Mini Tucano
Moderator: oyon
- Sulistiyo
- Staff Sergeant
- Posts: 266
- Joined: 09 Jul 2007, 15:15
- Location: Cikarang Baru Jababeka
- GandrungMaBur
- Technical Sergeant
- Posts: 340
- Joined: 14 May 2007, 07:37
- Location: Bekasi Barat, Rawa Lumbu
Sulistiyo wrote:Ada yang lebih bagus lagi om... agak kedalam sedikit dengan spesifikasi
Run Way Aspal halus dan lurus serta panjang, areal terbuka dengan dikelilingi rumput tebal cocok untuk emergency
nanti akan saya upload picnya
Lam kenal Om sulis,
Lihat lapangannya cukup menggiurkan, jadi semakin pingin untuk mencobanya. Tapi tiolong untuk mempengaruhi Om Coyo agar bisa hadir.
Untuk team MGT saya akan konsultasi dengan sesepuh MGT.
Salam
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
- GandrungMaBur
- Technical Sergeant
- Posts: 340
- Joined: 14 May 2007, 07:37
- Location: Bekasi Barat, Rawa Lumbu
- coyo
- Chief Master Sergeant
- Posts: 808
- Joined: 17 Jan 2007, 17:00
- Location: Kota Jababeka, Cikarang
- Contact:
ampunn... Suhu......ampun..... !!!!!!! gak oot lg deh.....
cara mudah buat ngitung wingload, stall speed dll, tinggal masukin data pesawat ke:
http://sky.prohosting.com/air2/cg_calc.htm
btw, klo Om GM ke lapangan deket rumah Om Sulistiyo, sy pasti dateng - lha wong satu komplek koq.....
Iwan21: "Prriitt....!!!..kembali ke ...tooooppik"

cara mudah buat ngitung wingload, stall speed dll, tinggal masukin data pesawat ke:
http://sky.prohosting.com/air2/cg_calc.htm
btw, klo Om GM ke lapangan deket rumah Om Sulistiyo, sy pasti dateng - lha wong satu komplek koq.....
Iwan21: "Prriitt....!!!..kembali ke ...tooooppik"

- coyo
- Chief Master Sergeant
- Posts: 808
- Joined: 17 Jan 2007, 17:00
- Location: Kota Jababeka, Cikarang
- Contact:
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
coyo wrote:sebetulnya itung2an CLmax lumayan njlimet, banyak parameter yg saling berhubungan misalnya angle of attack, Reynould Number, air density, bentuk airfoil itu sendiri, dll. biasanya sih mesti diukur dalam windtunnel)
klo sekedar untuk pesawat2 biasanya dianggap CLmax = 1.0
sip sip sip...om Coyo dah bangun dari tidurnya nih.....................

- GandrungMaBur
- Technical Sergeant
- Posts: 340
- Joined: 14 May 2007, 07:37
- Location: Bekasi Barat, Rawa Lumbu
iwan21 wrote:coyo wrote:sebetulnya itung2an CLmax lumayan njlimet, banyak parameter yg saling berhubungan misalnya angle of attack, Reynould Number, air density, bentuk airfoil itu sendiri, dll. biasanya sih mesti diukur dalam windtunnel)
klo sekedar untuk pesawat2 biasanya dianggap CLmax = 1.0
sip sip sip...om Coyo dah bangun dari tidurnya nih.....................
Kalau enggak salah saya pernah masuk ke situs ini. Tapi saya ragu memakainya karena rumus ini untuk pesawat beneran.
(Jujur aslinya bingung ngelihat rumusnya, heee.....heeeee....heeeeee)
TQ Om Coyo ama Om Iwan.
Salam
- GandrungMaBur
- Technical Sergeant
- Posts: 340
- Joined: 14 May 2007, 07:37
- Location: Bekasi Barat, Rawa Lumbu
Dear All Grager,
Karena tersusul dengan mini project yang lain, maka perlu lembur untuk menuntaskan meskipun terseok-seok.
untuk itu kondisi ampe sekarang seprti ini.
didapat AUW sekitar 120~150 gram
WL = 7.33~9.17 oz/sq.ft or 22.38~27.97 g/sq.dm
Menurut table masuk dikatagori: Glider~Trainner
Demikian sekali lagi mohon masukannya.
Salam
Karena tersusul dengan mini project yang lain, maka perlu lembur untuk menuntaskan meskipun terseok-seok.
untuk itu kondisi ampe sekarang seprti ini.

didapat AUW sekitar 120~150 gram
WL = 7.33~9.17 oz/sq.ft or 22.38~27.97 g/sq.dm
Menurut table masuk dikatagori: Glider~Trainner
Demikian sekali lagi mohon masukannya.
Salam
- GandrungMaBur
- Technical Sergeant
- Posts: 340
- Joined: 14 May 2007, 07:37
- Location: Bekasi Barat, Rawa Lumbu
Lanjut ....
Setelah dapat saran dan nunggu mini BL + ESC datang maka dilanjutkan sbb:
Posisi motor.
Posisi Batery dan Equipment.
Process buat top fuselage.
hasil gosok menggosok dan dibandingkan dengan tangan:
Hasil test servo movement:
Selanjutnya lagi pusing soal Landing gear (maunya steerable).
Salam
Posisi motor.

Posisi Batery dan Equipment.

Process buat top fuselage.

hasil gosok menggosok dan dibandingkan dengan tangan:

Hasil test servo movement:

Selanjutnya lagi pusing soal Landing gear (maunya steerable).
Salam