Belt TYREX putus

You got problems ??? Lets discuss here !!!

Moderators: Budiman, irsansaputra

User avatar
Kiki_54
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1448
Joined: 26 Oct 2007, 20:08
Location: Cirebon
Contact:

Belt TYREX putus

Post by Kiki_54 »

Hri senin sore saya terbangin TREX, tiba2 muter dan jatuh, setelah saya periksa ternyata Beltnya putus, mohon penjelasan dari para pakar atau senior yang berpengalaman, secara teori, apa penyebab Belt TREX sampai putus?umur TREX baru 6 bulan
Terima kasih.
User avatar
mcat
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 59
Joined: 17 Jan 2008, 07:21
Location: Karawaci

Post by mcat »

bisa karena terlalu kencang masang beltnya, sehingga pada saat throtle dinaikkan semakin ketarik itu beltnya. atau mungkin dapet kualitas belt yg kurang bagus jadi mudah getas Om Dadang
User avatar
Kiki_54
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1448
Joined: 26 Oct 2007, 20:08
Location: Cirebon
Contact:

Post by Kiki_54 »

itu belt yang putus masih bawaannya Oom Mcat........
User avatar
Yudha
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 563
Joined: 01 May 2007, 15:20
Location: Medan
Contact:

Post by Yudha »

IMO belt bawaan kit memang kurang bagus om, coba ganti dengan produk aftermarket tapi ini bukan berarti belt tidak akan putus lho, harus sering di cek juga belt nya secara rutin om.
Penyebab belt putus bisa jadi karena pemasangan yang terlalu kencang, berkali2 crash, pulley bengkok, tail pulley bengkok dsb.

Semoga membantu
Last edited by Yudha on 28 May 2008, 15:08, edited 1 time in total.
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Post by AgoesAurelz »

Kalo system belt yaa gitu om...
Memang kudu hati-2 masang/ngukur tension beltnya.. kekencengan bisa putus waktu throttle disentak... kalo kekendoran tail swing dan split gear..
Kalo saya pribadi suka system shaft drive lebih praktis dan pas...
User avatar
Kiki_54
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1448
Joined: 26 Oct 2007, 20:08
Location: Cirebon
Contact:

Post by Kiki_54 »

Oom Yudha :....sepertinya memang pasang belt terlalu kenceng
Oom Augustinus.......system shaft dive memang ada untuk TREX?atau heli lain barangkali yah yang Oom maksud?
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Post by Budiman »

Alo Pak Dadang,

System belt punya kerugian di situ…bergantung dr umur belt itu sendiri..saran dr Mas Yudha memang bener…belt mesti di check kondisi nya..baik.. soal tension(tegangan) dan perubahan secara fisik…
Sejauh ini berdasar pengalaman saya..belt tidak akan putus waktu throttle disentak walopun masangnya kenceng…hanya saja memperlambat RPM tail rotor saja…sehingga, tail boom ya ketinggalan juga…
sedangkan kalo masang belt terlalu kendor…saat normal flight si ga kentara,keanehan baru terasa wkt idle-up diaktifkan..tail rotor selalu ketinggalan utk meng-counter balik torque dr main blade…
Jadi yg bener ya masang belt tidak bole terlalu kendor dan tidak bole kencang..pada manual book T-rex ditunjukkan secara gamblang,seberapa kencang kita mengatur tension pd belt…
Soal Shaft drive system ato torque tube…punya kelebihan, RPM tail rotor akan selalu stabil…tapi ada kerugian jg..kalo secara tidak sengaja tail rotor terantuk oleh benda asing wkt heli di tanah…ada kecenderungan gear dan pinion torque tube utk rompal..karena system ini sangat direct…tidak ada kompromi…
Berbeda dg system belt…belt masi memberikan toleransi..krn materialnya yg lentur..tidak ada gear dr system tail rotor yg rompal...minimal...gigi dr belt akan melompat dr gear saja..ato paling parah ya putus belt-nya...
Jadi ya kedua system diatas masi mempunyai kekurangan dan kelebihan…

Pada kasus Anda…belum tentu belt yg jadi permasalahan,karena bisa jadi belt Anda putus saat tail rotor heli terhambat sesuatu saat heli crashed…saran saya,coba di cek lagi servo rudder dan linkage rodnya secara fungsional…bila ada sesuatu yg menghambat linkage rod dr rudder…tail akan muter jg di udara,walopun servo rudder dan gyro sudah bekerja secara optimal…bisa juga karena kedudukan servo rudder yg berubah krn kendor penahannya..sehingga titik netral pada slidder di tail rotor shaft juga berubah…

Demikian semoga bisa membantu

Salam,

Budi
User avatar
Dedy
Airman
Airman
Posts: 36
Joined: 24 Apr 2007, 12:48
Location: Manado

Post by Dedy »

Menurut info ada perawatan belt dengan menggunakan belt dressing.. entar mau cari.. karena belt baru trexs ku 4x terbang 3D langsung putus..sepertinya membantu treatment tsb..
User avatar
ArdianFlyer
Posts: 6
Joined: 02 Aug 2007, 17:00
Location: Jakarta

Post by ArdianFlyer »

Ganti saja dengan punyanya Zoom 450 Pak, lebih awet karena lebih lentur. Saya dulu beli di HAC. Semoga membantu.
User avatar
Kiki_54
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1448
Joined: 26 Oct 2007, 20:08
Location: Cirebon
Contact:

Post by Kiki_54 »

Oom Budiman: setelah saya teliti kayanya penyebabnya adalah servo, aslinya saya pakai HS 81, lalu rusak dan diganti dengan servo 8g produk e-sky harga 80 ribu dan ikut rusak, sekarang saya udah ganti lagi dengan HS81.

Oom Dedy: Belt dresser biasanya dipakai untuk V-belt nya kendaraan atau mesin2 di kilang minyak, sepertinya kalau untuk Aeromodeling gak perlu tuh..........., tapi kalau mau coba gak ada salahnya...........

Kemarin semua suku cadang dari E-Helly sudah saya pasang kembali (Tail rotor blade, Drive Belt, Servo HS81, tailboom dan Vertical/horizontal stabilizer) sedangkan tail case yang pecah bisa diakalin dengan lem araldit......rencana minggu mau test flight gak jadi karena masih tunggu main gear dari untuk pengganti yang rontok, kemarin baru ketahuan kalau ternyata main gear kena juga...hehehehehe...weleh...helly saya crash melulu.............
Post Reply