tentang flap

Teori dan pembahasan aerodinamika

Moderator: NGL

User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: tentang flap

Post by toto »

Suhu christoffel, pengen ikut belajar nih boleh kan.

Pada umumnya di pesawat model kan flap nya bukan slotted jadi secara total kan enggak nambah wing area melainkan fungsinya lebih menambah coefficient drag doang kan yg sebetulnya pada power yg sama tapi mengakibatkan gerakan pesawat lebih pelan saja jadi tidak sepenuhnya mengurangi stall speed yg diakibatkan karena berkurangnya power

Gitu enggak ya kira2 suhu, maaf ya kalo pertanyaan atau logika saya tidak benar adanya maklum baru belajar NIH soal penggunaan flap

Salam
User avatar
fadliputra
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 369
Joined: 21 Jun 2010, 15:17
Location: aceh utara
Contact:

Re: tentang flap

Post by fadliputra »

sewaktu take off maka flap di buka 40derjat maka posisi elevator'a netra aja apa yg terjadi suhu..?
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: tentang flap

Post by christoffel »

betul suhu toto ...
kalau yg umum dipake, kan cuman seperti aileron aja, cuman arah geraknya searah.
meski nggak nambah wing area, tapi bentuk airfoil nya kan berubah jadi under chambered. AOA nya juga bertambah.
jadi memang Lift-nya juga nambah (drag juga tambah). Efek dari CL yg nambah ini akan bikin stall speed juga berkurang ...
btw, saya pernah baca di majalah MAN, DIY untuk sloted TE flaps, dan juga untuk Leading edge flaps. pake balsa lho ...

%fadliputra
saya nggak bisa comment tentang derajat flap, karena sangat relatif.
biasanya pake persentase. misalnya 40%, disini berarti 40% dari maximum extended, tapi kan nggak tau flap nya sebesar apa, dan max sudutnya berapa ...
sama2 40 derajat, tapi kalau aileronnya (pada system dengan flaperon) pesawat 3D kan bisa sampe 40% chord, sedangkan pada pesawat trainer biasanya aileron cuman 10% chord. beda banget efeknya ...

yg bisa saya bilang, saat flap aktif, biasanya pesawat jadi agak down (munukik) karena bentuk airfoil barunya yg melengkung kebawah menimbulkan penambahan momen putar. jadi biasanya perlu dikoreksi elevator up sedikit.
pada beberapa kasus (jarang terjadi) karena faktor design nya, pesawat malah akan mendongak karena penambahan lift nya lebih dominan dari pada penambahan momen putar nya.
jadi, yg paling gampang dicoba aja dulu saat terbang ...

saat flap di aktifkan biasanya aileron jadi tumpul, jadi perlu waspada biar nggak kaget.
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: tentang flap

Post by toto »

terima kasih atas pencerahannya suhu christoffel jadi nambah wawasan saya nih

salam
User avatar
superman
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 259
Joined: 12 Jul 2007, 19:41
Location: Bekasi Timur

Re: tentang flap

Post by superman »

Kali ajah masih ada yg butuh, saya punya macam2 flaps

Image

Image

Ma'affff rada burem adanya... :mwr
User avatar
fahreza
Airman
Airman
Posts: 37
Joined: 20 Aug 2011, 21:52
Location: Bengkulu

Re: tentang flap

Post by fahreza »

Om nubie mau nanya nih :shy .....kalo pada plane yg delta wing,biasanya digunakan setting elevon...nah kalo di samping elevator kita kasi flap,gimana jadinya?bakal menukik kah? :tlt apakah kita harus nyetting pake canard supaya pas flap turun canard jaga posisi nose tetap stabil dan tidak menukik sampai meluncur?? :htg mkasih om... :mwr

Salam :thx :thx
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: tentang flap

Post by christoffel »

definitely no. not on elevon RC plane...
User avatar
madesatya
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 95
Joined: 24 Apr 2011, 18:58
Location: Surabaya,Rungkut
Contact:

Re: tentang flap

Post by madesatya »

permisi om numpang tanya sekalian...saya pake cessna engine .46 dan disertakan flap juga.ini pengalaman pribadi saya,pada saat manuver belok dan flap sudah turun kira" 10% tiba" pesawat STALL karena kehilangan kecepatan dan akhirnya tidak bs di recovery dan crash.nah yg menjadi pertanyaan apakah flap ini hanya di gunakan saat lurus dg runway dan menurun ataukah bisa untuk manuver sebelum kearah runway?kalau untuk take off memang terasa lebih pendek jarak yg digunakan.tolong beri pencerahan supaya tidak crash lg gara" flap... :pyg :pyg :pyg
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: tentang flap

Post by iwan21 »

madesatya wrote:permisi om numpang tanya sekalian...saya pake cessna engine .46 dan disertakan flap juga.ini pengalaman pribadi saya,pada saat manuver belok dan flap sudah turun kira" 10% tiba" pesawat STALL karena kehilangan kecepatan dan akhirnya tidak bs di recovery dan crash.nah yg menjadi pertanyaan apakah flap ini hanya di gunakan saat lurus dg runway dan menurun ataukah bisa untuk manuver sebelum kearah runway?kalau untuk take off memang terasa lebih pendek jarak yg digunakan.tolong beri pencerahan supaya tidak crash lg gara" flap... :pyg :pyg :pyg


lah iya, kata orang2 tua sbb :
pakelah flap saat pesawat udah lurus ..
jangan pake flap saat masih manuver (kecuali maneuver flap di pesawat tempur beneran)

:mwr
User avatar
madesatya
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 95
Joined: 24 Apr 2011, 18:58
Location: Surabaya,Rungkut
Contact:

Re: tentang flap

Post by madesatya »

iwan21 wrote:lah iya, kata orang2 tua sbb :
pakelah flap saat pesawat udah lurus ..
jangan pake flap saat masih manuver (kecuali maneuver flap di pesawat tempur beneran)

:mwr


matur nuwun suhu iwan atas petuahnya...besok" ga lg deh pake flap saat masih manuver.. :thx :thx :thx
Post Reply