg ini, flap diaktifin saat udah on final alias udah bener2 lurus dan ketinggian udah pas buat landing, gak perlu manuper2 lagi
- Andri_Adr
- Master Sergeant
- Posts: 403
- Joined: 03 Sep 2012, 13:35
- Location: duri-bandung-garut
- Contact:
Re: flaperon pada pesawat
iwan21 wrote:Andri_Adr wrote:izin menyimak om..
1. kalo saya biasanya pas diaktifin flap, pesawat cenderung naik..dan biasa dicover ama elevator turun sekitar 10 persen biar lempeng..
2. kalau flaperon belum pernah nyoba, takut ah..
takut pas diaktifin flaperon nya ga bisa belok-belok lagi..
in case pas aktifin flaperon pesawat miring dan perlu dicover pake aileron..
btw, mohon maaf bila salah..
apakah ketika diaktifkan flaperon, aileronnya jadi ga berfungsi atau gmn om?
1. Biasanya sih dg dikurangin speed aja om, karena tujuan flap kan buat nambah lift pada kecepatan rendah. kalo flap aktif saat sped normal ya emang akan cenderung jadi naik pesawatnya
2. kalo yg ini, flap diaktifin saat udah on final alias udah bener2 lurus dan ketinggian udah pas buat landing, gak perlu manuper2 lagi
terima kasih masukkannya om Iwan..
insyaAllah akan saya coba aplikasikan..
- vtoms_486
- Senior Airman
- Posts: 117
- Joined: 11 Sep 2012, 13:29
- Location: Tomohon, Sulawesi Utara
Re: flaperon pada pesawat
Andri_Adr wrote:iwan21 wrote:Andri_Adr wrote:izin menyimak om..
1. kalo saya biasanya pas diaktifin flap, pesawat cenderung naik..dan biasa dicover ama elevator turun sekitar 10 persen biar lempeng..
2. kalau flaperon belum pernah nyoba, takut ah..
takut pas diaktifin flaperon nya ga bisa belok-belok lagi..
in case pas aktifin flaperon pesawat miring dan perlu dicover pake aileron..
btw, mohon maaf bila salah..
apakah ketika diaktifkan flaperon, aileronnya jadi ga berfungsi atau gmn om?
1. Biasanya sih dg dikurangin speed aja om, karena tujuan flap kan buat nambah lift pada kecepatan rendah. kalo flap aktif saat sped normal ya emang akan cenderung jadi naik pesawatnya
2. kalo yg ini, flap diaktifin saat udah on final alias udah bener2 lurus dan ketinggian udah pas buat landing, gak perlu manuper2 lagi
terima kasih masukkannya om Iwan..
insyaAllah akan saya coba aplikasikan..
kalo saya setting flaperon d tx fs9x di swicth ID2 gak 100% oom...
paling 65-70% tergantung pesawatnya.
jadi masih nyisa buat pergerakan aileronnya walau hanya sekitar 30-35%
saat udah clear for landing, turunin speed 60% ke +40%
aktifin flaperon dan tetap masih bisa mainin aileron...
semoga membantu oom...
- Andri_Adr
- Master Sergeant
- Posts: 403
- Joined: 03 Sep 2012, 13:35
- Location: duri-bandung-garut
- Contact:
Re: flaperon pada pesawat
Terima kasih banyak masukkannya om..
Ilmu baru buat saya
Ilmu baru buat saya
- yrakluz
- Staff Sergeant
- Posts: 258
- Joined: 11 Aug 2010, 07:48
- Location: Cinere, Jakarta
- Contact:
Re: flaperon pada pesawat
arrivan wrote:
Minta tolong di share om parameter setingannya utk Fut T8FG,![]()
saya msh blm berhasil setingan flaperon dgn remote ini.
Cub saya pake 2 servo flap plus 2 servo aileron. Untuk mengaktifkan flap yang bisa turun pelan2 kalo di-switch on (tapi aileron masih aktif --> bukan flaperon sih), saya ngikutin petunjuk dari pdf hasil google. Coba ketik: "futaba 8fg simulating a servo slow function", download pdf nya. Semoga sesuai dengan yg diinginkan

- itwilly
- Second Lieutenant
- Posts: 1173
- Joined: 14 Mar 2008, 10:11
- Location: Purwakarta
- Contact:
Re: flaperon pada pesawat
kalau pakai 2 servo flap dan 2 servo aileron, kekurangannya nambah berat pesawat.
masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya...........
masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya...........
- toto
- Brigadier General
- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: flaperon pada pesawat
Kalau menurut saya yang masih belajar loh ya .... Soal kelebihan dan kekurangan baik sistem independen flap dan flapron lebih dari sisi pemasangan dan pengoperasiannya deh
Terkait pemasangan flap pada pesawat kecil tentunya akan membebani tapi tidak pada pesawat besar dan kalau mau dipasang dipesawat kecil ada kok sekarang servo dengan torsi besar tapi bobotnya ringan ... Terus kalau pakai remote digital dgn menu yg lumayan komplit malah bisa sekalian sang aileron di aktifkan jadi airbrake biar membantu walau sedikit tapi lumayan utk mahan lajunya pesawat waktu sudah landing
Terus terkait dengan pengoperasian bisa jadi efektifitasnya berkurang dan kenapanya sudah dijelaskan oleh suhu iwan kan
Salam
Terkait pemasangan flap pada pesawat kecil tentunya akan membebani tapi tidak pada pesawat besar dan kalau mau dipasang dipesawat kecil ada kok sekarang servo dengan torsi besar tapi bobotnya ringan ... Terus kalau pakai remote digital dgn menu yg lumayan komplit malah bisa sekalian sang aileron di aktifkan jadi airbrake biar membantu walau sedikit tapi lumayan utk mahan lajunya pesawat waktu sudah landing
Terus terkait dengan pengoperasian bisa jadi efektifitasnya berkurang dan kenapanya sudah dijelaskan oleh suhu iwan kan
Salam
- guntaey
- Airman First Class
- Posts: 71
- Joined: 31 Mar 2010, 20:21
- Location: X-jati Subang
Re: flaperon pada pesawat
Maaf ikut memberi masukan sedikit.. kl ad kurang tolong dibetulkan.. disini kita membahas flaperon... setau saya flaperon itu kepanjangan flap dan aileron jadi mix antara flap dan aileron.. ini bisa dilakukan kalau aileron kita masing2 ad servonya jadi disayap kanan kiri pakai servo masing2 beda lagi yg aileron cm pakai 1 servo buat kanan kiri, sampai pesawatnya jenggotan jg ga bakal bs dilakukan.. hehe.. ini jg bs dilakukan kalau remit kita tersedia mix flaperon.. nah cara kerjanya sebenarnya simpel saat kita mengaktifkan swich flaperon si aileron dua2nya akan turun sesuai setingan yg telah kita buat berapa persen, tp walau sudah turun kita msh bisa fungsikan sebagai aileron jg.. sekarang kita bahas flap sendiri seperti yg udh dijelaskan suhu2 diatas flap berfungsi membantu daya angkat pesawat pada saat mau takeoff ataupyn landing.. kalau dipesawat beneran ini sangat membantu banget.. kl dipesawat kita sebenarnya pengaruhnya ga terlalu signifikan, krn tanpa flap jg akan dengan mudah takeoff ataupun landing.. tp pd saat landibg ini sangat diperlukan untuk pesawat2 kelas mid wing krn pswt mid wing identik dengan sayap yg flat jd akan mudah tuen ataupun drop stal yg tinggi kl g dibantu dgn flap.. ini sedikit masukan semoga bs membantu kl ad kurang tolong dikoreksi