Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Ruangan untuk photo/video udara dan FPV

Moderators: thoha, beta_james, ekozxx

Forum rules
Sehubungan dengan faktor keamanan / takut disalahgunakan oleh orang tidak bertanggungjawab , maka Anda semua diharapkan untuk berhati2 dalam mengupas teknik2 yang digunakan dalam subforum Aerial Photography & Video .
Forum Gaero , Admin dan moderator tidak bertanggungjawab atas efek yang ditimbulkan oleh postingan Anda .
Post Reply
User avatar
Arya m 1991
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 438
Joined: 05 Nov 2012, 13:09
Location: Bandung

Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Post by Arya m 1991 »

ekozxx wrote:Menurut saya Inshaallah aman om.. PM Perhubungan Udara No 90/2015 itu arahnya utk pesawat tanpa awak komersial/non hobby / yang terbangnya diluar lokasi resmi lapangan aeromodelling.. asumsi saya klo aeromodelling tetap berpegang teguh kepada safety codenya FASI aeromodelling: http://aeromodelling.or.id/download/cat ... afety-code .. Jadi selama ikuti aturan tsb ya gak peru ijin sana-sini. :-) .. Di PM no 90/2015 pun juga ditegaskan bahwa selama terbang maks 150m TIDAK diperlukan ijin, kecuali daerah2 tertentu,seperti area terbatas, area terlarang, dan dekat bandara.. (mirip safety code tadi).. FPV pun selama ikut safetycode tadi juga gak perlu ijin..


Gmn kalo sebuah komunitas terbangnya bukan di lapangan resmi / khusus aeromodelling??
Misal memanfaatkan jalan kosong / lapangan bola
Kan gag semua daerah punya landasan resmi aeromodelling,, misal lanud sulaiman bandung :D
User avatar
jerrysim
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 167
Joined: 26 May 2013, 10:30
Location: Jakarta Timur

Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Post by jerrysim »

antokrose wrote:nah itu om iwan yang juga saya fikirkan, yang bisa di manfaatkan oleh oknum oknum yang tak bertanggung jawab, dan lembaga apa yang akan mengeluarkan licensie /kompetensi sebagai syarat sesuai permen tersebut

saya sebagai orang yang hobby aeromodeling kemana mana bawa armada di dalam mobil , enta itu , heli, quad ataupun plane kecil, kadang kadang jam istirahat kantor pun terbangin armada enta di lapangan bola atau di parkiran masjid atau mall yang pastinya cari lahan yang safety untuk melampiaskan hobby kadang juga iseng iseng ambil gambar/video,. nah yang saya fikirkan ( pikiran jelek nih) enak enak nerbangin wahana tahu tahu di samperin aparat/oknum oknum yang memanfaatkan permen tersebut kena tilang hihihii , wah bisa amsiong hhhhhhh


Aman om, kalau dibawah 150 m (diatur di bab 2 lampiran PM 90/2015 tsb)
Seperti yang disebutkan om ekozxx

FYI, kawasan udara yang diawasi itu dibagi menjadi beberapa area (airspace classes), dan yang disebut uncontrolled airspace dimana kita bebas bermain itu adalah di dalam airspace class G.
Image
Di gambar ini batas atas airspace class G adalah 700 feet (200m).
Kalau di Indonesia saya ngga tau berapa, mungkin sama juga. Peraturan ini dimuat dalam Civil Aviation Safety Regulation (CASR) no.170, yang diadopsi di Indonesia dalam KepMen 14/2009
Makanya pesawat drone ga boleh lewat dari uncontrolled airspace tersebut, karena diatas nya itu semacam "jalan raya" yang sibuk, yaitu controlled airspace class A, B, C & E tsb. Gitu.
Bukannya ga boleh sih kalau mau ke jalan itu, boleh tapi ya musti "lapor" ke pak polisinya dulu, alias ATC (Air Traffic Controller). Nanti ditanya, plat nomer nya berapa, elu udah punya sim apa belom, yaa gitu deh kira-kira. Nah itulah yang diatur di bab 2 tersebut.

Oh iya, selain itu ada juga istilah prohibited & restricted area, saya juga kurang jelas yang dimaksud itu yang mana aja, tapi kalau ga salah misalnya kawasan udara diatas atap istana negara, diatas atap kedutaan, dan obyek vital lainnya (cmiiw), nah disitupun drone ga boleh masuk bahkan dari 500m dari batas luar area terlarang tsb.

Arya m 1991 wrote:Gmn kalo sebuah komunitas terbangnya bukan di lapangan resmi / khusus aeromodelling??
Misal memanfaatkan jalan kosong / lapangan bola
Kan gag semua daerah punya landasan resmi aeromodelling,, misal lanud sulaiman bandung :D

Tetap saja kalau dibawah 150m & jauh dari area terlarang, terbang di daerah ini pun "tidak kena" PM 90/2015 itu mas Arya. Aman
:hre
Lagian kalau dilihat dari bawah, ya ngga ketauan kalau ketinggian kita udah lewat 150m atau ngga. :gg
Kejadian pilot multicopter yang ditangkap di Amrik karena terbang terlalu tinggi itu disebabkan laporan dari seorang pilot helikopter polisi yang "merasa" terganggu, lalu lapor ke ATC, lalu dilaporkan lagi ke polisi di area situ. Makanya kalau merasa sedang terbang agak tinggi lalu mendengar suara helikopter, lekas turun saja. Lagian lewat-lewat sedikit kalo cuma 10-20m aja yaaa, gpp laaa :pis


Tetapi kalau bawa kamera lain ceritanya (di bab 4).
Mau di ketinggian berapapun, tetap harus ngurus ijin dulu, ke dua instansi pulak.
:nw Ini yang bikin kesal.
User avatar
Arya m 1991
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 438
Joined: 05 Nov 2012, 13:09
Location: Bandung

Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Post by Arya m 1991 »

Ok sip sip
Soalnya sy sendiri main di jalanan kosong
Mmg sering terjadi pelanggaran kalo main pagi / sore, krn muncul banyak penonton memasuki area take off / landing
Pokonya serasa terbang di jogja airshow sisi kanan kiri di apit penonton yg penasaran
Padahal udh di usir suruh jauhan
User avatar
kholil kira
trainee
trainee
Posts: 22
Joined: 10 Feb 2015, 21:50

Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Post by kholil kira »

Dulu mah sering maen di deket pemda. Koramil gak di larang malah pada nonton. Gak tau sekarang boleh apa gak
Sebenarnya bukan fpv juga. Cuman pesawat di tempeli kamera trus rekam video :hi3
Last edited by kholil kira on 05 Aug 2015, 13:58, edited 1 time in total.
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Post by iwan21 »

kholil kira wrote:Dulu mah sering maen di deket pemda. Koramil gak di larang malah pada nonton. Gak tau sekarang boleh apa gak



Bapak2 di koramilnya diajak main dan diajarin terbang, kalo perlu patungan beli WD RTF buat bapak2 di Koramil , pasti akan didukung main disitu bahkan dijagain hehehehe
User avatar
antokrose
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 695
Joined: 15 Jun 2011, 14:18
Location: candi - sidoarjo

Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Post by antokrose »

sekarang berita yang lagi marak di media online maupun televesi tentang drone yang jatuh di menara BCA,

sanksi menurut permen 90/2015, denda 1 milyar atau penjara 3 tahun,

dulu Sebelum drone ramai . Tidak ada berita satupun aeromodelling yg terbang di kawasan terlarang.dan Dari dulu moto aeromodelling apapun yg bisa terbang bukan mainan. Jadi tidak boleh main-main hihihi
User avatar
sabatsantoso
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 121
Joined: 26 Nov 2012, 14:08
Location: Jakarta
Contact:

Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Post by sabatsantoso »

menurut saya ada baiknya dari PERMEN, sedikit membuat kita lebih waspada dan lebih hati2 baik dari segi armada maupun cara terbang,jika untuk rc non komersial baiknya mengikuti arahan sesepuh komunitas di daerahnya juga untuk non komersial mungkin permen menurut saya menjaga kita dari hal2 yang tidak diinginkan CMIIW
User avatar
jerrysim
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 167
Joined: 26 May 2013, 10:30
Location: Jakarta Timur

Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Post by jerrysim »

Denda 1 milyar atau penjara 3 tahun itu dikenakan kalau memang dianggap betul-betul membahayakan keselamatan penerbangan.
Yang pasti membahayakan adalah kalau menerbangkan drone atau apapun seperti balon, layangan, dll di sekitar kawasan bandara misalnya.

Insiden di menara BCA sudah selesai, pemilik drone ditemani komunitas nya ditemani sudah mengambil drone miliknya (detik.com).
Memang peraturannya kan memang dibawah 150 meter tidak perlu melapor ke ATC, jadi dianggap tidak ada pelanggaran peraturan.

Namun dengar-dengar secara operasi pesawatnya memang si pilot yang salah (human error).
Drone menggunakan autopilot yang dilengkapi GPS untuk mengarahkan kemana dia terbang.
Nah, sesaat sebelum terbang, drone belum "home lock", tapi pilot mungkin kurang sabar.
Yang dimaksud home lock ialah drone belum betul-betul mengetahui koordinat dengan sempurna.
Alat gps kan mengetahui koordinat dengan cara menghitung jeda berbagai sinyal gps yang diterima dari semua satelit gps yang ada diatasnya dengan algoritma tertentu. Normalnya sekitar 7-9 satelit. Nah saat alat baru dinyalakan alat tersebut tidak serta-merta mendapatkan & selesai menghitung semua sinyal gps dari banyak satelit, mungkin baru 3 satelit saja. Nah pada saat seperti ini koordinat seperti berubah-ubah/pindah-pindah.
Drone juga menunjukkan tanda bahwa dia belum home lock dengan warna lampu-lampu tertentu.
Tapi mungkin si pilot sudah ga sabar, langsung dia gas ajah, ya udah kabur lah si drone kemana-mana mengikuti koordinat yang masih belum pasti tersebut. Ibarat orang yang baru aja bangun tidur disuruh nyetir mobil yang lagi ngebut di jalan tol.
:nw
Ya gitulah, makanya perlu sih untuk "fly safe".

Salam, Jerry
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Post by iwan21 »

Syukurlah kalo begitu, kasus ini jadi pelajaran juga buat kita semua betapa perlunya yg namanya pre flight check, enggak cuman buat "drone" (sengaja pake tanda kutip hehehehhe) tapi juga semua wahana yg pake kendali jarak jauh.
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2000
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Post by sahid »

iwan21 wrote:Syukurlah kalo begitu, kasus ini jadi pelajaran juga buat kita semua betapa perlunya yg namanya pre flight check, enggak cuman buat "drone" (sengaja pake tanda kutip hehehehhe) tapi juga semua wahana yg pake kendali jarak jauh.


oalah "drone"...bikin ngedrop pilot aeromodelling....

(Di rakernas Aeromodelling 2014 , bandung sebenarnya ini sudah mulai dibahas oleh Fasi-Aeromodelling tapi gak tuntas...just info)
Post Reply