Supermarine Walrus 1200 mm

Tampilkan karya foamy plane Anda disini

Moderators: hery_s, joko

User avatar
jerrysim
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 167
Joined: 26 May 2013, 10:30
Location: Jakarta Timur

Re: Supermarine Walrus 1200 mm

Post by jerrysim »

julescrafter wrote:progress lagi, udah mulai keliatan bentuknya.
Kemarin pas dicoba di gas waktu tanpa stabilizer, pesawat nunduk ke bawah, semoga dengan adanya stabilizer kelakuannya bisa berubah


Dengan motor di posisi itu, sepertinya memang wajar untuk pesawat menunduk kebawah ya...
Drag nya kan di bawah..
:hmm
Mungkin perlu coba digantung pakai benang trus di gas tanpa stabilizer up?
:ktk
User avatar
jerrysim
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 167
Joined: 26 May 2013, 10:30
Location: Jakarta Timur

Re: Supermarine Walrus 1200 mm

Post by jerrysim »

julescrafter wrote:
iwan21 wrote:Om Julius, coba sekali2 buat pushrod rudder atau elevator model pull-pull, pake benang nylon. Servo jadi bisa bebas didalem


iya om, jadi ngerusak scalenya.Benang nylon itu kayak gimana ya om? Benang sol sepatu itu bukan? yang coklat?
Trus biar lurus nge guidenya pake apa ya om?


Setahu saya benang nylon itu seperti benang layangan, atau tali pancing, atau senar gitar.
User avatar
julescrafter
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 768
Joined: 08 Aug 2013, 10:24
Location: Gandul Cinere
Contact:

Re: Supermarine Walrus 1200 mm

Post by julescrafter »

jerrysim wrote:
Dengan motor di posisi itu, sepertinya memang wajar untuk pesawat menunduk kebawah ya...
Drag nya kan di bawah..
:hmm
Mungkin perlu coba digantung pakai benang trus di gas tanpa stabilizer up?
:ktk


perlu di coba itu om, digantung, thanks tipsnya.
Kalo yang saya pernah baca sih angle motor tegantung letak CG nya.
Semisal Bixler, CG di bawah depan maka motor agak dongak ke atas.
Sedangkan Walrus ini CG ada di atas motor, mungkin itu kenapa ke bawah sedikit.

Update lagi, landing gear udah dipasang semuanya
Landing gear depan bisa di copot pasang.
Di dalam fuselage dikasih busa ati (eva foam) buat mengigit kawat landing gear agar ga copot
dan tetap mudah dilepas, dan kedap air.

CG udah diitung kira2 10 cm dari leading edge


Image

Image
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Supermarine Walrus 1200 mm

Post by iwan21 »

Om Julius, kalo pake benang jelas gak bisa kaku kayak pushrod kawat baja. Sistem pull-pull ini benangnya 2, nanti di servo horn dan control horn itu benang saling tarik menarik kiri kanan .

Penjelasan dan gambar bisa liat disini : http://www.rcgroups.com/forums/showthread.php?t=928803
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Supermarine Walrus 1200 mm

Post by iwan21 »

Om Julius, om jerry, ikut nimbrung ya.
Kalo CG disayap atas, maka dg posisi motor seperti itu efek motor adalah up thrust dimana kalo digas hidung mestinya cenderung naik, bukan turun
User avatar
julescrafter
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 768
Joined: 08 Aug 2013, 10:24
Location: Gandul Cinere
Contact:

Re: Supermarine Walrus 1200 mm

Post by julescrafter »

iwan21 wrote:Om Julius, om jerry, ikut nimbrung ya.
Kalo CG disayap atas, maka dg posisi motor seperti itu efek motor adalah up thrust dimana kalo digas hidung mestinya cenderung naik, bukan turun


Iya mungkin bisa lebih rapi ya, tinggal mikirin gimana jalurnya biar ga ribet.
Udah pernah tau sih, biasa dipake buat di steering wheel yang retract, pernah liat di forum juga
tapi ga kepikiran kalo buat aileron dll juga

Sekarang sayap udah ditempel fix ke body, sempet taxiing belok2 di dalem rumah tapi ga bisa full karena mentok sana sini :hi3
Trus coba di gas 70%, pesawat digantung pake 2 jari di titik CG sayap atas, ajaib tanpa elevator, hidung pesawat agak cenderung
ke atas, berarti sip ya om Roji?

Tinggal pasang floats di kiri kanan, tutup2 siap di maiden kan, kokpitnya nanti2 aja
:hi3
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Supermarine Walrus 1200 mm

Post by iwan21 »

Kalo saya baca, emang tujuannya supaya hidung gampang naik saat takeoff dari aer om.
nanti dicoba2 aja cari posisi throttle yg pas, karena efek up ini takutnya malah pesawat ngedongak terus atawa malahan lup hihihihihihihi
User avatar
julescrafter
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 768
Joined: 08 Aug 2013, 10:24
Location: Gandul Cinere
Contact:

Re: Supermarine Walrus 1200 mm

Post by julescrafter »

iwan21 wrote:Kalo saya baca, emang tujuannya supaya hidung gampang naik saat takeoff dari aer om.
nanti dicoba2 aja cari posisi throttle yg pas, karena efek up ini takutnya malah pesawat ngedongak terus atawa malahan lup hihihihihihihi


hehehe paling di counter pake elevator om.
Kayak pertama kali maiden stearman biplane dulu, pesawat langsung loop :p
untung nyangkut pohon pisang jadi ga rusak, masih bisa survive di penerbangan kedua
:hi3

User avatar
julescrafter
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 768
Joined: 08 Aug 2013, 10:24
Location: Gandul Cinere
Contact:

Re: Supermarine Walrus 1200 mm

Post by julescrafter »

Update progress lagi,

tadi nyicil bikin float

Image
User avatar
jerrysim
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 167
Joined: 26 May 2013, 10:30
Location: Jakarta Timur

Re: Supermarine Walrus 1200 mm

Post by jerrysim »

julescrafter wrote:
iwan21 wrote:Om Julius, om jerry, ikut nimbrung ya.
Kalo CG disayap atas, maka dg posisi motor seperti itu efek motor adalah up thrust dimana kalo digas hidung mestinya cenderung naik, bukan turun


Trus coba di gas 70%, pesawat digantung pake 2 jari di titik CG sayap atas, ajaib tanpa elevator, hidung pesawat agak cenderung
ke atas, berarti sip ya om Roji?


Titik CG nya diatas sayap (yang mana nih, sayapnya kan ada dua?)
:tlt
Hmm, gimana ya...
Kalau digantung pakai 2 jari di titik CG sayap atas, berarti mesin kan ada di bawahnya, ya pasti akan mengayun ke atas. mirip seperti ayunan anak-anak, kan yang di dorong yang dibawah, maka dia mengayun keatas.
Nah kalau nanti lagi di air gimana, titik tahanan yang berasal di air kan ada di sebelah bawah mesin, apa ngga jadi ayunan yang 'terbalik', sehingga malah nyungsep?
Tapi ya dicoba dulu deh. Mungkin bisa di ember dulu gitu... :gg
Sekalian ngeliat bagaimana garis air nya si walrus ini.
Dan coba di observasi dalam posisi diam di air nanti Angle of attack sayap nya bagaimana.
Karena, ini kan bukan cuma pesawat, tapi juga perahu. Nah perahu kan punya semacam CG-nya sendiri juga kan ya...
Itu pendapat sekilas saya aja sih, mungkin ada yang kurang tepat, silakan dikoreksi... :shy
Post Reply