Bingung menentukan kombinasi spec komponen

Buat yang baru belajar bikin pesawat

Moderators: im-sad, GandrungMaBur

User avatar
Bodyguard
Captain
Captain
Posts: 1732
Joined: 29 Nov 2011, 18:39
Location: Tabongo-Gorontalo

Re: Bingung menentukan kombinasi spec komponen

Post by Bodyguard »

Di pakein depan ama belakang juga bisa koq om...spy bisa lebih gesit lgi.... :cling
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Bingung menentukan kombinasi spec komponen

Post by iwan21 »

arwany wrote:skg sy jg pake rumus itu om, thanks om.

owh iya, sy kan pake 2 servo, yang buat belok itu pada sayap depan atau belakang ya?


om ada baiknya baca2 ini dulu, supaya gak keliru maksud


Pergerakan, gaya2 dan geometri pesawat
viewtopic.php?f=21&t=63
User avatar
arwany
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 96
Joined: 14 Nov 2013, 14:10
Location: Nusa Dua
Contact:

Re: Bingung menentukan kombinasi spec komponen

Post by arwany »

Akhirnya jd jg pesawat pertama sekaligus homemade pertama jg. Cm blm dites terbang, msh nunggu batre. Bs terbang gak ya..... hehe....Image
User avatar
predator
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 111
Joined: 14 Oct 2011, 22:08
Location: malang

Re: Bingung menentukan kombinasi spec komponen

Post by predator »

iwan21 wrote:Begini om stepnya ( kalo ada yg kurang tolong om2 yg laen nambahin ya)
1. tentuin mau buat pesawat apa, slow flyer, sport, 3D, jet ? dll
2. Cari patokan wingloading buat jenis pesasat sesuai karakter terbang yg dipilih (antara 20 - 30 gr/dm2 yg aman)
3. karena target wingspan udah ditentuin ( 80cm), itu bukan lebar ya om, tapi bentang sayap alias wingspan, tinggal tentuin lebar sayapnya ( wingchord), pake wing aspect ratio (perbandingan wingchord / wingspan), mau 1:4, 1:5 atau 1:6
4. setelah luasan sayap dapet (wingspan x wingchord), bis adihitung berat maksimum pesawatnya, dg cara mengalikan luas sayap dg wingloading
5. kalo berat maksimum dah dapet, cari lagi patokan power loading buat pesawat dimaksud ( antara 0,2 - 0,3 Watt/gr)
6. dari jasil berat maksimum dan power loading, kalo dikalikan, kita dapetin angka power ( dalam watt) minimum yg diperluin, tinggal kaliin aja 125% dari angak tsb, dapet deh motornya
7. Watt motor kan udah dapet, tinggal milih kV nya kan?. kV kembali lagi nyesuain dg karakter pesawatnya, dari kV dan power, akan keliatan perlu propeler ukruan berapa nantinya
8. Gimana milih ESC nya ?, esc = 125% dari arus maksmimum motor, arus maksimum motor = Watt motor dibagi tegangan batere . tegangan batere umumnya dipake lipo 3 sel alias 11,1 Volt
9. gimana milih kapasitas batere sekarang ?, kapasitas batere kaitannya dg arus maksimum motor dan lama terbang, initnya si batere mesti mampu menyuplai arus sesuai keperluan motor ( didapat dari kapasitas batere dikali nilai C, tapi amanya jangan sampe ada diangka tsb, paling enggak hasil kali ini mesti 1,5 x kebutuhan motor agar batere awet)
10. servo gimana?, saya pake cara bodoh aja, torsi servo harus minimal 2x berat terbang, itu aja
11. Kalo hitungannya pas, maka kita gak akan pake motor+ESC+batere+servo yg over sized, semuanya akan pake komponen yg pas, gak nambah berat yg gak perlu, hemat batere, terbang cukupan waktunya


Mohon bisa ditambahin lagi ya kalo ada yg kurang, atau dikorekesi kalo ada yg keliru, maklum elmu KIRA2NE dari nenek moyang :gg

Ini suhu yang asli,ijin ctrl+c suhu....
Post Reply