Nerusin saran dari om suhu flylow tapi semoga enggak ngerepotin seandainya horizontal stab dibikin ada airfoilnya maka servo pake yg low profile pasang disitu sekalian dan horizontal stab nya juga dbuat terpisah kiri dan kanan nanti kegunaannya waktu nyimpen dan bawa pesawat membutuhkan ruang lebih kecil dan enggak takut horizontal stab kepentok sesuatu dan patah atau sobek cote nya sebelum terbang .... Mohon maaf kalau tidak berkenan dgn saran saya ini
Salam
clone edge
- toto
- Brigadier General
- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
- diantabalong
- Senior Airman
- Posts: 161
- Joined: 06 Sep 2011, 13:17
- Location: Tanjung-Tabalong Kalsel
- Contact:
Re: clone edge
ikut menyimak... 

- panji76
- Master Sergeant
- Posts: 484
- Joined: 16 Aug 2011, 01:43
- Location: Madiun
- Contact:
Re: clone edge
toto wrote:Nerusin saran dari om suhu flylow tapi semoga enggak ngerepotin seandainya horizontal stab dibikin ada airfoilnya maka servo pake yg low profile pasang disitu sekalian dan horizontal stab nya juga dbuat terpisah kiri dan kanan nanti kegunaannya waktu nyimpen dan bawa pesawat membutuhkan ruang lebih kecil dan enggak takut horizontal stab kepentok sesuatu dan patah atau sobek cote nya sebelum terbang .... Mohon maaf kalau tidak berkenan dgn saran saya ini
Salam
bagian itu eyang yang bikin saya bingun,system copotabel untuk horizontal stab....andaikan saya deket rumah eyang suhu...pasti saya bolak-balik untuk njiplak kontruksi pesawatnya eyang.
saran eyang suhu saya save dulu...mungkin untuk next proyek bisa dikarang cara bikinnya.
matur suwun suhu atas wejangannya.
diantabalong wrote:ikut menyimak...
ternyata om dian masih monitor terus ta...iya nih om...proyek udah lebih satu bulan nggak kelar2...karena pengerjaanya cuman 3 jam tiap hari itu juga malem ...

- flylow
- Senior Master Sergeant
- Posts: 550
- Joined: 02 Oct 2012, 10:58
- Location: Palembang - South Sumatera
Re: clone edge
panji76 wrote:@zaki :..nah itu dia om zaki..yang mau saya uji....tadi cuma saya test untuk menekan timbangan dengan memegang ujung road...dia mampu 2.5kg lebih belum melengkung
@flylow :...thank om flylow....bisa dicoba,untuk kebetulan ada stok untuk kawat panjingnya.terkhir belum saya timbang
![]()
sarannya.
pesawat wingspan 175cm 3D kekuatan pushrodnya minimal harus 5kg
ini salah satu sebab pesawat yg gedean jarang nempatin servo elevator di tengah menggunakan pushrod yg panjang
segeralah pindahin jadi direct drive dgn pushrod metal yg pendek

- panji76
- Master Sergeant
- Posts: 484
- Joined: 16 Aug 2011, 01:43
- Location: Madiun
- Contact:
Re: clone edge
flylow wrote:pesawat wingspan 175cm 3D kekuatan pushrodnya minimal harus 5kg
segeralah pindahin jadi direct drive dgn pushrod metal yg pendek
siap suhu...kemaren sesuai ramalan om flaylow setelah pernak-perniknya coba ditempel masih berat belakang(pakai engine 61 nggak dicoba pakai 91)....akhirnya fuse dipotong sekitar 5cm/1,6 cord,baru bisa ketemu cg yang pas.
om...besok-besok kalau ngrakit pesawat mohon dishar ya om....kan saya bisa jiplak ini itunya...



- flylow
- Senior Master Sergeant
- Posts: 550
- Joined: 02 Oct 2012, 10:58
- Location: Palembang - South Sumatera
Re: clone edge
panji76 wrote:om...besok-besok kalau ngrakit pesawat mohon dishar ya om....kan saya bisa jiplak ini itunya...![]()
![]()
yg pabrikan ada di thread:
http://gaero.org/forum/viewtopic.php?f=105&t=14243
banyak contoh2 penempatannya
- panji76
- Master Sergeant
- Posts: 484
- Joined: 16 Aug 2011, 01:43
- Location: Madiun
- Contact:
Re: clone edge
flylow wrote:yg pabrikan ada di thread:
http://gaero.org/forum/viewtopic.php?f=105&t=14243
banyak contoh2 penempatannya
udah om...sebagian juga terinspirasi dari thread tersebut...waktu om flylow ngrakit biplane kemaren.
- toto
- Brigadier General
- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: clone edge
Pa'lik suhu panji, prinsip sama kok kaya main wing kan dan secara umum ada 2 model, yaitu :
1. Split wing antara yg kiri dan kanan diteplokin ke fuselage di tengah pakai 1 atau 2 batang copotable wing tube; atau
2. Wing utuh kiri dan kanan nyambung terus tinggal di teplokin dari bawah terus pasang blind nut di bagian ekor fuselage lanjut tinggal di 2 buah baut dengan posisi depan belakang
3. Yang model 1. Servo di horz stab kalau model 2 servo bisa di teplokin di bagian ekor fuselage yg copotable, dengan cara gini di copat copot stelan servo relatif aman yg di di copat copot cuman kabel servo aja
hayo tantangan baru nih suhu pasti bisa saya yakin banget dah ....
Salam
1. Split wing antara yg kiri dan kanan diteplokin ke fuselage di tengah pakai 1 atau 2 batang copotable wing tube; atau
2. Wing utuh kiri dan kanan nyambung terus tinggal di teplokin dari bawah terus pasang blind nut di bagian ekor fuselage lanjut tinggal di 2 buah baut dengan posisi depan belakang
3. Yang model 1. Servo di horz stab kalau model 2 servo bisa di teplokin di bagian ekor fuselage yg copotable, dengan cara gini di copat copot stelan servo relatif aman yg di di copat copot cuman kabel servo aja
hayo tantangan baru nih suhu pasti bisa saya yakin banget dah ....

Salam
- panji76
- Master Sergeant
- Posts: 484
- Joined: 16 Aug 2011, 01:43
- Location: Madiun
- Contact:
Re: clone edge
siap enyang suhu....coba nanti tak ramalnya dulu seperti petuah eyang suhu toto...biar mudah untuk angkut2nya...kalau kelapangan cuma bawa tas kanan kiri pakai sepeda pasti bisa bawa.
matur suwun suhu.
matur suwun suhu.
- Hopatz
- Senior Airman
- Posts: 178
- Joined: 28 May 2009, 18:06
- Location: Jombang
- Contact:
Re: clone edge
panji76 wrote:siap enyang suhu....coba nanti tak ramalnya dulu seperti petuah eyang suhu toto...biar mudah untuk angkut2nya...kalau kelapangan cuma bawa tas kanan kiri pakai sepeda pasti bisa bawa.
matur suwun suhu.
besok maiden??
hahaha... ayo lembur lagi sampe jam 6 pagi, jam 7 ke lapangan, nanti tak siapi bantal sama tikar dilapangan paskhas


