Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Moderators: unding, ajo.naim

Post Reply
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Post by iwan21 »

Iya bener kata pakde NF, jawaban A, nah yg C dan B akan otomatis ngikutin ( C dulu baru ketemu B, sebab yg kayak dua sisi koin itu ya A dan C)
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Post by NF »

yang jawaban untuk D adalah :dj .............................. :pis
dan selamat :htg :htg lagi ya........ :wek
User avatar
redsky767
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 172
Joined: 15 May 2009, 11:01
Location: Banda Aceh
Contact:

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Post by redsky767 »

:thx :thx :thx

makasih sekali lagi para suhu....

wah keliatannya sy harus ngambil ground class aeromodelling nih.... :hah :htg X :htg = :pyg
dulu kalo mata pelajaran eksakta nilainya merah terus.... :wek

tapi nanti sy nanya2 lagi ya suhu... :pis
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Post by NF »

...............go on.....................
karena Grage Aeromodeling adalah tempat :suns: dan smoga mbantu dan bermanfaat untuk sehat............. :hmm ..., kok rada ga nyambung ya ?????








:thx
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Post by christoffel »

ikutan nimbrung ya om iwan ..
yg namanya pesawat ringan itu ya wingloading nya kecil.
thrust to weight ratio ? ini mah cuman berlaku buat pesawat 3D ...
power loading ? yg ini saya kurang nangkep maksudnya. kalo glider tanpa mesin gimana power loading nya ? apa jadi berat atau ringan kalo powernya nol ?

konsep dasarnya pesawat bisa terbang itu kan karena lift dari sayap. bukan dari power (lagi2 kecuali 3D).
Power digunakan untuk maju, bukan untuk lift. jadi kalau motor yg sama, dg batt yg sama, tentu waktu terbangnya juga sama, nggak perduli beratnya berapa.
perbedaannya begini :
stall speed berbanding lurus sama wing loading.
jadi kalau misalnya sebuah pesawat punya stall speed 10 km/jam (artinya kalau airspeed dibawah 10km/jam itu pesawat nggak bakal bisa terbang) yg mana terjadinya saat throtle pada posisi 30%, lalu ditambahin beratnya jadi 2 kali lipat, stall speed nya bakal jadi 20 km/jam. artinya kalau throtle tetep di 30%, itu pesawat nggak bisa terbang. jadi supaya bisa terbang throtle harus ditambah kira2 jadi 60%.
nah, ini yg bikin batt jadi lebih cepet habis ...

om iwan, mohon koreksinya kalau saya keliru ...
User avatar
redsky767
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 172
Joined: 15 May 2009, 11:01
Location: Banda Aceh
Contact:

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Post by redsky767 »

christoffel wrote:ikutan nimbrung ya om iwan ..
yg namanya pesawat ringan itu ya wingloading nya kecil.
thrust to weight ratio ? ini mah cuman berlaku buat pesawat 3D ...
power loading ? yg ini saya kurang nangkep maksudnya. kalo glider tanpa mesin gimana power loading nya ? apa jadi berat atau ringan kalo powernya nol ?

konsep dasarnya pesawat bisa terbang itu kan karena lift dari sayap. bukan dari power (lagi2 kecuali 3D).
Power digunakan untuk maju, bukan untuk lift. jadi kalau motor yg sama, dg batt yg sama, tentu waktu terbangnya juga sama, nggak perduli beratnya berapa.
perbedaannya begini :
stall speed berbanding lurus sama wing loading.
jadi kalau misalnya sebuah pesawat punya stall speed 10 km/jam (artinya kalau airspeed dibawah 10km/jam itu pesawat nggak bakal bisa terbang) yg mana terjadinya saat throtle pada posisi 30%, lalu ditambahin beratnya jadi 2 kali lipat, stall speed nya bakal jadi 20 km/jam. artinya kalau throtle tetep di 30%, itu pesawat nggak bisa terbang. jadi supaya bisa terbang throtle harus ditambah kira2 jadi 60%.
nah, ini yg bikin batt jadi lebih cepet habis ...

om iwan, mohon koreksinya kalau saya keliru ...


suhu christoffel makasih atas bimbingannya juga :thx :thx

konteks pertanyaan sy adalah untuk pesawat electric powered
User avatar
redsky767
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 172
Joined: 15 May 2009, 11:01
Location: Banda Aceh
Contact:

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Post by redsky767 »

duh..sorry double posting :thx
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Post by NF »

:tlt ................mana yang double post ?....................
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Post by iwan21 »

christoffel wrote:ikutan nimbrung ya om iwan ..
yg namanya pesawat ringan itu ya wingloading nya kecil.
thrust to weight ratio ? ini mah cuman berlaku buat pesawat 3D ...
power loading ? yg ini saya kurang nangkep maksudnya. kalo glider tanpa mesin gimana power loading nya ? apa jadi berat atau ringan kalo powernya nol ?

konsep dasarnya pesawat bisa terbang itu kan karena lift dari sayap. bukan dari power (lagi2 kecuali 3D).
Power digunakan untuk maju, bukan untuk lift. jadi kalau motor yg sama, dg batt yg sama, tentu waktu terbangnya juga sama, nggak perduli beratnya berapa.
perbedaannya begini :
stall speed berbanding lurus sama wing loading.
jadi kalau misalnya sebuah pesawat punya stall speed 10 km/jam (artinya kalau airspeed dibawah 10km/jam itu pesawat nggak bakal bisa terbang) yg mana terjadinya saat throtle pada posisi 30%, lalu ditambahin beratnya jadi 2 kali lipat, stall speed nya bakal jadi 20 km/jam. artinya kalau throtle tetep di 30%, itu pesawat nggak bisa terbang. jadi supaya bisa terbang throtle harus ditambah kira2 jadi 60%.
nah, ini yg bikin batt jadi lebih cepet habis ...

om iwan, mohon koreksinya kalau saya keliru ...


hihihihihihiii..terima kasih suhu Christ udah dikoreksi ama dibenerin nih, maklum ilmu saya kelas SOTOY..
User avatar
redsky767
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 172
Joined: 15 May 2009, 11:01
Location: Banda Aceh
Contact:

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Post by redsky767 »

para suhu .... :thx

sore ini rencana murid akan melakukan test flight untuk mengamalkan jurus2 yg telah diberikan...

Data pesawatnya ini :
flight test #1 :
AUW : 1200 gram
Wingloading : 40 gr/sq.dm
ESC : HK 25 - 30 Amp
Motor : twin motor Revox 2808 - 1900 (Max . Permisible Current : 27 A, Running Current 24 A)
Battery : 2250 mAh (3s1p)
Watt Power : 500 watt (over limit) <<< Full Throttle (di tes static pake watt meter)
Load Current : 45 A (over limit) <<< Full Throttle (di tes static pake watt meter) motor lumayan panas, tapi masih bisa dipegang.


flight test #2 :
AUW : 1200 gram
ESC : HK 25 - 30 AmpWingloading : 40 gr/sq.dm
Motor : twin motor Revox 2808 - 1900 (Max . Permisible Current : 27 A, Running Current 24 A)
Battery : 3200 mAh (3s2p) ( 2 batre 1600 mAh di paralel)
Watt Power : 250 watt (over limit) <<< setengah Throttle (motornya adem)
Load Current :22 A (over limit) <<< setengah hrottle

mudah2an flight test nya jadi sore ini

nanti terbangnya (juga buat take off) pake setengah throttle aja(50%)

nanti sy laporin deh gimana lama terbangnya...
:thx :thx :thx
Post Reply